Memberdayakan Ibu Rumah Tangga dengan Melatih Ketrampilan untuk Menyokong keuangan Keluarga

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBSB UNY

Sabtu (16/09/2022), tim Pengabdian pada Masyarakat Program Studi Pendidikan Seni Rupa FBS UNY meluncurkan program pelatihan ketrampilan bagi ibu rumah tangga di Perumahan Tirta Buana, Yogyakarta. Acara ini bertujuan untuk memberdayakan para ibu rumah tangga agar dapat meningkatkan pendapatan keluarga mereka melalui ketrampilan seni rupa, sambil juga menciptakan kesadaran akan pentingnya pengelolaan limbah.

Tim pelatihan ini terdiri atas para pakar di bidangnya, termasuk Dr. Hajar Pamadhi, M.A(Hons), Drs. Mardiyatmo, M.Pd., Dwi Retno Sri Ambarwati, M.Sn., Eni Puji Astuti, M.Sn., dan Arsianti Latifah, S.Pd., M.Sn. Mereka juga mengundang narasumber praktisi ahli, Mbak Kristianti Wulansari, yang berkompeten dalam pemanfaatan limbah botol bekas dan kain perca.

Para peserta antusias mengikuti pelatihan dengan semangat tinggi. Selain mempelajari ketrampilan baru, mereka juga belajar cara mendaur ulang limbah botol bekas dan kain perca untuk menciptakan berbagai karya seni, seperti boneka lucu dan makanan dari perca.

"Program ini tidak hanya memberikan ketrampilan baru kepada ibu rumah tangga, tetapi juga memberikan dampak positif pada lingkungan dengan memanfaatkan limbah secara kreatif," ungkap Dr. Hajar Pamadhi, salah satu anggota tim pengabdian pada masyarakat.

Dalam sambutannya, Drs. Mardiyatmo, M.Pd., menyampaikan harapannya agar para peserta dapat menularkan ketrampilan yang mereka peroleh pada ibu-ibu lain di sekitar mereka, menciptakan lingkungan yang lebih produktif dan berkelanjutan.

Program ini merupakan langkah nyata dalam memberdayakan masyarakat melalui seni rupa, sambil juga mendukung upaya pelestarian lingkungan. Semoga inisiatif positif ini dapat menjadi inspirasi bagi komunitas lainnya untuk turut berkontribusi dalam pengembangan masyarakat yang berkelanjutan. (dwiretnosa)

Regenerate