PENUTUPAN KONGRES IMBSJI KESEPULUH

FBS-Karangmalang. Kursi – kursi empuk telah berjajar rapi. Ruang Laboratorium Karawitan atau biasa disebut Labkar FBS UNY dipenuhi para peserta Kongres dan undangan dosen dan mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNY yang datang dari berbagai angkatan.

Malam itu Kamis 11 Agustus 2016 diadakan Penutupan Kongres IMBSJI (Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Jerman Seluruh Indonesia)  di tempat itu. Para peserta kongres yang terdiri dari 36 peserta. Seluruh peserta kompak memakai dresscode batik malam itu. Acara dibuka dengan tari oleh salah satu mahasiswa Pendidikan Seni Tari FBS UNY lalu dilanjutkan pembacaan Kalam Illahi khas FBS dengan dua bahasa yaitu bahasa Arab dan artinya menggunakan bahasa Jerman.

Selanjutnya dilaksanakan sambutan oleh Ketua Panitia dari mahasiswa FBS UNY angkatan 2014 Edian Fitriansyah. Lalu dilanjutkan sambutan dari dosen Pendidikan Bahasa Jerman UNY Dra. Yati Sugiarti M.Hum yang disampaikan dalam Bahasa Jerman. Beliau menyampaikan dari kongres ini diharapkan dari berbagai universitas dapat saling berbagi ilmu, dari UPI dan dari UNPAD dapat belajar mengenai Ilmu Literatur dan Ilmu Lingusitik. Beliau menanyakan kepada peserta apakah makanan di Yogya terlalu manis atau tidak.

Acara selanjutnya adalah acara inti yaitu Sertijab atau Serah Terima Jabatan dari ketua IMBSJI periode 2015/2016 Alfhatin Pratama dari Universitas Indonesia (UI) kepada Adelia Indah Indarti dari Universitas Negeri Surabaya (UNESSA). Alfhatin menyampaikan apresiasinya kepada para komponen yang telah berkontribusi terhadap acara dan mengatakan bahawa kongres tahun ini lebih baik dari kongres – kongres sebelumnya.

Sementara Adelia dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan untuk memilihnya sebagai ketua IMBSJI Periode 2016/2017. Ia  mengharapkan kekompakan dan keharmonisannya agar IMBSJI dapat menjadi organisasi besar di Indonesia.

Setelah acara resmi, kemudian ditampilkan teater Regenbogen. Juga tak lupa menghadirkan perwakilan masing – masing delegasi dari setiap Universitas. Ada dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Pattimura, Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Medan (UNIMED), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Kongres IMBSJI sendiri menghasilkan keputusan untuk merencanakan simposium tahun depan. Pada acara ini juga diserahkan kenang-kenangan berupa cinderamata keramik kepada masing – masing fakultas oleh Dra. Yati Sugiarti M.Hum. Di puncak acara peserta kongres maju ke depan untuk bersama – sama menyanyikan lagu Ingatlah Hari Ini dari Project Pop. Semua larut dalam keseruan dan hangat dalam kekeluargaan. (Devi Novianawati)