Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password
Home

Main navigation

  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah Singkat
    • Visi Misi
    • Pimpinan FBSB
    • Fasilitas
    • Dosen
      • Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
      • Dosen Pendidikan Bahasa Jerman
      • Dosen Pendidikan Bahasa Perancis
      • Dosen Pendidikan Bahasa Daerah
      • Dosen Pendidikan Seni Rupa
      • Dosen Pendidikan Musik
      • Dosen Pendidikan Seni Tari
    • Video Profil
  • Departemen
    • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Program Studi Sastra Indonesia
      • S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
    • Pendidikan Seni Rupa
      • Prodi Pendidikan Kriya
      • Prodi Pendidikan Seni Rupa
      • Desain Komunikasi Visual
    • Pendidikan Bahasa Inggris
      • Sastra Inggris
      • S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
      • S-3 Pendidikan Bahasa Inggris
      • S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
    • Pendidikan Bahasa Jerman
    • Pendidikan Bahasa Perancis
    • Pendidikan Bahasa Daerah
      • S-1 Pendidikan Bahasa Jawa
      • S-2 Pendidikan Bahasa Jawa
      • S-3 Bahasa, Sastra, dan Budaya Daerah
    • Pendidikan Seni Musik
    • Pendidikan Seni Tari
    • S-2 Linguistik Terapan
    • S-2 Pendidikan Seni
    • S-3 Ilmu Pendidikan Bahasa
    • S-3 Pendidikan Seni
  • Akademik
    • Admisi (Penerimaan Mahasiswa Baru)
    • Akreditasi
    • Integritas Akademik
    • Kalender Akademik
    • Peraturan Akademik
    • Rencana Pembelajaran Semester
  • Mahasiswa dan Alumni
    • Mahasiswa
      • E-Learning BeSmart
      • Informasi UKT/SPP
      • Pelaporan Prestasi dan Kegiatan
      • Portal Layanan (EService)
      • Registrasi
      • Siakad
      • E-Library
      • Daftar Layanan
    • Alumni
      • Karir
      • Portal Alumni
      • Tracer Study
  • Kerja Sama
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • Biaya Kelembagaan
  • Publikasi
    • Jurnal
      • LITERA: Jurnal Penelitian, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
      • LingTera : Jurnal Linguistik Terapan
      • DIKSI
      • IMAJI: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni
      • Lingua Pedagogia
      • SUNGGING: Jurnal Seni Rupa, Kriya, Desain, dan Pembelajarannya
      • KEJAWEN: Jurnal Kebudayaan Jawa
      • Literature & Literacy
    • Prosiding Seminar
    • Penelitian Dosen
    • Riset Grup
    • Hak Kekayaan Intelektual (HaKI)
    • Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM)
    • Publikasi Dosen
    • Publikasi Mahasiswa
    • Dokumen Lain
      • Pedoman PKM Artikel Ilmiah
      • Pedoman PKM Gagasan Futuristik Tertulis
      • Pedoman PKM Karya Inovatif 2023
      • Pedoman PKM Penerapan IPTEK
      • Pedoman PKM Pengabdian Kepada Masyarakat 2023
      • Pedoman PKM Riset Eksakta
      • Pedoman PKM Riset Sosial Humaniora
      • Pedoman PKM Video Gagasan Kreatif
      • Pedoman PKM-K 2023
      • Pedoman PKM-KC 2023
      • Pedoman Umum PKM 2023
    • Prestasi Mahasiswa
  • Penjaminan Mutu
    • Kompensasi Pelayanan
    • Maklumat Pelayanan
    • Dokumen
      • Panduan Operasional Baku (POB)
    • Survey Online
      • Monitoring dan Evaluasi Proses Belajar Mengajar
      • Survey Kepuasaan Mahasiswa
      • Survey Kepuasan Dosen
      • Survey Kepuasaan Alumni
      • Survey Kepuasan Pengguna Lulusan
      • Survey Pengguna Gedung di FBSB
      • Formulir Saran/Kritik/Keluhan
    • Zona Integritas
      • P2-Penataan Tatalaksana
      • P3-Penataan Sistem Manajemen SDM
      • P4-Penguatan Akuntabilitas
      • P5-Penguatan Pengaasan
      • P6-Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
      • P1 - Manajemen Perubahan
  • Unit Usaha
    • Profil
      • Latar Belakang
      • Visi dan Misi
      • Cakupan Bidang
    • Layanan
      • Gedung
      • Produk
      • Sekolah Laboratorium
  • Fasilitas
    • Video Fasilitas
      • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
      • Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa
    • Lisensi Office 365, Windows 10, Zoom
    • Jaringan Wifi (Eduroam)
  • Student Achievement

Breadcrumb

  • Home
  • Kunjungan Universitas Dwijendra Bali ke PBD dan PBSI

Kunjungan Universitas Dwijendra Bali ke PBD dan PBSI

By admin-berita | 4:55 PM WIB, Tue May 28, 2013

FBS-Karangmalang. Belum lama setelah menerima kunjungan dari Institut Hindu Dharma Negeri Bali beberapa waktu lalu, jurusan Pendidikan Bahasa Daerah kembali menyambut kedatangan mahasiswa dan dosen  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Dwijendra Bali (20/5).

Berbeda dengan kunjungan dari universitas sebelumnya yang hanya disambut oleh mahasiswa dan dosen jurusan Pendidikan Bahasa Daerah, pada kunjungan kali ini tamu disambut pula oleh jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Acara yang diselengarakan di Ruang Seminar Gedung Pusat Layanan Akademik (PLA) FBS tersebut diisi dengan kuliah umum. Hadir sebagai pembicara Dr. Maman Suryaman, M.Pd. selaku dosen PBSI dan Drs. Hardiyanto, M.Hum. dosen PBD. Keduanya memaparkan materi terkait pengajaran bahasa dan kurikulum 2013.

Dalam pemaparannya, Dr. Maman Suryaman, M.Pd. menekankan pentingnya pengajaran, “Eksistensi bahasa Indonesia dan bahasa daerah memiliki peranan penting dalam pengembangan literasi bangsa. Bangsa yang literasinya lemah akan berdampak pada kepribadian bangsa yang lemah pula.”

Pembahasan tidak hanya berhenti pada pengajaran bahasa saja. Kuliah umum tersebut juga mengupas kebijakan kurikulum 2013 yang meniadakan pengajaran bahasa daerah di tingkat sekolah. Sistem pengajaran bahasa daerah di sekolah dilakukan secara tematik integratif, sehingga pengajaran bahasa daerah akan digabungkan dengan mata pelajaran Seni Budaya. Hal ini menyulitkan pihak pengajar dalam aplikasinya di lapangan.

Sebagaimana yang dipertanyakan oleh Dra. Sri Harti Widyastuti, M.Hum. dosen PBD, “Mata pelajaran bahasa daerah tidak dimasukkan secara eksplisit dalam kebijakan kurikulum 2013. Pengajaran bahasa daerah yang digabungkan dengan Seni Budaya, Prakarya, dan mulok (muatan lokal) sangat membingungkan pengajar dalam aplikasinya di lapangan. Apakah kami harus mengajar menari dengan menggunakan bahasa daerah sedangkan di sisi lain tidak semua guru Tari bisa berbahasa daerah,” tuturnya.

Kondisi tersebut kemudian membuat para mahasiswa atau pun dosen dan pengajar bahasa daerah di Yogyakarta termasuk FBS tidak bisa berdiam diri, perjuangan untuk mempertahankan bahasa daerah pun dilakukan. Hal yang sama pun dilakukan oleh pihak Universitas Dwijendra yang bergabung dalam Aliansi Pencinta Bahasa Daerah di Bali untuk memperjuangkan posisi bahasa daerah.

“Kami sudah menemui Gubernur Bali dan meminta agar pengajaran bahasa daerah khususnya bahasa Bali tidak ditiadakan. Karena ada ketakutan jika bahasa daerah tidak diajarkan maka akan terjadi kepunahan dan perjuangan kami pun terjawab setelah muncul kebijakan dari wamen (wakil mentri) yang mengatakan bahwa pengajaran bahasa di tiap daerah menjadi kebijakan masing-masing daerah tersebut dan pemerintah Bali telah memutuskan untuk tetap memasukkan pengajaran bahasa daerah di sekolah-sekolah,” ujar Dr. I Ketut Suar Adnyana selaku dekan FKIP PBSI.

Usaha untuk meningkatkan mutu pengajaran bahasa dan perjuangan mempertahankan pengajaran bahasa daerah di dunia pendidikan tentu tidak berlebihan mengingat bahasa merupakan instrumen penting dalam budaya dan kebudayaan adalah alat identifikasi jati diri sebuah bangsa sehingga peningkatan mutu pengajaran bahasa dan usaha pelestarian bahasa daerah  perlu dilakukan. (Djwonga/Humasfbs)
 

Berita Lain

  • Gelar Karya Mahasiswa FBSB UNY: Pamerkan Ratusan Karya Seni Rupa, Kriya dan DKV
    11/28/2025 - 08:39
  • Mahasiswa PBSI Unjuk Kreasi, Pamerkan Puluhan Karya Hasil Dari Alih Wahana
    11/27/2025 - 07:36
  • FBSB Sambut Visiting Professor dari Australia, Perkuat Kolaborasi Pendidikan Bahasa dan Literasi Global
    11/13/2025 - 11:23
  • FBSB Sambut Kedatangan Visiting Professor dari Italia, Prof. Emanuele Cardi
    11/12/2025 - 09:04
  • Pembinaan dan Pendampingan Zona Integritas Bersama LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta
    11/04/2025 - 13:18
  • Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris UNY Raih Medali Emas di Ajang International Student Summit 2025 di Malaysia
    10/31/2025 - 10:36
  • Pelatihan Augmented Reality (AR) Bertema Stilasi Flora dan Fauna di SMP Negeri 12 Yogyakarta: Inovasi Seni Rupa Berbasis Teknologi
    10/27/2025 - 17:28
  • FBSB UNY dan Universitas Pamulang Jalin Kerja Sama Akademik dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah
    10/21/2025 - 11:22
  • Dari Nilai Tradisional ke Dunia Digital: “Sangkan Paraning Dumadi” Ajak Gen-Z Mengenali Diri melalui Virtual Reality
    10/21/2025 - 09:27
  • Perkuat Kolaborasi: Kunjungan Fakultas Bahasa dan Seni UNIMED ke FBSB UNY
    10/14/2025 - 10:27

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekutif Mahasiswa FBSB UNY
  • Student Organization of FBSB

Bagian dan Sub Bagian

  • Layanan Administrasi
  • Layanan Pendidikan
  • Unit Penjaminan Mutu FBS
  • Unit Layanan Keuangan dan Akuntansi
  • Layanan Umum Kepegawaian dan Perlengkapan
  • Layanan Kemahasiswaan dan Alumni
  • Unit Kerjasama dan Humas
  • Unit Kinarya Kuningan

Kontak Kami

Alamat: Jalan Colombo No 1, Yogyakarta 55281,
Telepon (0274) 550843, (0274) 546719, Fax (0274) 548207
Website: http://fbsb.uny.ac.id
Email: fbsb@uny.ac.id;
humas_fbsb@uny.ac.id;

Googlemap


 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY