Pengumuman Juara Sayembara Desain Motif Batik FBS UNY 2016

FBS-Karangmalang. Sayembara desain motif batik mahasiswa FBS UNY 2016 dalam rangka memperingati Dies Natalis FBS UNY ke-53 dan Dies Natalis UNY ke-52 telah berakhir pada Senin (2/5) lalu. Penjurian dilaksanakan di Ruang Rapat Dekan FBS UNY Gedung PLA lantai 2 pada Selasa (3/5) pukul 13.00 WIB. Penilaian dan pemilihan juara diberikan oleh Dekan FBS UNY, Dr. Widyastuti Purbani, M.A., Dosen Pendidikan Kriya, Dr. I Ketut Sunarya, M.Sn., dan Ismadi, S.Pd., M.A. sebagai para juri yang berkompeten.

Kriteria penilaian dilihat dari karya desain motif batik yang haruslah memuat makna simbolis; keharmonisan judul, ide, dan motif; kreatifitas motif; komposisi warna; proses pembuatan dan pewarnaan. Total karya yang masuk sejumlah 69 buah karya yang didominasi oleh mahasiswa Pendidikan Kriya dan Pendidikan Seni Rupa. Ada pula perwakilan dari Pendidikan Bahasa Jawa dan Pendidikan Bahasa Jerman.

Berdasarkan hasil penjurian yang dilakukan siang itu menghasilkan para juara sayembara desain motif batik FBS UNY sebagai berikut:

  1. Juara I: Ashifa Khonita (Mahasiswa Pendidikan Kriya 2015), dengan judul karya “Jagad ing FBS”.
  2. Juara II: Mei Mardani (Mahasiswa Pendidikan Kriya 2013), dengan judul karya “Dalam Lingkar Bahasa dan Seni”.
  3. Juara III: Rojali Said (Mahasiswa Pendidikan Kriya 2012), dengan judul karya “Harmoni Kampus Ungu”.
  4. Juara Harapan I: Mala Kurniasari.
  5. Juara Harapan II: Siti Agustina, dengan judul “FBS UNY Makmur”.
  6. Juara Harapan III: Sumarni Alisha Aprilia, dengan judul “Keistimewaan FBS”.

Keenam juara berhak mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan sesuai dengan yang telah ditentukan, juara I sebesar Rp 3.000.000,-, juara II sebesar Rp 2.000.000,-, jaura III sebesar Rp 1.000.000,-, juara harapan I sebesar Rp 500.000,-, juara harapan II sebesar Rp 400.000,-, dan jaura harapan III sebesar Rp 300.000,-.

Dekan FBS UNY mengaku bangga terhadap hasil karya para mahasiswa yang sangat indah dan telah memiliki nilai jual yang tinggi. Sebagai bentuk apresiasi FBS UNY kepada para mahasiswa yang telah berpartisipasi pada sayembara kali ini, maka karya-karya yang terkumpul akan dipajang dan dimanfaatkan sebagai bahan pameran hasil karya mahasiswa. Karya desain batik juara I akan digunakan sebagai bahan seragam batik dosen dan karyawan FBS UNY.

Selamat bagi para juara untuk mengklaim hadiah, pihak Unit Kerjasama dan Humas FBS UNY akan menghubungi para pemenang untuk proses selanjutnya. Terima kasih kami sampaikan bagi seluruh mahasiswa yang telah bersedia berpartisipasi pada sayembara desain motif batik mahasiswa FBS UNY tahun 2016 ini. Salam budaya! (anjarrh)