Yudisium Mahasiswa Transfer Kredit BIPA asal Tiongkok

Keterangan Sumber Foto: 
Dokumentasi Humas FBSB UNY

Rabu, 22 Mei 2024 Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya meluluskan sebanyak 35 mahasiswa Tiongkok yang menjalani Studi Bahasa Indonesia di FBSB UNY melalui program transfer kredit. 17 mahasiswa dari Yunnan Minzu University, 8 mahasiswa dari Beijing Language and Culture University, dan 10 mahasiswa dari QJNU. Mahasiswa tersebut telah melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) selama kurang lebih satu tahun.

Kegiatan tersebut berlangsung dari pagi hingga siang di Gd. M. Yamin (PLA), lt. 3. Prosesi yudisium mahasiswa transfer kredit tersebut diurutkan dari masing-masing universitas asal mereka. Dekan FBSB dalam hal ini diwakili oleh Wakil Dekan Bidang PKUSD dan Wakil Dekan Bidang RKSIU membagikan hasil belajar mereka serta cinderamata khas tanda tamat belajar. Selanjutnya, diumumkan juga mahasiswa terbaik, teraktif dan teramah sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja keras mereka.

Program BIPA di FBSB UNY telah berjalan sejak lama, kegiatan ini juga merupakan upaya mendukung program pemerintah dalam mengenal Bahasa Indonesia ke luar negeri agar jangkauan pengguna dan penutur Bahasa Indonesia semakin luas.

Wakil Dekan Bidan RKSIU menyampaikan harapannya kepada mahasiswa yang baru saja merayakan kelulusannya ini bisa mempromosikan program BIPA UNY serta mengajak teman-teman mereka dari negara asal untuk ikut serta mengikuti kelas-kelas BIPA di masa yang akan datang. (SE)