Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password
Home

Main navigation

  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah Singkat
    • Visi Misi
    • Pimpinan FBSB
    • Fasilitas
    • Dosen
      • Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
      • Dosen Pendidikan Bahasa Jerman
      • Dosen Pendidikan Bahasa Perancis
      • Dosen Pendidikan Bahasa Daerah
      • Dosen Pendidikan Seni Rupa
      • Dosen Pendidikan Musik
      • Dosen Pendidikan Seni Tari
    • Video Profil
  • Departemen
    • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Program Studi Sastra Indonesia
      • S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
    • Pendidikan Seni Rupa
      • Prodi Pendidikan Kriya
      • Prodi Pendidikan Seni Rupa
      • Desain Komunikasi Visual
    • Pendidikan Bahasa Inggris
      • Sastra Inggris
      • S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
      • S-3 Pendidikan Bahasa Inggris
      • S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
    • Pendidikan Bahasa Jerman
    • Pendidikan Bahasa Perancis
    • Pendidikan Bahasa Daerah
      • S-1 Pendidikan Bahasa Jawa
      • S-2 Pendidikan Bahasa Jawa
      • S-3 Bahasa, Sastra, dan Budaya Daerah
    • Pendidikan Seni Musik
    • Pendidikan Seni Tari
    • S-2 Linguistik Terapan
    • S-2 Pendidikan Seni
    • S-3 Ilmu Pendidikan Bahasa
    • S-3 Pendidikan Seni
  • Akademik
    • Admisi (Penerimaan Mahasiswa Baru)
    • Akreditasi
    • Integritas Akademik
    • Kalender Akademik
    • Peraturan Akademik
    • Rencana Pembelajaran Semester
  • Mahasiswa dan Alumni
    • Mahasiswa
      • E-Learning BeSmart
      • Informasi UKT/SPP
      • Pelaporan Prestasi dan Kegiatan
      • Portal Layanan (EService)
      • Registrasi
      • Siakad
      • E-Library
      • Daftar Layanan
    • Alumni
      • Karir
      • Portal Alumni
      • Tracer Study
  • Kerja Sama
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • Biaya Kelembagaan
  • Publikasi
    • Jurnal
      • LITERA: Jurnal Penelitian, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
      • LingTera : Jurnal Linguistik Terapan
      • DIKSI
      • IMAJI: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni
      • Lingua Pedagogia
      • SUNGGING: Jurnal Seni Rupa, Kriya, Desain, dan Pembelajarannya
      • KEJAWEN: Jurnal Kebudayaan Jawa
      • Literature & Literacy
    • Prosiding Seminar
    • Penelitian Dosen
    • Riset Grup
    • Hak Kekayaan Intelektual (HaKI)
    • Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM)
    • Publikasi Dosen
    • Publikasi Mahasiswa
    • Dokumen Lain
      • Pedoman PKM Artikel Ilmiah
      • Pedoman PKM Gagasan Futuristik Tertulis
      • Pedoman PKM Karya Inovatif 2023
      • Pedoman PKM Penerapan IPTEK
      • Pedoman PKM Pengabdian Kepada Masyarakat 2023
      • Pedoman PKM Riset Eksakta
      • Pedoman PKM Riset Sosial Humaniora
      • Pedoman PKM Video Gagasan Kreatif
      • Pedoman PKM-K 2023
      • Pedoman PKM-KC 2023
      • Pedoman Umum PKM 2023
    • Prestasi Mahasiswa
  • Penjaminan Mutu
    • Kompensasi Pelayanan
    • Maklumat Pelayanan
    • Dokumen
      • Panduan Operasional Baku (POB)
    • Survey Online
      • Monitoring dan Evaluasi Proses Belajar Mengajar
      • Survey Kepuasaan Mahasiswa
      • Survey Kepuasan Dosen
      • Survey Kepuasaan Alumni
      • Survey Kepuasan Pengguna Lulusan
      • Survey Pengguna Gedung di FBSB
      • Formulir Saran/Kritik/Keluhan
    • Zona Integritas
      • P2-Penataan Tatalaksana
      • P3-Penataan Sistem Manajemen SDM
      • P4-Penguatan Akuntabilitas
      • P5-Penguatan Pengaasan
      • P6-Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
      • P1 - Manajemen Perubahan
  • Unit Usaha
    • Profil
      • Latar Belakang
      • Visi dan Misi
      • Cakupan Bidang
    • Layanan
      • Gedung
      • Produk
      • Sekolah Laboratorium
  • Fasilitas
    • Video Fasilitas
      • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
      • Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa
    • Lisensi Office 365, Windows 10, Zoom
    • Jaringan Wifi (Eduroam)
  • Student Achievement

Breadcrumb

  • Home
  • Untungnya Memiliki HaKI

Untungnya Memiliki HaKI

By admin-berita | 5:44 PM WIB, Thu June 20, 2013

FBS-Karangmalang. Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) bermanfaat bagi pemilik karya. “HaKI itu melindungi kreativitas sehingga orang lain tidak sewenang-wenang menggunakan penemuan, desain, atau ciptaan kita,” jelas Dr. Hari Sutrisno, dosen Pendidikan Kimia, FMIPA UNY dan pemilik empat HaKI dari lembaga Nasional dan Internasional ini. Bersama Ir. Suyitno Hadi Putro, M.T, Dr. Hadi Sutrisno mengisi seminar HaKI bagi dosen-dosen FBS tempo lalu (14/6). Dalam seminar berdurasi empat jam ini, para pembicara mengajak dosen untuk berkarya dan meneliti dengan orientasi HaKI.

Ir. Suyitno menambahkan manfaat nilai HaKI untuk karya orisinal. “Paten itu cara efektif untuk meningkatkan nilai ekonomis hasil penelitian sehingga dukungan terhadap kegiatan penelitian dapat meningkat,” jelas ketua Badan Pertimbangan Penelitian Bidang Sains dan Teknologi UNY ini. Selain sebagai strategi pemasukan finansial, penelitian berorientasi HaKI itu dapat memperluas pengalaman bagi mahasiswa dan pengajar. “Syarat penelitian ini adalah kekinian, jadi kita akan terdorong untuk mengidentifikasi permasalahan yang up-to-date,” terangnya. Menurutnya, penelitian ini juga bisa membina jaringan, karena publikasi karya ini bisa membuka pintu kerja sama dengan investor, industri, komunitas, maupun instansi tertentu. Pun ketika memiliki hak paten, manfaatnya akan terasa ketika timbul sengketa ciptaan di kemudian hari.

Dr. Hari Sutrisno menjelaskan bahwa HaKI itu mencangkup penemuan, karya artisitik, dan sastra. Selain itu, simbol, nama, citra, dan desain yang digunakan dalam dunia komersial sudah dapat digolongkan bersyarat HaKI. “Ketika anda menciptakan canting batik dengan bentuk berbeda, itu sudah penemuan dan seharusnya didaftarkan hak paten,” terangnya.  Ir. Suyitno pun memiliki pendapat yang sama. “Jangan takut dengan kesederhanaan (temuan), karena segala inovasi dan hal baru itu adalah hasil kreativitas yang mesti dilindungi,” terang Dosen FT UNY ini.

Ada berbagai jenis HaKI yang dituangkan dalam UU, di antaranya Hak Cipta (Copyrights), Paten (Patent), dan Merek (Trademark). Buku, karya tulis yang diterbitkan, ciptaan dalam bentuk ucapan, alat peraga pendidikan dan pengetahuan termasuk hak cipta. Lagu, drama, koreografi, seni, peta, dan terjemahan pun termasuk hak cipta. “Selama ciptaan itu orisinal, bukan milik umum dan sesuai UU tentang hak cipta, karya cipta dapat didaftarkan,” ujar Dr. Hari. Ia pun menyarankan agar hak ini diperjuangkan. Di Indonesia, hak paten itu diberikan kepada pencipta yang mendaftar pertama, bukan yang pertama kali menemukan, jadi mendaftarlah bila merasa menemukan,” ajaknya. Prosedur permohonaan ciptaan dapat diakses di Direktorat Teknologi Informasi dengan penjelasan sesuai UU No.12 tahun 1997.

Di kategori hak paten, dua pembicara juga memberikan strategi untuk mendapatkannya. Langkah pertama, telusuri dulu paten di bidang kajian agar tidak melanggar hak paten orang lain dan sesuai dengan tren perkembangan teknologi dan pertumbuhan pasar. Pencarian dapat dilakukan dengan menelusuri dokumen tertulis atau file database komputer, semisal dari www.dgip.go.id (Kantor Paten Indonesia) dan www.wipo.int (WIPO-PBB). Selanjutnya, lakukan analisis paten untuk mencari tren teknologi dan membantu menfokuskan target paten. “Sofware tertentu, seperti Inas 3.01.66 (Pro), dapat membantu analisis,” terang Dr. Hadi. Selanjutnya pendaftaran teknis dapat dilakukan melalui Kemenkumham. (Febi/Humasfbs)
 

Berita Lain

  • Perkuat Kolaborasi: Kunjungan Fakultas Bahasa dan Seni UNIMED ke FBSB UNY
    10/14/2025 - 10:27
  • Tindak Lanjuti Hasil Riset, Tim PKM-RSH Nyabuk Gunung Serahkan Policy Brief ke Dinas Pendidikan Magelang dan Sleman
    10/13/2025 - 07:34
  • Zine Therapy: Dari Seni Menjadi Terapi
    10/03/2025 - 10:53
  • Tim PKM-PM Pelita Aksara Pelangi Anak Dorong Pembentukan Karakter melalui Sastra
    10/03/2025 - 10:40
  • Mahasiswa Baru FBSB UNY Dibekali Materi Pencegahan Kekerasan Seksual dalam Studium General
    10/02/2025 - 13:27
  • Kongres AP2SENI Jadi Titik Balik Digitalisasi Pendidikan Seni, Drama, Tari, dan Musik
    09/15/2025 - 10:13
  • Guest Lecture Departemen Pendidikan Seni Rupa FBSB UNY di UiTM Shah Alam: Menggabungkan Tradisi Batik dengan Inovasi Digital
    07/21/2025 - 09:58
  • Duka dari Mekkah Al-Mukarramah: Tempat Akhir Mulia Dr. Drs. Prihadi, M.Hum (Dosen Departemen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBSB UNY
    05/28/2025 - 08:50
  • Wajah Ceria 117 Mahasiswa FBSB pada Yudisium Periode Mei 2025: Songsong Masa Depan Lebih Cerah
    05/23/2025 - 15:42
  • UNY dan University of Poitiers: Kolaborasi Musik Tradisional Indonesia-Perancis, Dua Budaya Menyatu Dalam Harmoni
    11/29/2024 - 14:13

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekutif Mahasiswa FBSB UNY
  • Student Organization of FBSB

Bagian dan Sub Bagian

  • Layanan Administrasi
  • Layanan Pendidikan
  • Unit Penjaminan Mutu FBS
  • Unit Layanan Keuangan dan Akuntansi
  • Layanan Umum Kepegawaian dan Perlengkapan
  • Layanan Kemahasiswaan dan Alumni
  • Unit Kerjasama dan Humas
  • Unit Kinarya Kuningan

Kontak Kami

Alamat: Jalan Colombo No 1, Yogyakarta 55281,
Telepon (0274) 550843, (0274) 546719, Fax (0274) 548207
Website: http://fbsb.uny.ac.id
Email: fbsb@uny.ac.id;
humas_fbsb@uny.ac.id;

Googlemap


 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY