Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password
Home

Main navigation

  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah Singkat
    • Visi Misi
    • Pimpinan FBSB
    • Fasilitas
    • Dosen
      • Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
      • Dosen Pendidikan Bahasa Jerman
      • Dosen Pendidikan Bahasa Perancis
      • Dosen Pendidikan Bahasa Daerah
      • Dosen Pendidikan Seni Rupa
      • Dosen Pendidikan Musik
      • Dosen Pendidikan Seni Tari
    • Video Profil
  • Departemen
    • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Program Studi Sastra Indonesia
      • S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
    • Pendidikan Seni Rupa
      • Prodi Pendidikan Kriya
      • Prodi Pendidikan Seni Rupa
      • Desain Komunikasi Visual
    • Pendidikan Bahasa Inggris
      • Sastra Inggris
      • S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
      • S-3 Pendidikan Bahasa Inggris
      • S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
    • Pendidikan Bahasa Jerman
    • Pendidikan Bahasa Perancis
    • Pendidikan Bahasa Daerah
      • S-1 Pendidikan Bahasa Jawa
      • S-2 Pendidikan Bahasa Jawa
      • S-3 Bahasa, Sastra, dan Budaya Daerah
    • Pendidikan Seni Musik
    • Pendidikan Seni Tari
    • S-2 Linguistik Terapan
    • S-2 Pendidikan Seni
    • S-3 Ilmu Pendidikan Bahasa
    • S-3 Pendidikan Seni
  • Akademik
    • Admisi (Penerimaan Mahasiswa Baru)
    • Akreditasi
    • Integritas Akademik
    • Kalender Akademik
    • Peraturan Akademik
    • Rencana Pembelajaran Semester
  • Mahasiswa dan Alumni
    • Mahasiswa
      • E-Learning BeSmart
      • Informasi UKT/SPP
      • Pelaporan Prestasi dan Kegiatan
      • Portal Layanan (EService)
      • Registrasi
      • Siakad
      • E-Library
      • Daftar Layanan
    • Alumni
      • Karir
      • Portal Alumni
      • Tracer Study
  • Kerja Sama
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • Biaya Kelembagaan
  • Publikasi
    • Jurnal
      • LITERA: Jurnal Penelitian, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
      • LingTera : Jurnal Linguistik Terapan
      • DIKSI
      • IMAJI: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni
      • Lingua Pedagogia
      • SUNGGING: Jurnal Seni Rupa, Kriya, Desain, dan Pembelajarannya
      • KEJAWEN: Jurnal Kebudayaan Jawa
      • Literature & Literacy
    • Prosiding Seminar
    • Penelitian Dosen
    • Riset Grup
    • Hak Kekayaan Intelektual (HaKI)
    • Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM)
    • Publikasi Dosen
    • Publikasi Mahasiswa
    • Dokumen Lain
      • Pedoman PKM Artikel Ilmiah
      • Pedoman PKM Gagasan Futuristik Tertulis
      • Pedoman PKM Karya Inovatif 2023
      • Pedoman PKM Penerapan IPTEK
      • Pedoman PKM Pengabdian Kepada Masyarakat 2023
      • Pedoman PKM Riset Eksakta
      • Pedoman PKM Riset Sosial Humaniora
      • Pedoman PKM Video Gagasan Kreatif
      • Pedoman PKM-K 2023
      • Pedoman PKM-KC 2023
      • Pedoman Umum PKM 2023
    • Prestasi Mahasiswa
  • Penjaminan Mutu
    • Kompensasi Pelayanan
    • Maklumat Pelayanan
    • Dokumen
      • Panduan Operasional Baku (POB)
    • Survey Online
      • Monitoring dan Evaluasi Proses Belajar Mengajar
      • Survey Kepuasaan Mahasiswa
      • Survey Kepuasan Dosen
      • Survey Kepuasaan Alumni
      • Survey Kepuasan Pengguna Lulusan
      • Survey Pengguna Gedung di FBSB
      • Formulir Saran/Kritik/Keluhan
    • Zona Integritas
      • P2-Penataan Tatalaksana
      • P3-Penataan Sistem Manajemen SDM
      • P4-Penguatan Akuntabilitas
      • P5-Penguatan Pengaasan
      • P6-Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
      • P1 - Manajemen Perubahan
  • Unit Usaha
    • Profil
      • Latar Belakang
      • Visi dan Misi
      • Cakupan Bidang
    • Layanan
      • Gedung
      • Produk
      • Sekolah Laboratorium
  • Fasilitas
    • Video Fasilitas
      • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
      • Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa
    • Lisensi Office 365, Windows 10, Zoom
    • Jaringan Wifi (Eduroam)
  • Student Achievement

