Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password
Home

Main navigation

  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah Singkat
    • Visi Misi
    • Pimpinan FBSB
    • Fasilitas
    • Dosen
      • Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
      • Dosen Pendidikan Bahasa Jerman
      • Dosen Pendidikan Bahasa Perancis
      • Dosen Pendidikan Bahasa Daerah
      • Dosen Pendidikan Seni Rupa
      • Dosen Pendidikan Musik
      • Dosen Pendidikan Seni Tari
    • Video Profil
  • Departemen
    • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Program Studi Sastra Indonesia
      • S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
    • Pendidikan Seni Rupa
      • Prodi Pendidikan Kriya
      • Prodi Pendidikan Seni Rupa
      • Desain Komunikasi Visual
    • Pendidikan Bahasa Inggris
      • Sastra Inggris
      • S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
      • S-3 Pendidikan Bahasa Inggris
      • S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
    • Pendidikan Bahasa Jerman
    • Pendidikan Bahasa Perancis
    • Pendidikan Bahasa Daerah
      • S-1 Pendidikan Bahasa Jawa
      • S-2 Pendidikan Bahasa Jawa
      • S-3 Bahasa, Sastra, dan Budaya Daerah
    • Pendidikan Seni Musik
    • Pendidikan Seni Tari
    • S-2 Linguistik Terapan
    • S-2 Pendidikan Seni
    • S-3 Ilmu Pendidikan Bahasa
    • S-3 Pendidikan Seni
  • Akademik
    • Admisi (Penerimaan Mahasiswa Baru)
    • Akreditasi
    • Integritas Akademik
    • Kalender Akademik
    • Peraturan Akademik
    • Rencana Pembelajaran Semester
  • Mahasiswa dan Alumni
    • Mahasiswa
      • E-Learning BeSmart
      • Informasi UKT/SPP
      • Pelaporan Prestasi dan Kegiatan
      • Portal Layanan (EService)
      • Registrasi
      • Siakad
      • E-Library
      • Daftar Layanan
    • Alumni
      • Karir
      • Portal Alumni
      • Tracer Study
  • Kerja Sama
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • Biaya Kelembagaan
  • Publikasi
    • Jurnal
      • LITERA: Jurnal Penelitian, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
      • LingTera : Jurnal Linguistik Terapan
      • DIKSI
      • IMAJI: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni
      • Lingua Pedagogia
      • SUNGGING: Jurnal Seni Rupa, Kriya, Desain, dan Pembelajarannya
      • KEJAWEN: Jurnal Kebudayaan Jawa
      • Literature & Literacy
    • Prosiding Seminar
    • Penelitian Dosen
    • Riset Grup
    • Hak Kekayaan Intelektual (HaKI)
    • Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM)
    • Publikasi Dosen
    • Publikasi Mahasiswa
    • Dokumen Lain
      • Pedoman PKM Artikel Ilmiah
      • Pedoman PKM Gagasan Futuristik Tertulis
      • Pedoman PKM Karya Inovatif 2023
      • Pedoman PKM Penerapan IPTEK
      • Pedoman PKM Pengabdian Kepada Masyarakat 2023
      • Pedoman PKM Riset Eksakta
      • Pedoman PKM Riset Sosial Humaniora
      • Pedoman PKM Video Gagasan Kreatif
      • Pedoman PKM-K 2023
      • Pedoman PKM-KC 2023
      • Pedoman Umum PKM 2023
    • Prestasi Mahasiswa
  • Penjaminan Mutu
    • Kompensasi Pelayanan
    • Maklumat Pelayanan
    • Dokumen
      • Panduan Operasional Baku (POB)
    • Survey Online
      • Monitoring dan Evaluasi Proses Belajar Mengajar
      • Survey Kepuasaan Mahasiswa
      • Survey Kepuasan Dosen
      • Survey Kepuasaan Alumni
      • Survey Kepuasan Pengguna Lulusan
      • Survey Pengguna Gedung di FBSB
      • Formulir Saran/Kritik/Keluhan
    • Zona Integritas
      • P2-Penataan Tatalaksana
      • P3-Penataan Sistem Manajemen SDM
      • P4-Penguatan Akuntabilitas
      • P5-Penguatan Pengaasan
      • P6-Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
      • P1 - Manajemen Perubahan
  • Unit Usaha
    • Profil
      • Latar Belakang
      • Visi dan Misi
      • Cakupan Bidang
    • Layanan
      • Gedung
      • Produk
      • Sekolah Laboratorium
  • Fasilitas
    • Video Fasilitas
      • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
      • Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa
    • Lisensi Office 365, Windows 10, Zoom
    • Jaringan Wifi (Eduroam)
  • Student Achievement

