Wisuda Virtual FBS UNY, Sabtu, 15 Agustus 2020

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBS UNY

 

Repost dari Berita UNY

Akhirnya, akibat pandemi covid-19, penantian panjang untuk melaksanakan Upacara Wisuda periode keempat Tahun Akademik 2019/2020 yang seharusnya diselenggarakan pada tanggal 27 Juni 2020 terwujud hari ini, secara virtual (daring).

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaa, dan Kerja Sama, Drs. Setyo Budi Takarina, M.Pd. ketika ditemui disela-sela persiapan pelaksanaan wisuda mengatakan, “Demi keamanan dan keselamatan semuanya (warga UNY, panitia, peserta, maupun keluarga wisudawan), itulah mengapa kita memilih wisuda dilaksanakan secara daring atau virtual.” Pelaksanaan wisuda kali ini, “telah disediakan 9 host untuk zoom meeting yaitu di 7 Fakultas, 1 Pascasarjana, dan 1 Rektorat yang dilaksanakan di Auditorium UNY.”
Pada wisuda periode ini diwisuda sebanyak 810 orang dengan rincian: 8 orang Doktor (S3), 112 orang Magister (S2), 609 orang Sarjana (S1), dan 81 orang Diploma (D3). Sebaran menurut fakultas/PPs: PPs sebanyak 120 orang, FIP sebanyak 116 orang, FBS sebanyak 57  orang, FMIPA sebanyak 65 orang, FIS sebanyak 60 orang, FT sebanyak 122 orang, FIK sebanyak 144 orang, dan FE sebanyak 126 orang. Sebanyak 500 orang (61,7%) meraih  summa cum laude (dengan pujian tertinggi) dan cum laude (dengan pujian). Predikat summa cum laude ada 1 orang dari Program Magister, cum laude sebanyak 499 terdiri dari: S2 sebanyak 67 orang, S1 sebanyak 379 orang, dan D3 sebanyak 53 orang.

Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan, “Wisuda periode Juni 2020 yang dilaksanakan hari ini Sabtu, 15 Agustus 2020 berada di bulan yang istimewa bagi perjuangan bangsa kita Republik Indonesia. Dua hari lagi kita akan memperingati Kemerdekaan Negara kita Republik Indonesia yang ke-75.,”

“Perjuangan meraih kemerdekaan negara kita saat itu, marilah kita gunakan untuk menyemangati perjuangan kita dalam menghadapi pandemi covid-19 yang sampai saat ini tingkat penyebarannya masih tinggi. Tema peringatan Kemerdekaan Negara kita tahun ini adalah “Indonesia Maju”, tema ini merupakan simbolisasi dari Indonesia yang mampu memperkokoh kedaulatan, persatuan, dan kesatuan,” tambah Sutrisna.

Sutrisna dalam menutup sambutannya berpesan,” Hari ini secara resmi Saudara semua memiliki gelar baru yang disematkan pada nama Saudara. Namun, sebanyak apapun gelar yang kini telah Saudara miliki, jangan lupa berterimakasih kepada orang-orang yang selama ini mendukung dalam meraih gelar tersebut.” (Sud).

Pelaksanaan Upacara Wisuda di FBS UNY dilaksanakan di Ruang Seminar Lantai 3 Gedung Layanan Akademik (PLA), diikuti oleh Dekanat dan para Kaprodi di seluruh lingkungan FBS UNY, dan berlangsung dengan lancar.(drsa)