Breadcrumb

  • Home
  • Kebijakan Dekan dalam RKPT FBS UNY 2014

Kebijakan Dekan dalam RKPT FBS UNY 2014

By admin | 1:03 PM WIB, Wed January 22, 2014

Selasa 21 Januari 2014, Prof. Dr. Zamzani, M.Pd. (Dekan FBS), menyampaikan garis besar kebijakan dalam penyusunan RKPT di lingkungan FBS UNY. Bertempat di Ruang Seminar Gedung Kuliah I lantai II itu, Prof. Zamzani juga memaparkan arah gerak pembangunan FBS bidang Tridharma Perguruan Tinggi, Sarana dan Prasarana, serta Kemahasiswaan secara takzim dihadapan jajaran birokrasi FBS: Senat hingga Kajur/Kaprodi.
Dalam kesempatan itu, Prof. Dr. Zamzani menuturkan ihwal program pengembangan fakultas yang terdokumen dalam renstra, RKT dan RKPT fakultas dipayungi visi dan misi fakultas yang diturunkan dari visi dan misi universitas. Ia juga menambahkan, program pengembangan jurusan/ program studi dipayungi oleh visi dan misi jurusan/ program studi yang diturunkan dari visi dan misi fakultas. “Program unggulan yang dimiliki oleh setiap unit terus diupayakan peningkatan dan pengembangan dengan ditunjukan oleh adanya program yang terstruktur,” tambahnya.

Arah Pengembangan Tahun 2014
Universitas sebagai laboratorium keilmuan memiliki unsur pelaksana akademik yang menyelenggarakan kegiatan tridharma perguruan tinggi: pendidikan/ pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarkat. Dalam pelaksanaannya itu, diperlukan dukungan oleh lembaga yang ada di lingkungan fakultas beserta penunjang akademik seperti perpustakaan, laboratorium, dan sebagainya. “Akan tetapi, dalam pengembangannya, fakultas mesti mengacu pada pokok-pokok kebijakan dan program pengembangan universitas tahun 2014,” tutur Prof. Dr. Zamzani.

a.    Bidang Tridharma Perguruan Tinggi
Sebagai bidang yang bertanggungjawab atas terciptanya atmosfir akademik secara kondusif dan kualitas pendidikan serta pengajaran berkualitas, Bidang Tridharma Perguruan Tinggi perlu disokong oleh setiap elemen fakultas, termasuk penambahan serta penataan sarana dan prasarana. Selain itu, Bidang Tridharma Perguruan Tinggi berkomitmen besar atas upaya peningkatan kualitas penelitian dan kajian bidang bahasa, seni, serta pengajarannya, peningkatan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis keilmuan, serta penelitian dan kebutuhan masyarakat.
Selain itu, Prof. Dr. Zamzani mamaparkan ihwal arah prioritas pengembangan pendidikan dan pengajaran di antaranya:

  1. Mengembangkan sistem rekrutmen mahasiswa untuk mendapatkan intake yang berkualitas dengan tetap memerhatikan aspek pemerataan;
  2. Mengembangkan pelaksanaan program PPG yang telah ada guna penyiapan pengembangan PPG lain, sehingga tidak bernuansa proyek;
  3. Memadukan nilai-nilai agama dan kebangsaan dalam pembelajaran;
  4. Pengembangan PBM berbasis hasil riset IT;
  5. Menuntaskan pemantapan SIAKAD untuk peningkatan layanan akademik;
  6. Merintis dan melanjutkan pendirian Prodi sesuai potensi dan tuntutan masyarakat;
  7. Meningkatkan derajat akreditasi Prodi yang berkategori B dan memantapkan derajat akreditasi program studi yang telah mencapai A;
  8. Mengembangkan kurikulum dan sistem evaluasi yang relevan dengan tujuan lembaga dan tuntutan masyarakat;
  9. Memantapkan rekrutmen dosen, pembinaan, dan pengembangan karirnya;

b.    Bidang Sarana dan Prasarana
Selain pengadaan sarana dan prasarana yang sesuai dengan kebutuhan publik secara terrencana, kata Prof. Dr. Zamzani, perlu dilakukannya perawatan dan diberdayakan secara optimal untuk mendukung layanan dan kegiatan tridharma perguruan tinggi, serta diupayakan untuk ditingkatkan secara bertahap termasuk fasilitas pendukung akademik. “Pengembangan dan pemanfaatan sistem komunikasi kelembagaan berbasis IT hendaknya tetap menjamin fungsi dukungan pada tridharma,” tambahnya.
Prof. Dr. Zamzani mengungkapkan pula tentang pengembangan dan penataan kampus yang selama ini telah dilaksanakan secara bertahap perlu tetap mempertimbangkan aspek kebersihan, ketertiban, keamanan, keindahan, dan kenyamanan. “Semua aspek tersebut diharapkan dapat mendukung terciptanya atmosfir akademik yang kondusif bagi pencapaian kampus FBS UNY yang humanis, akademis, dan profesional,” tambahnya.

c.    Bidang Kemahasiswaan
Capaian prestasi oleh Ormawa (Organisasi Mahasiswa) BEM, DPM, UKMF, dan HIMA telah menunjukan kontribusi kepeduliannya terhadap bidang bahasa dan seni. Prof. Dr. Zamzani menuturkan pula ihwal upaya pengembangan bidang kemahasiswaan, di antaranya:

  1. Peningkatan pemberdayaan dan pendampingan mahasiswa dalam rangka meningkatkan prestasi mahasiswa, percepatan penyelesaian studi, dan soft skill mahasiswa;
  2. Pembinaan dan pengembangan serta optimalisasi aktivitas Ormawa sebagai wahana mengembangkan kreativitas, kepemimpinan, minat dan bakat mahasiswa, serta penegakan nilai-nilai moral, kepribadian, dan nilai kebangsaan;
  3. Peningkatan kesejahteraan mahasiswa dalam bentuk pemberian penghargaan kepada mahasiswa berprestasi terutama terkait dengan bidang akademik, misalnya melalui beasiswa dan student employment;
  4. Pemberian peluang mahasiswa (termasuk Ormawa) untuk dapat mengembangkan potensi dirinya melalui penyediaan program/kegiatan, sarana dan prasarana.

Sebagai penutup, Prof. Dr. Zamzani berharap bahwa, “Semua visi, misi, dan program pengembangan tidak dapat terlaksana tanpa adanya dukungan dan partisipasi aktif dari semua pihak. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman mengenai kebijakan dan program yang direncanakan oleh lembaga. Budaya kerja sinergis dari semua pihak terus dibina dan dikembangkan dalam rangka mendukung keterlaksanaan program yang telah dirancang bersama.” (Rony/ Humas FBS).
 

Berita Lain

  • Gelar Karya Mahasiswa FBSB UNY: Pamerkan Ratusan Karya Seni Rupa, Kriya dan DKV
    11/28/2025 - 08:39
  • Mahasiswa PBSI Unjuk Kreasi, Pamerkan Puluhan Karya Hasil Dari Alih Wahana
    11/27/2025 - 07:36
  • FBSB Sambut Visiting Professor dari Australia, Perkuat Kolaborasi Pendidikan Bahasa dan Literasi Global
    11/13/2025 - 11:23
  • FBSB Sambut Kedatangan Visiting Professor dari Italia, Prof. Emanuele Cardi
    11/12/2025 - 09:04
  • Pembinaan dan Pendampingan Zona Integritas Bersama LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta
    11/04/2025 - 13:18
  • Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris UNY Raih Medali Emas di Ajang International Student Summit 2025 di Malaysia
    10/31/2025 - 10:36
  • Pelatihan Augmented Reality (AR) Bertema Stilasi Flora dan Fauna di SMP Negeri 12 Yogyakarta: Inovasi Seni Rupa Berbasis Teknologi
    10/27/2025 - 17:28
  • FBSB UNY dan Universitas Pamulang Jalin Kerja Sama Akademik dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah
    10/21/2025 - 11:22
  • Dari Nilai Tradisional ke Dunia Digital: “Sangkan Paraning Dumadi” Ajak Gen-Z Mengenali Diri melalui Virtual Reality
    10/21/2025 - 09:27
  • Perkuat Kolaborasi: Kunjungan Fakultas Bahasa dan Seni UNIMED ke FBSB UNY
    10/14/2025 - 10:27

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekutif Mahasiswa FBSB UNY
  • Student Organization of FBSB

Bagian dan Sub Bagian

  • Layanan Administrasi
  • Layanan Pendidikan
  • Unit Penjaminan Mutu FBS
  • Unit Layanan Keuangan dan Akuntansi
  • Layanan Umum Kepegawaian dan Perlengkapan
  • Layanan Kemahasiswaan dan Alumni
  • Unit Kerjasama dan Humas
  • Unit Kinarya Kuningan

Kontak Kami

Alamat: Jalan Colombo No 1, Yogyakarta 55281,
Telepon (0274) 550843, (0274) 546719, Fax (0274) 548207
Website: http://fbsb.uny.ac.id
Email: fbsb@uny.ac.id;
humas_fbsb@uny.ac.id;

Googlemap


 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY