Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password
Home

Main navigation

  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah Singkat
    • Visi Misi
    • Pimpinan FBSB
    • Fasilitas
    • Dosen
      • Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
      • Dosen Pendidikan Bahasa Jerman
      • Dosen Pendidikan Bahasa Perancis
      • Dosen Pendidikan Bahasa Daerah
      • Dosen Pendidikan Seni Rupa
      • Dosen Pendidikan Musik
      • Dosen Pendidikan Seni Tari
    • Video Profil
  • Departemen
    • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Program Studi Sastra Indonesia
      • S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
    • Pendidikan Seni Rupa
      • Prodi Pendidikan Kriya
      • Prodi Pendidikan Seni Rupa
      • Desain Komunikasi Visual
    • Pendidikan Bahasa Inggris
      • Sastra Inggris
      • S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
      • S-3 Pendidikan Bahasa Inggris
      • S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
    • Pendidikan Bahasa Jerman
    • Pendidikan Bahasa Perancis
    • Pendidikan Bahasa Daerah
      • S-1 Pendidikan Bahasa Jawa
      • S-2 Pendidikan Bahasa Jawa
      • S-3 Bahasa, Sastra, dan Budaya Daerah
    • Pendidikan Seni Musik
    • Pendidikan Seni Tari
    • S-2 Linguistik Terapan
    • S-2 Pendidikan Seni
    • S-3 Ilmu Pendidikan Bahasa
    • S-3 Pendidikan Seni
  • Akademik
    • Admisi (Penerimaan Mahasiswa Baru)
    • Akreditasi
    • Integritas Akademik
    • Kalender Akademik
    • Peraturan Akademik
    • Rencana Pembelajaran Semester
  • Mahasiswa dan Alumni
    • Mahasiswa
      • E-Learning BeSmart
      • Informasi UKT/SPP
      • Pelaporan Prestasi dan Kegiatan
      • Portal Layanan (EService)
      • Registrasi
      • Siakad
      • E-Library
      • Daftar Layanan
    • Alumni
      • Karir
      • Portal Alumni
      • Tracer Study
  • Kerja Sama
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • Biaya Kelembagaan
  • Publikasi
    • Jurnal
      • LITERA: Jurnal Penelitian, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
      • LingTera : Jurnal Linguistik Terapan
      • DIKSI
      • IMAJI: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni
      • Lingua Pedagogia
      • SUNGGING: Jurnal Seni Rupa, Kriya, Desain, dan Pembelajarannya
      • KEJAWEN: Jurnal Kebudayaan Jawa
      • Literature & Literacy
    • Prosiding Seminar
    • Penelitian Dosen
    • Riset Grup
    • Hak Kekayaan Intelektual (HaKI)
    • Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM)
    • Publikasi Dosen
    • Publikasi Mahasiswa
    • Dokumen Lain
      • Pedoman PKM Artikel Ilmiah
      • Pedoman PKM Gagasan Futuristik Tertulis
      • Pedoman PKM Karya Inovatif 2023
      • Pedoman PKM Penerapan IPTEK
      • Pedoman PKM Pengabdian Kepada Masyarakat 2023
      • Pedoman PKM Riset Eksakta
      • Pedoman PKM Riset Sosial Humaniora
      • Pedoman PKM Video Gagasan Kreatif
      • Pedoman PKM-K 2023
      • Pedoman PKM-KC 2023
      • Pedoman Umum PKM 2023
    • Prestasi Mahasiswa
  • Penjaminan Mutu
    • Kompensasi Pelayanan
    • Maklumat Pelayanan
    • Dokumen
      • Panduan Operasional Baku (POB)
    • Survey Online
      • Monitoring dan Evaluasi Proses Belajar Mengajar
      • Survey Kepuasaan Mahasiswa
      • Survey Kepuasan Dosen
      • Survey Kepuasaan Alumni
      • Survey Kepuasan Pengguna Lulusan
      • Survey Pengguna Gedung di FBSB
      • Formulir Saran/Kritik/Keluhan
    • Zona Integritas
      • P2-Penataan Tatalaksana
      • P3-Penataan Sistem Manajemen SDM
      • P4-Penguatan Akuntabilitas
      • P5-Penguatan Pengaasan
      • P6-Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
      • P1 - Manajemen Perubahan
  • Unit Usaha
    • Profil
      • Latar Belakang
      • Visi dan Misi
      • Cakupan Bidang
    • Layanan
      • Gedung
      • Produk
      • Sekolah Laboratorium
  • Fasilitas
    • Video Fasilitas
      • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
      • Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa
    • Lisensi Office 365, Windows 10, Zoom
    • Jaringan Wifi (Eduroam)
  • Student Achievement

Breadcrumb

  • Home
  • Suminto A. Sayuti: Menggugat Peran Strategis Pembelajaran Sastra

Suminto A. Sayuti: Menggugat Peran Strategis Pembelajaran Sastra

By admin-berita | 5:43 PM WIB, Thu May 30, 2013

UNY-Karangmalang. Degradasi identitas nasional menjadi kegalauan bangsa di masa modern. Pesan pendidikan ‘melestarikan kebudayaan lokal dan bersikap selektif dengan kebudayaan luar’ seolah-olah hanya wacana. Pasalnya, masyarakat mengalami konflik ketika kebutuhan lokal bertemu dengan kebergantungan globalitas. “Lokalitas adalah jalan tengah agar konflik itu dapat diminimalkan, nilai eksternal dapat diidentifikasi, dan eksternalisasi lebih mudah dikendalikan,” ungkap Prof. Suminto A. Sayuti. Dosen, Sastrawan, dan Seniman ini menjelaskan pentingnya Indonesia kembali ke lokal dalam seminar Peran Jurnalisme, Sastra dan Pendidikan dalam Membentuk Bahasa Indonesia sebagai Identitas Nasional (25/6).

Dalam makalahnya, Suminto menjelaskan bahwa lokalitas mestinya dipahami sebagai sebuah konsep kultural yang berpotensi untuk berbagi norma, nilai-nilai, kepercayaan, simbol, dan praktik kultural. Menurutnya, karya sastra dapat menjadi rumah belajar berbudaya untuk menjaga nilai-nilai lokal dan tradisi. “Dalam teks-teks sastra, sastrawan dapat mewujudkan rumah bersama tempat beragam lokalitas yang bertemu, berseteru, dan saling memperkaya,” jelasnya. Terlebih lagi, lokalitas-lokalitas tersebut di-‘rumah’-kan dalam Bahasa Indonesia sehingga muncul teks-teks kreatif yang menciptakan lokalitas yang konstruktif. Sebagai contoh, kehadiran tokoh wayang dalam karya Gunawan Muhammad, Umar Kayam, dan Sena Gumira dapat memberi persepektif baru tentang lokalitas yang sesuai dengan kebutuhan era sekarang.

Ada pula karya sastra yang mencirikan kekentalan lokalitas semisal keminangan, kejawaan, kesundaan, dan lainnya. Ronggeng Dukuh Paruk Ahmad Tohari, Para Priyayi Umar Kayam, dan Bulan Tertusuk Ilalang Zawawi Imron adalah karya sastra lokalitas yang juga bisa menjadi bahan pembelajaran. “Karya-karya itu mendeskripsikan nilai-nilai lokal yang menjadi landasan untuk mengakumulasi pengetahuan eksternal,” ungkap Suminto.

Untuk itu, mutlak mestinya siswa dan mahasiswa mempelajari sastra. “Pembelajaran sastra memiliki peran strategis untuk mengkonstruksi identitas nasional”, ungkap Suminto. Dengan sastra, siswa dan mahasiswa dapat lebih banyak belajar berbudaya dari apa yang seharusnya. Ia menyebutkan tiga hal yang didapatkan siswa dan mahasiswa dari belajar karya sastra, “Terbukanya ruang dan peluang untuk menggali prinsip dan nilai kebudayaan, menemukan hal-hal yang bermakna dalam komunitas budayanya, dan mendorongnya untuk membuka dan menemukan hal-hal baru.” Suminto membayangkan ke depan komunitas pembelajaran sastra menjadi manusia berpikir dan bertindak lokal namun berpengetahuan eksternal. Dengan cara demikian, identitas kebangsaan disadari sebagai identitas yang dinamik, tidak statis.

Menurutnya, justru yang harus diwaspadai adalah ‘kesetiaan’ yang terbatas pada kelompok sosial atau etnik tertentu, yang biasanya cenderung juga pada lokalitas daerah tertentu. “Sumbangsih sastra adalah menghilangkan superioritas ini sehingga warga, apapun etniknya, memiliki eksistensi yang setara demi terbentuknya masyarakat yang terbuka dan demokratis,” ujarnya. (Febi/Humasfbs)

Berita Lain

  • Gelar Karya Mahasiswa FBSB UNY: Pamerkan Ratusan Karya Seni Rupa, Kriya dan DKV
    11/28/2025 - 08:39
  • Mahasiswa PBSI Unjuk Kreasi, Pamerkan Puluhan Karya Hasil Dari Alih Wahana
    11/27/2025 - 07:36
  • FBSB Sambut Visiting Professor dari Australia, Perkuat Kolaborasi Pendidikan Bahasa dan Literasi Global
    11/13/2025 - 11:23
  • FBSB Sambut Kedatangan Visiting Professor dari Italia, Prof. Emanuele Cardi
    11/12/2025 - 09:04
  • Pembinaan dan Pendampingan Zona Integritas Bersama LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta
    11/04/2025 - 13:18
  • Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris UNY Raih Medali Emas di Ajang International Student Summit 2025 di Malaysia
    10/31/2025 - 10:36
  • Pelatihan Augmented Reality (AR) Bertema Stilasi Flora dan Fauna di SMP Negeri 12 Yogyakarta: Inovasi Seni Rupa Berbasis Teknologi
    10/27/2025 - 17:28
  • FBSB UNY dan Universitas Pamulang Jalin Kerja Sama Akademik dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah
    10/21/2025 - 11:22
  • Dari Nilai Tradisional ke Dunia Digital: “Sangkan Paraning Dumadi” Ajak Gen-Z Mengenali Diri melalui Virtual Reality
    10/21/2025 - 09:27
  • Perkuat Kolaborasi: Kunjungan Fakultas Bahasa dan Seni UNIMED ke FBSB UNY
    10/14/2025 - 10:27

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekutif Mahasiswa FBSB UNY
  • Student Organization of FBSB

Bagian dan Sub Bagian

  • Layanan Administrasi
  • Layanan Pendidikan
  • Unit Penjaminan Mutu FBS
  • Unit Layanan Keuangan dan Akuntansi
  • Layanan Umum Kepegawaian dan Perlengkapan
  • Layanan Kemahasiswaan dan Alumni
  • Unit Kerjasama dan Humas
  • Unit Kinarya Kuningan

Kontak Kami

Alamat: Jalan Colombo No 1, Yogyakarta 55281,
Telepon (0274) 550843, (0274) 546719, Fax (0274) 548207
Website: http://fbsb.uny.ac.id
Email: fbsb@uny.ac.id;
humas_fbsb@uny.ac.id;

Googlemap


 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY