15 PROPOSAL PKM LOLOS SELEKSI

FBS-Karangmalang. Ajang pembuktian Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang terdiri atas empat bidang unggulan, PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-T (Teknologi), dan PKM-P (Penelitian) yang diadakan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DP2M) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional (DIKTI), dimulai dengan pengajuan proposal PKM pada bulan Oktober 2011 silam. Rencana pembuktian bergengsi tingkat nasional ini akan memperebutkan piala bergilir di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bulan Juni 2012 mendatang.

Mahasiswa yang memiliki minat untuk sampai pada titik puncak Program Kreativitas Mahasiswa di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) UMY harus mengikuti beberapa seleksi ketat yang diikuti seluruh mahasiswa dari seluruh Indonesia. Selama 3-5 bulan mahasiswa diberikan waktu untuk melaksanakan program, dimana setelah program mendekati akhir akan diadakan monitoring dan evaluasi dari universitas bersangkutan, selanjutnya secara langsung akan dimonitor langsung oleh pihak DIKTI untuk memantau perkembangan program, disini menjadi titik penentuan mahasiswa dapat melaju ke PIMNAS atau tidak.

Tahun ini Universitas Negeri Yogyakarta berhasil meningkatkan prestasi, dibuktikan dengan tahun lalu proposal yang didanai berjumlah 163 proposal sedangkan tahun ini meningkat menjadi 198 proposal. Fakultas Bahasa dan Seni tahun ini juga mengalami peningkatan dari 13 proposal yang lolos seleksi dan didanai menjadi 15 proposal, yang pada tanggal 1 Febuari 2012 di Gedung Kuliah 1 FBS telah mengikuti monitoring pertama yang diadakan Fakultas Bahasa dan Seni sebagai upaya peningkatan hasil PKM pra pelaksanaan kegiatan.

Dari 15 proposal yang lolos, diantaranya enam proposal PKM Kewirausahaan, tujuh proposal PKM Pengabdian Masyarakat, dan dua proposal PKM Penelitian. PKM yang didanai Dikti diharuskan untuk presentasi dihadapan reviewer untuk yang memberi masukan terkait program yang akan dilaksanakan. Reviewer diantaranya, Rachmat Nurcahyo, M.A, Ari Kusmiantun, M.Hum, Nunik Sugesti, M.Hum., dan Andy Bayu Nugroho, M.Hum.

Rachmat Nurcahyo, M.A. mengatakan, “Seluruh judul yang diajukan dan berhasil didanai semuanya layak untuk masuk PIMNAS, hanya perlu memperhatikan prosedur-prosedur yang harus dilakukan di setiap PKM karena bidang PKM satu dan yang lain berbeda dan memiliki karakter yang berbeda pula.” Dalam pidato penutupan Wakil Dekan III FBS Dra Kun Setyaning Astuti, M.Pd mengharapkan ke-15 proposal dari FBS dapat masuk dalam PIMNAS di UMY mendatang. Harapannya dengan terselenggaranya acara ini dapat membantu mahasiswa untuk melaksanakan program dengan kualitas sebaik-baiknya karena persaingan menuju PIMNAS sangat ketat. (Tica)