Sembilan Puluh Orang Guru Belajar Seni Budaya di FBS UNY

FBS-Karangmalang. Sembilan puluh orang guru SMP bidang Seni Budaya se-Kabupaten Karanganyar berkunjung ke Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) pada Rabu (17/1/2018). Kunjungan ini diikuti oleh lima kelompok kerja yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni  Budaya SMP/MTs  Kabupaten Karanganyar.

“Kami ingin menjalin silaturahmi dengan FBS UNY,” ungkap Sujono, M.Pd., selaku ketua MGMP Seni Budaya Kabupaten Karanganyar dalam sambutannya, “Sebab sebagian besar kami dulunya pernah belajar di kampus ini.” Selain itu, tambahnya, kedatangan guru seni dan budaya tersebut ditujukan untuk menyegarkan kembali pengetahuan mereka mengenai seni dan budaya.

Rombongan  diterima Dekan FBS UNY, Prof. Dr. Endang Nurhayati, di Ruang Seminar PLA lantai 3  dan dilanjutkan dengan dialog budaya yang disampaikan Dr. Sumaryadi, M.Pd., selaku dosen program  studi  Pendidikan Seni Tari sekaligus Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut, Sumaryadi menyampaikan “Redefenisi Mata Pelajaran Seni Budaya di Sekolah.”

“Kita perlu mendalami lebih lanjut, posisi kita sebagai guru seni budaya, sebenarnya seperti apa? Antara pendidikan melalui seni (Education through Arts), pendidikan dengan seni (Education with Arts), atau pendidikan tentang seni (Education about Arts)?” pancing Sumaryadi mengakhiri paparannya. Diskusi yang berlangsung sangat antusias dan akrab tersebut diakhiri pukul 11.00 WIB. “Kami sangat berterima kasih mendapat penyegaran dan ilmu dari kampus ini. Semoga suatu saat dapat ditindaklanjuti dengan kerjasama yang lebih produktif,” tambah Sujono. [anjarrh/dby]