Breadcrumb

  • Home
  • Resensi Buku: Pemberadaban Bangsa melalui Bahasa, Sastra, & Seni

Resensi Buku: Pemberadaban Bangsa melalui Bahasa, Sastra, & Seni

By admin | 1:40 PM WIB, Wed January 14, 2015


FBS-Karangmalang. Narasi besar pergolakan kebudayaan Indonesia dekade terakhir mengalami kemerosotan tajam dalam berdialektika dalam ruang ilmiah. Padahal, Sutan Takdir Alisjahbana telah mengawali perumusan konsepsi kebudayaan baru Indonesia pascakemerdekaan yang sejarah menulisnya sebagai “polemik kebudayaan”. Setelah Takdir, kata Goenawan Mohamad, kebudayaan kita kering kerontang—sebab tak disirami lagi dengan perumusan lanjutan. Namun demikian, tesis yang disampaikan Goenawan Mohamad (seorang Pimpinan Redaksi majalah pimpinan Tempo dan juga penandatangan Manifest Kebudayaan) mulai runtuh; setelah sebuah buku berjudul “Bahasa, Sastra, & Seni (Sebagai Jalan Pemberadaban Bangsa)” yang memuat konsep pemikiran mutakhir hal ihwal kebudayaan terbit. Buku terbitan UNY Press (Desember 2014) itu memuat 30 tulisan ilmiah para dosen FBS. Buku setebal 366 halaman tersebut dibagi menjadi 3 BAB, yakni: BAB I Bahasa Indonesia dan Daerah Sebagai Jalan Pemberadaban Bangsa; BAB II Bahasa Asing: Sebagai Jalan Pemberadaban Bangsa; dan BAB III Seni dan Budaya Sebagai Jalan Pemberadaban Bangsa.
    Suminto A. Sayuti menulis esai pengantar dalam pembuka buku itu bertajuk “Bahasa, Sastra, dan Seni Sebagai Jalan Pemberadaban Bangsa”: Sejumlah tulisan yang ada dalam buku ini mengisyaratkan bagaimana bahasa, sastra, dan seni pada hakikatnya memiliki ruang-ruang terbuka bagi subjek-subjek yang berkehendak masuk dan terlibat dalam proses tertentu yang sifatnya dinamik: proses pemberadaban dan pembudayaan itu! (hal. viii). Sejalan dengan esai pengantar Sayuti, makna filosofi “kebudayaan” bergerak/berkembang terus mengikuti zaman secara dinamis. Proses panjang kebudayaan Indonesia tak terikat oleh ruang dan waktu. Meski demikian, dalam prosesnya kebudayaan itu tak terlepas dari intervensi yang lain, liyan, the others (subjek luar). Sejalan dengan itu, boleh jadi ada kelahiran kebudayaan baru hasil “kawin silang”. Namun, setelah itu muncul pertanyaan kembali: masih-kah ada kebudayaan luhur khas kita yang telah dirumuskan pendahulu bangsa? Oleh karenanya, buku ini menjawab pula pertanyaan itu dengan pelbagai alternatif pemikiran ihwal konsepsi kebudayaan yang diuraikan melalui elemen bahasa, sastra, & seni.
    Wacana kebudayaan Indonesia menjadi penting mengingat tingkat peradaban dan kebudayaan itu merupakan faktor yang menentukan harkat dan martabat suatu bangsa. Sementara itu, terbentuknya peradaban dan budaya yang unggul bergantung pada daya dukung yang diberikan para pewaris dan agen-agen kultural yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat, baik dalam tataran kehidupan individual, sosial, maupun institusional (Sayuti, 2014: vii).
    Melalui jalan bahasa sebagai pemberadaban bangsa, Zamzani mengulas sumbangsih pemikirannya berjudul “Pengembangan Berpikir melalui Pembelajaran Bahasa”. Ia menyampaikan relasi bahasa, kebudayaan, dan pikiran yang tidak perlu diragukan. Dari bahasa yang digunakannya seseorang dapat ditebak kebudayaannya, nilai yang dianutnya, atau keyakinan agama yang dianutnya. Dari bahasanya pula seseorang dapat diketahui sopan santunnya, sikap terbuka tidaknya, jalan pikirannya, bahkan kejujurannya (Kawulusan via Zamzani, 2014: 7). Barangkali hal itu juga berakitan dengan ujaran yang seringkali disampaikan Chomsky—seorang linguis dan pegiat sosial-kebudayaan berkebangsaan Amerika—“The Power of Language”; sebab bahasa dapat mewartakan dunia dan memengaruhi bangsa (istilah lain mengatakan: bahasa mencengkram manusia).
    Buku ini menguraikan kebudayaan secara universal ke dalam kuasa parsial pembentuknya, termasuk elemen seni musik. FX. Diah K. menyampaikan ulasan menarik ihwal “Memahami Peradaban Seni melalui Estetika Musik” (hal. 253-263). Keindahan seni (estetis) merupakan bagian dari peradaban suatu bangsa. Kontribusi melalui tulisan Diah ini cukup menarik. Ia menyampaikan bahwa estetika seni musik merupakan salah satu disiplin pengetahuan manusia mengenai keindahan alam dan keindahan musik. Tentang rahasia “indah” itu, paparnya, dari waktu ke waktu tidak mampu dijawab oleh ilmu pengetahuan yang lain. Oleh karena objek estetikanya ialah gejala-gejala persoalan indah dan tidak indah, maka objek persoalannya adalah alam, karya manusia dan manusia itu sendiri. Pembahasan estetika non-verbal yang disampaikan oleh Diah ini merujuk pada konstelasi perkembangan musik di barat—dari masa filsuf Yunani “Plato dan Aristoteles” hingga masa renaisasns Eropa. Senada dengan Diah terkait dunia estetika (seni), Martono menyampaikan konsepsi ide tentang pendidikan seni. Seni perlu dijadikan ajang untuk “memerdekakan anak dalam berekspresi” (hal. 288).
    Rumusan ide yang sumbangkan oleh dosen FBS di dalam buku ini sangat relevan dengan kebudayaan Indonesia. Ada yang mengkritik pendahulu bangsa tentang rumusan kebudayaan yang “kebarat-baratan”; dan ada pula yang mengkonstruksi kembali lokalitas kebudayaan Indonesia dalam ikhtiar internasionalisasi kebudayaan. Sebaliknya, apabila harus menyebutkan kekuraangan buku ini, saya ingin menyampaikan satu hal saja: buku ini tak direkomendasikan oleh Kemendikbud yang tahun lalu menyelenggarakan konvensi kebudayaan Indonesia—yang acara itu melibatkan para seniman Indonesia, termasuk Radhar Panca Dahana. Saya membayangkan bahwa buku ini dapat menjadi acuan strategis pemangku jabatan di Indonesia dalam meneruskan estafet pemberadaban bangsa. (Rony/Humas FBS).
 

Resensi

Berita Lain

  • Gelar Karya Mahasiswa FBSB UNY: Pamerkan Ratusan Karya Seni Rupa, Kriya dan DKV
    11/28/2025 - 08:39
  • Mahasiswa PBSI Unjuk Kreasi, Pamerkan Puluhan Karya Hasil Dari Alih Wahana
    11/27/2025 - 07:36
  • FBSB Sambut Visiting Professor dari Australia, Perkuat Kolaborasi Pendidikan Bahasa dan Literasi Global
    11/13/2025 - 11:23
  • FBSB Sambut Kedatangan Visiting Professor dari Italia, Prof. Emanuele Cardi
    11/12/2025 - 09:04
  • Pembinaan dan Pendampingan Zona Integritas Bersama LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta
    11/04/2025 - 13:18
  • Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris UNY Raih Medali Emas di Ajang International Student Summit 2025 di Malaysia
    10/31/2025 - 10:36
  • Pelatihan Augmented Reality (AR) Bertema Stilasi Flora dan Fauna di SMP Negeri 12 Yogyakarta: Inovasi Seni Rupa Berbasis Teknologi
    10/27/2025 - 17:28
  • FBSB UNY dan Universitas Pamulang Jalin Kerja Sama Akademik dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah
    10/21/2025 - 11:22
  • Dari Nilai Tradisional ke Dunia Digital: “Sangkan Paraning Dumadi” Ajak Gen-Z Mengenali Diri melalui Virtual Reality
    10/21/2025 - 09:27
  • Perkuat Kolaborasi: Kunjungan Fakultas Bahasa dan Seni UNIMED ke FBSB UNY
    10/14/2025 - 10:27

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekutif Mahasiswa FBSB UNY
  • Student Organization of FBSB

Bagian dan Sub Bagian

  • Layanan Administrasi
  • Layanan Pendidikan
  • Unit Penjaminan Mutu FBS
  • Unit Layanan Keuangan dan Akuntansi
  • Layanan Umum Kepegawaian dan Perlengkapan
  • Layanan Kemahasiswaan dan Alumni
  • Unit Kerjasama dan Humas
  • Unit Kinarya Kuningan

Kontak Kami

Alamat: Jalan Colombo No 1, Yogyakarta 55281,
Telepon (0274) 550843, (0274) 546719, Fax (0274) 548207
Website: http://fbsb.uny.ac.id
Email: fbsb@uny.ac.id;
humas_fbsb@uny.ac.id;

Googlemap


 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY