Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password
Home

Main navigation

  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah Singkat
    • Visi Misi
    • Pimpinan FBSB
    • Fasilitas
    • Dosen
      • Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
      • Dosen Pendidikan Bahasa Jerman
      • Dosen Pendidikan Bahasa Perancis
      • Dosen Pendidikan Bahasa Daerah
      • Dosen Pendidikan Seni Rupa
      • Dosen Pendidikan Musik
      • Dosen Pendidikan Seni Tari
    • Video Profil
  • Departemen
    • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Program Studi Sastra Indonesia
      • S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
    • Pendidikan Seni Rupa
      • Prodi Pendidikan Kriya
      • Prodi Pendidikan Seni Rupa
      • Desain Komunikasi Visual
    • Pendidikan Bahasa Inggris
      • Sastra Inggris
      • S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
      • S-3 Pendidikan Bahasa Inggris
      • S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
    • Pendidikan Bahasa Jerman
    • Pendidikan Bahasa Perancis
    • Pendidikan Bahasa Daerah
      • S-1 Pendidikan Bahasa Jawa
      • S-2 Pendidikan Bahasa Jawa
      • S-3 Bahasa, Sastra, dan Budaya Daerah
    • Pendidikan Seni Musik
    • Pendidikan Seni Tari
    • S-2 Linguistik Terapan
    • S-2 Pendidikan Seni
    • S-3 Ilmu Pendidikan Bahasa
    • S-3 Pendidikan Seni
  • Akademik
    • Admisi (Penerimaan Mahasiswa Baru)
    • Akreditasi
    • Integritas Akademik
    • Kalender Akademik
    • Peraturan Akademik
    • Rencana Pembelajaran Semester
  • Mahasiswa dan Alumni
    • Mahasiswa
      • E-Learning BeSmart
      • Informasi UKT/SPP
      • Pelaporan Prestasi dan Kegiatan
      • Portal Layanan (EService)
      • Registrasi
      • Siakad
      • E-Library
      • Daftar Layanan
    • Alumni
      • Karir
      • Portal Alumni
      • Tracer Study
  • Kerja Sama
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • Biaya Kelembagaan
  • Publikasi
    • Jurnal
      • LITERA: Jurnal Penelitian, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
      • LingTera : Jurnal Linguistik Terapan
      • DIKSI
      • IMAJI: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni
      • Lingua Pedagogia
      • SUNGGING: Jurnal Seni Rupa, Kriya, Desain, dan Pembelajarannya
      • KEJAWEN: Jurnal Kebudayaan Jawa
      • Literature & Literacy
    • Prosiding Seminar
    • Penelitian Dosen
    • Riset Grup
    • Hak Kekayaan Intelektual (HaKI)
    • Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM)
    • Publikasi Dosen
    • Publikasi Mahasiswa
    • Dokumen Lain
      • Pedoman PKM Artikel Ilmiah
      • Pedoman PKM Gagasan Futuristik Tertulis
      • Pedoman PKM Karya Inovatif 2023
      • Pedoman PKM Penerapan IPTEK
      • Pedoman PKM Pengabdian Kepada Masyarakat 2023
      • Pedoman PKM Riset Eksakta
      • Pedoman PKM Riset Sosial Humaniora
      • Pedoman PKM Video Gagasan Kreatif
      • Pedoman PKM-K 2023
      • Pedoman PKM-KC 2023
      • Pedoman Umum PKM 2023
    • Prestasi Mahasiswa
  • Penjaminan Mutu
    • Kompensasi Pelayanan
    • Maklumat Pelayanan
    • Dokumen
      • Panduan Operasional Baku (POB)
    • Survey Online
      • Monitoring dan Evaluasi Proses Belajar Mengajar
      • Survey Kepuasaan Mahasiswa
      • Survey Kepuasan Dosen
      • Survey Kepuasaan Alumni
      • Survey Kepuasan Pengguna Lulusan
      • Survey Pengguna Gedung di FBSB
      • Formulir Saran/Kritik/Keluhan
    • Zona Integritas
      • P2-Penataan Tatalaksana
      • P3-Penataan Sistem Manajemen SDM
      • P4-Penguatan Akuntabilitas
      • P5-Penguatan Pengaasan
      • P6-Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
      • P1 - Manajemen Perubahan
  • Unit Usaha
    • Profil
      • Latar Belakang
      • Visi dan Misi
      • Cakupan Bidang
    • Layanan
      • Gedung
      • Produk
      • Sekolah Laboratorium
  • Fasilitas
    • Video Fasilitas
      • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
      • Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa
    • Lisensi Office 365, Windows 10, Zoom
    • Jaringan Wifi (Eduroam)
  • Student Achievement

Breadcrumb

  • Home
  • Program “Au-Pair”, Banyak Jalan Menuju Eropa

Program “Au-Pair”, Banyak Jalan Menuju Eropa

By admin-berita | 7:25 PM WIB, Fri May 31, 2013

FBS-Karangmalang. Ada banyak jalan menuju Eropa, salah satunya dengan mengikuti program Au-pair. Apa itu Au-pair dan bagaimana mengikutinya? Fajar I. Nugroho (alumni PB Jerman) dan Anita Widyaningrum (PB Jerman 2008) membahasnya dalam acara “Diskussion Forum: Eropa, Hanya Mimpi?” yang diadakan Himpunan Mahasiswa Jurusan PB Jerman, Bund der Deutschstudenten (BDS), Selasa (28/5) lalu. Diskusi yang berlangsung di Pendapa Tedjokusumo ini diikuti mahasiswa berbagai jurusan dan merupakan agenda tahunan BDS. “Kami sengaja membahas tema Au-pair supaya teman-teman terbuka pikirannya bahwa ada banyak jalan menuju Eropa,” terang Mirza (PB Jerman 2011) selaku ketua panitia.

Program Au-pair sendiri merupakan program bagi anak muda, wanita, maupun pria, yang biasanya berusia 18-24 yang berkeinginan kuat untuk belajar bahasa dan budaya di negara tujuan, seluruh dunia. Para Au-pair nantinya akan tinggal bersama keluarga tamu di negara tersebut. “Karena biaya hidup sudah ditanggung, otomatis Au-pair juga harus membantu keluarga tersebut, seperti menemani anaknya bermain dan melakukan sedikit pekerjaan rumah tangga,” terang Fajar yang juga guru SMA N 3 Yogyakarta itu.

Fajar menjelaskan bahwa Au-pair berbeda dengan seorang Babysitter, karena seorang Au-pair hanya bekerja maksimal delapan jam perhari. Di sana mereka juga berkesempatan untuk mengikuti kursus bahasa dan juga mendapat uang saku bulanan dari keluarga tamu. “Pengalaman saya Au-pair di Jerman pada 2010 lalu, saya mendapat uang saku 260 Euro perbulan. Selain itu, Au-pair juga diberi hak libur minimal satu hari dalam seminggu dan diperbolehkan jalan-jalan lintas negara,” ungkapnya.

Hal demikian juga dialami Anita Widyaningrum yang baru saja pulang dari Au-pair pada 2012 lalu, ia yang dulu berangkat saat semester 4 mengungkap, “Dengan mengikuti Au-pair, saya bisa belajar langsung dengan orang Jerman, membaca buku-buku klasik yang ada di Jerman dan mengunjungi kota-kota bersejarah di Jerman.” Kebetulan, Anita yang sedang sibuk skripsi itu sangat terkesan dengan pengalamannya mengasuh anak kecil Jerman. “Saya mengasuh anak umur 2,5 tahun, di mana dia aktif sekali bertanya, dari cara itulah perbendaharaaan kosa kata saya semakin bertambah,” tuturnya.

Lalu bagaimana sesorang bisa mengikuti Au-pair? Ada beberapa cara, diantaranya lewat agen atau individu mencari sendiri. Hal pertama yang harus dilakukan adalah berusaha menemukan family. Setelah menemukan, segeralah menghubungi mereka. Biasanya hubungan dilakukan via email. “Kalau bukan dari Agen, seseorang bisa membuka situs Au-pair resmi seperti website http://www.aupair-world.net/,” kata Fajar. Jika sudah cocok, seseorang tingggal mempersiapkan diri untuk keberangkatannya.

Untuk keberangkatan, ada hal yang harus diperhatikan untuk membuat Visa. Yang krusial adalah surat kontrak dan surat undangan keberangkatan dari keluarga tujuan. “Kalau ingin ke Jerman, selain itu juga dibutuhkan sertifikat A1 dari Goethe Institut. Yang pasti juga persiapkan mental, sering bertanya juga pada orang yang sudah berpengalaman,” tambah Anita.

Nah, apakah Anda berminat? Jika ya, silahkan mencari infonya sedini mungkin supaya persiapan lebih matang. Jangan lupa, pastikan waktu keberangkatan Anda. Selagi kuliah kemudian mengambil cuti atau menanti lulus. Semua keputusan ada di tangan Anda. Selamat mencoba! (Fitriananda/Humasfbs)
 

Berita Lain

  • Pelatihan Augmented Reality (AR) Bertema Stilasi Flora dan Fauna di SMP Negeri 12 Yogyakarta: Inovasi Seni Rupa Berbasis Teknologi
    10/27/2025 - 17:28
  • FBSB UNY dan Universitas Pamulang Jalin Kerja Sama Akademik dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah
    10/21/2025 - 11:22
  • Dari Nilai Tradisional ke Dunia Digital: “Sangkan Paraning Dumadi” Ajak Gen-Z Mengenali Diri melalui Virtual Reality
    10/21/2025 - 09:27
  • Perkuat Kolaborasi: Kunjungan Fakultas Bahasa dan Seni UNIMED ke FBSB UNY
    10/14/2025 - 10:27
  • Tindak Lanjuti Hasil Riset, Tim PKM-RSH Nyabuk Gunung Serahkan Policy Brief ke Dinas Pendidikan Magelang dan Sleman
    10/13/2025 - 07:34
  • Zine Therapy: Dari Seni Menjadi Terapi
    10/03/2025 - 10:53
  • Tim PKM-PM Pelita Aksara Pelangi Anak Dorong Pembentukan Karakter melalui Sastra
    10/03/2025 - 10:40
  • Mahasiswa Baru FBSB UNY Dibekali Materi Pencegahan Kekerasan Seksual dalam Studium General
    10/02/2025 - 13:27
  • Kongres AP2SENI Jadi Titik Balik Digitalisasi Pendidikan Seni, Drama, Tari, dan Musik
    09/15/2025 - 10:13
  • Guest Lecture Departemen Pendidikan Seni Rupa FBSB UNY di UiTM Shah Alam: Menggabungkan Tradisi Batik dengan Inovasi Digital
    07/21/2025 - 09:58

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekutif Mahasiswa FBSB UNY
  • Student Organization of FBSB

Bagian dan Sub Bagian

  • Layanan Administrasi
  • Layanan Pendidikan
  • Unit Penjaminan Mutu FBS
  • Unit Layanan Keuangan dan Akuntansi
  • Layanan Umum Kepegawaian dan Perlengkapan
  • Layanan Kemahasiswaan dan Alumni
  • Unit Kerjasama dan Humas
  • Unit Kinarya Kuningan

Kontak Kami

Alamat: Jalan Colombo No 1, Yogyakarta 55281,
Telepon (0274) 550843, (0274) 546719, Fax (0274) 548207
Website: http://fbsb.uny.ac.id
Email: fbsb@uny.ac.id;
humas_fbsb@uny.ac.id;

Googlemap


 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY