Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password
Home

Main navigation

  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah Singkat
    • Visi Misi
    • Pimpinan FBSB
    • Fasilitas
    • Dosen
      • Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
      • Dosen Pendidikan Bahasa Jerman
      • Dosen Pendidikan Bahasa Perancis
      • Dosen Pendidikan Bahasa Daerah
      • Dosen Pendidikan Seni Rupa
      • Dosen Pendidikan Musik
      • Dosen Pendidikan Seni Tari
    • Video Profil
  • Departemen
    • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Program Studi Sastra Indonesia
      • S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
    • Pendidikan Seni Rupa
      • Prodi Pendidikan Kriya
      • Prodi Pendidikan Seni Rupa
      • Desain Komunikasi Visual
    • Pendidikan Bahasa Inggris
      • Sastra Inggris
      • S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
      • S-3 Pendidikan Bahasa Inggris
      • S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
    • Pendidikan Bahasa Jerman
    • Pendidikan Bahasa Perancis
    • Pendidikan Bahasa Daerah
      • S-1 Pendidikan Bahasa Jawa
      • S-2 Pendidikan Bahasa Jawa
      • S-3 Bahasa, Sastra, dan Budaya Daerah
    • Pendidikan Seni Musik
    • Pendidikan Seni Tari
    • S-2 Linguistik Terapan
    • S-2 Pendidikan Seni
    • S-3 Ilmu Pendidikan Bahasa
    • S-3 Pendidikan Seni
  • Akademik
    • Admisi (Penerimaan Mahasiswa Baru)
    • Akreditasi
    • Integritas Akademik
    • Kalender Akademik
    • Peraturan Akademik
    • Rencana Pembelajaran Semester
  • Mahasiswa dan Alumni
    • Mahasiswa
      • E-Learning BeSmart
      • Informasi UKT/SPP
      • Pelaporan Prestasi dan Kegiatan
      • Portal Layanan (EService)
      • Registrasi
      • Siakad
      • E-Library
      • Daftar Layanan
    • Alumni
      • Karir
      • Portal Alumni
      • Tracer Study
  • Kerja Sama
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • Biaya Kelembagaan
  • Publikasi
    • Jurnal
      • LITERA: Jurnal Penelitian, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
      • LingTera : Jurnal Linguistik Terapan
      • DIKSI
      • IMAJI: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni
      • Lingua Pedagogia
      • SUNGGING: Jurnal Seni Rupa, Kriya, Desain, dan Pembelajarannya
      • KEJAWEN: Jurnal Kebudayaan Jawa
      • Literature & Literacy
    • Prosiding Seminar
    • Penelitian Dosen
    • Riset Grup
    • Hak Kekayaan Intelektual (HaKI)
    • Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM)
    • Publikasi Dosen
    • Publikasi Mahasiswa
    • Dokumen Lain
      • Pedoman PKM Artikel Ilmiah
      • Pedoman PKM Gagasan Futuristik Tertulis
      • Pedoman PKM Karya Inovatif 2023
      • Pedoman PKM Penerapan IPTEK
      • Pedoman PKM Pengabdian Kepada Masyarakat 2023
      • Pedoman PKM Riset Eksakta
      • Pedoman PKM Riset Sosial Humaniora
      • Pedoman PKM Video Gagasan Kreatif
      • Pedoman PKM-K 2023
      • Pedoman PKM-KC 2023
      • Pedoman Umum PKM 2023
    • Prestasi Mahasiswa
  • Penjaminan Mutu
    • Kompensasi Pelayanan
    • Maklumat Pelayanan
    • Dokumen
      • Panduan Operasional Baku (POB)
    • Survey Online
      • Monitoring dan Evaluasi Proses Belajar Mengajar
      • Survey Kepuasaan Mahasiswa
      • Survey Kepuasan Dosen
      • Survey Kepuasaan Alumni
      • Survey Kepuasan Pengguna Lulusan
      • Survey Pengguna Gedung di FBSB
      • Formulir Saran/Kritik/Keluhan
    • Zona Integritas
      • P2-Penataan Tatalaksana
      • P3-Penataan Sistem Manajemen SDM
      • P4-Penguatan Akuntabilitas
      • P5-Penguatan Pengaasan
      • P6-Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
      • P1 - Manajemen Perubahan
  • Unit Usaha
    • Profil
      • Latar Belakang
      • Visi dan Misi
      • Cakupan Bidang
    • Layanan
      • Gedung
      • Produk
      • Sekolah Laboratorium
  • Fasilitas
    • Video Fasilitas
      • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
      • Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa
    • Lisensi Office 365, Windows 10, Zoom
    • Jaringan Wifi (Eduroam)
  • Student Achievement

Breadcrumb

  • Home
  • Menyongsong Konektivitas ASEAN dengan Internasionalisasi FBS

Menyongsong Konektivitas ASEAN dengan Internasionalisasi FBS

By admin | 9:04 AM WIB, Fri January 02, 2015


FBS-Karangmalang. Dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata 0,5% dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, Asia tenggara, khususnya ASEAN merupakan kawasan yang secara geopolitik merupakan kawasan yang stabil yang segera mewujud sebagai komunitas ASEAN mulai tahun 2015. Itu artinya ASEAN akan menjadi satu kawasan yang borderless secara sosio-ekonomi di mana arus modal dan jasa mengalir dari satu negara ke negara lain seperti halnya hubungan antar provinsi dalam sebuah negara. Di sisi lain, konektivitas ini memberikan dampak lain dengan semakin terbukanya kita sebagai bangsa untuk bertukar informasi dan budaya dengan bangsa lain.
Globalisasi di kawasan ASEAN bukan sekadar mimpi dan harapan sebab sebelum itu dimulai pun, hal ini telah memberikan dampak pada berbagai pertukaran informasi dan persaingan dalam berbagai sektor, termasuk juga dalam hal penyusunan strategi dan pengambilan kebijakan di dunia pendidikan. Hal inilah yang akhir-akhir ini, sering kita dengar dalam banyak perbincangan, yaitu bagaimana staf, penelitian, atau mahasiswa sebuah perguruan tinggi meningkatkan keterlibatan mereka dalam forum-forum internasional terutama di kawasan ASEAN agar sebuah perguruan tinggi mengenal sistem  pendidikan di negara lain dan juga menjadi rujukan dan dikenal secara internasional (memiliki international outlook). Sebagaimana yang dikatakan oleh (Salmi,Liu:2011).

Becoming a member of the exclusive group of world-class universities is not achieved by self-declaration; rather, elite status is conferred by the outside world on the basis of international recognition. Notwithstanding the serious methodological limitations of any ranking exercise (Salmi and Saroyan 2007), world-class universities are recognized in part for their superior outputs.

Berbagai usaha untuk mewujudkannya dilakukan oleh banyak perguruan tinggi, mulai dari menggiatkan kinerja dengan standar internasional baik yang berhubungan dengan sistem manajemen, sistem pelayanan, proses pendidikan sampai dengan peningkatan mutu lulusan dan proses pengajaran dan penelitian. Di samping itu, banyak juga yang memulai dari pencitraan dan promosi baik di dalam berbagai kesempatan maupun di dunia maya melalui kinerja komponen akademik semacam penerbitan jurnal internasional, dan tulisan ilmiah berbahasa inggris dengan harapan karya ini menjadi sitasi (citation) umum. Di sisi lain, banyak pula perguruan tinggi yang mengembangkan kegiatan kerjasama dengan berbagai stakeholder, user maupun perguruan tinggi lain yang memiliki visi dan misi atau platform kebijakan yang sejalan seperti dengan mendirikan dan menggiatkan kantor kerja sama internasional.
Universitas Negeri Yogyakarta adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang telah sejak lama memasukkan visi dan misi ini ke dalam renstra UNY. Berbagai kegiatan internasionalisasi UNY telah lama dilakukan dan membuahkan berbagai hasil yang membuat UNY menjadi salah satu perguruan tinggi  terkemuka di Indonesia menurut situs berita Yogya.co.id. Situs ini menyebutkan bahwa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berada di peringkat 22 Universitas terpopuler di Indonesia versi 4ICU. Prestasi dan kinerja belum apa-apa bila dilihat dari peringkat UNY dalam situs THE (Times Higher Education) yang belum masuk ratusan atau bahkan ribuan peringkat dunia.
Namun demikian, UNY merupakan salah satu dari puluhan  perguruan tinggi di kawasan ASEAN, yang giat mengembangkan diri menjadi sebuah perguruan tinggi berkelas dunia (World Class University). Untuk  menjadi WCU, salah satu usaha yang dilakukan oleh UNY adalah membangun jaringan kerja sama dengan berbagai instansi di dalam dan luar negeri, dengan landasan Memorandum of Understanding (MoU) atau Memorandum of Agreement (MoA). Implementasi MOU diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan kerjasama, seperti program pertukaran mahasiswa yang dinamakan Hibridization Program, Guest lecturing atau mengundang dosen tamu, pengiriman dosen UNY ke perguruan tinggi mitra, penelitian kerjasama (joint research), bahkan sampai program alih kredit (credit transfer), pertukaran staf pengajar dan Sandwich Program dan program ganda (Double Degree) bagi mahasiswa S-2/S-3.
Untuk dapat mensejajarkan diri dengan berbagai universitas yang sudah lebih dulu berkelas dunia, memang diperlukan strategi pengembangan internasionalisasi universitas yang tepat dan terukur. Pengembangan visi dan misi dalam renstra universitas dan dalam berbagai kebijakan universitas sudah semestinya mengedepankan pentingnya kerjasama dan kemitraan dengan berbagai perguruan tinggi baik di dalam mau pun di luar negeri. Namun efektivitas kemitraan dan kerja sama harus juga dalam ajang kemitraan yang sejajar sehingga UNY juga menjadi aktor yang aktif berkiprah dan bukan hanya menjadi penonton dan konsumen dalam globalisasi ini. Di samping itu, kerja sama dan kemitraan yang dimaksud, harus memberikan efek atau dampak pada berbagai lini, tidak hanya berhenti pada kegiatan kerjasama itu sendiri tetapi juga pada kinerja bidang-bidang lain. Seperti halnya menjadikan kegiatan mengundang dosen tamu (guest lecturing) menjadi sebuah proses benchmarking  bagi tenaga pengajar UNY sendiri tentang profesionalitas dalam bidang keilmuan dan kualitas skill pengajaran atau penelitian kerjasama yang menjadi ajang bertemu sparing partner bagi dosen peneliti di UNY.
Dengan mempertimbangkan berbagai hal, Fakultas Bahasa dan Seni UNY, sebagai salah satu Fakultas di UNY, telah menggiatkan kerja sama salah satunya dengan memberikan dukungan melalui penyusunan komponen anggaran tersendiri untuk mengembangkan dan mempromosikan potensi yang merupakan keunggulan yang dimilikinya. Perhatian dan dukungan yang serius ini memungkinkan FBS mengembangkan bidang keilmuan yang dibutuhkan dan dicari oleh bangsa lain, seperti bidang-bidang ilmu yang mengandung kearifan lokal (local wisdom) seperti bidang bahasa, seni dan budaya, sehingga FBS UNY dapat mensejajarkan diri dengan perguruan tinggi lain di luar negeri melalui pemberdayaan keunggulan komparatif yang dimiliki.
Dengan mengembangkan potensi yang menjadi keunggulan komparatifnya, FBS UNY dapat menjadi mitra yang sejajar dengan perguruan tinggi lain. Hal ini tidak berarti FBS UNY tidak perlu masuk dalam kancah kompetisi dalam bidang-bidang lain. Ini adalah strategi yang secara cepat dapat meningkatkan minat dan ketertarikan perguruan tinggi lain bekerja sama dengan FBS. Sebab, kerja sama yang mengandalkan keunggulan komparatif dan kearifan lokal dipercaya mampu mensejajarkan FBS dengan PT di luar negeri yang sudah lebih maju. Pada gilirannya nanti kegiatan yang dapat berjalan akan memberi efek pada bidang-bidang lain. Tanpa strategi seperti ini, UNY dan khususnya FBS memerlukan energi yang besar untuk mengejar ketertinggalan dan bermitra dengan perguruan tinggi yang sudah lebih dulu maju. Secara umum, terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penghambat bagi FBS UNY untuk bermitra dengan perguruan tinggi ternama, seperti masalah peringkat universitas, keterbatasan sarana dan prasarana, pengakuan internasional terhadap karya ilmiah dosen/peneliti,  sitasi ilmiah terhadap karya ilmiah, sumber daya dosen dan staf dan beberapa faktor lain yang telah lebih dulu unggul yang dimilki oleh perguruan tinggi lain.
Oleh sebab itu, kesadaran tentang pentingnya kerjasama perlu ditumbuh kembangkan di semua kalangan. Kita harus tegap berdiri dengan confident dan segera bergerak cepat menyusul perguruan tinggi yang sudah dulu maju. Masuknya mahasiswa asing dari perguruan tinggi kawasan ASEAN dan dari kawasan lain di dunia perlu kita sikapi dengan menyambutnya dengan profesional dan usaha yang sungguh-sungguh. Tidaklah elok bila kita membiarkan arus keterbukaan ini melibas kita begitu saja tanpa memanfaatkannya menjadi sebuah arena mempertaruhkan kualitas dan profesionalitas sivitas akademika UNY. (Herman, M.Pd-Ketua divisi kerjasama FBS UNY)
 

opini

Berita Lain

  • Pelatihan Augmented Reality (AR) Bertema Stilasi Flora dan Fauna di SMP Negeri 12 Yogyakarta: Inovasi Seni Rupa Berbasis Teknologi
    10/27/2025 - 17:28
  • FBSB UNY dan Universitas Pamulang Jalin Kerja Sama Akademik dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah
    10/21/2025 - 11:22
  • Dari Nilai Tradisional ke Dunia Digital: “Sangkan Paraning Dumadi” Ajak Gen-Z Mengenali Diri melalui Virtual Reality
    10/21/2025 - 09:27
  • Perkuat Kolaborasi: Kunjungan Fakultas Bahasa dan Seni UNIMED ke FBSB UNY
    10/14/2025 - 10:27
  • Tindak Lanjuti Hasil Riset, Tim PKM-RSH Nyabuk Gunung Serahkan Policy Brief ke Dinas Pendidikan Magelang dan Sleman
    10/13/2025 - 07:34
  • Zine Therapy: Dari Seni Menjadi Terapi
    10/03/2025 - 10:53
  • Tim PKM-PM Pelita Aksara Pelangi Anak Dorong Pembentukan Karakter melalui Sastra
    10/03/2025 - 10:40
  • Mahasiswa Baru FBSB UNY Dibekali Materi Pencegahan Kekerasan Seksual dalam Studium General
    10/02/2025 - 13:27
  • Kongres AP2SENI Jadi Titik Balik Digitalisasi Pendidikan Seni, Drama, Tari, dan Musik
    09/15/2025 - 10:13
  • Guest Lecture Departemen Pendidikan Seni Rupa FBSB UNY di UiTM Shah Alam: Menggabungkan Tradisi Batik dengan Inovasi Digital
    07/21/2025 - 09:58

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekutif Mahasiswa FBSB UNY
  • Student Organization of FBSB

Bagian dan Sub Bagian

  • Layanan Administrasi
  • Layanan Pendidikan
  • Unit Penjaminan Mutu FBS
  • Unit Layanan Keuangan dan Akuntansi
  • Layanan Umum Kepegawaian dan Perlengkapan
  • Layanan Kemahasiswaan dan Alumni
  • Unit Kerjasama dan Humas
  • Unit Kinarya Kuningan

Kontak Kami

Alamat: Jalan Colombo No 1, Yogyakarta 55281,
Telepon (0274) 550843, (0274) 546719, Fax (0274) 548207
Website: http://fbsb.uny.ac.id
Email: fbsb@uny.ac.id;
humas_fbsb@uny.ac.id;

Googlemap


 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY