Pelatihan MC Bagi Staf dan Perwakilan Ormawa FBS UNY

FBS-Karangmalang. Master of Ceremonies (MC) atau biasa disebut sebagai pembawa acara adalah orang yang bertanggung jawab membuka, memandu, dan menutup acara. Peranan seorang MC tidaklah ringan karena sangat berpengaruh pada kelangsungan acara yang diselenggarakan. Menjadi MC profesional membutuhkan jam terbang yang tinggi dan tentu saja harus siap secara materi dan mental. Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNY pada Jumat (22/04) ini menyelenggarakan workshop menjadi MC di Ruang Seminar Gedung PLA lantai 3. Workshop MC-ing ini merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-53 FBS UNY. Sekitar 20 orang perwakilan karyawan dan pengurus ormawa di FBS UNY diundang untuk menghadiri workshop ini.

Ibu Ella Wulandari, MA., dosen Pendidikan Bahasa Inggris FBS membuka acara secara resmi pada pukul 08.30 WIB yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan pembahasan materi “Menjadi MC yang Baik” oleh Ibu Nunik Sugesti, M.Hum., dosen Pendidikan Bahasa Inggris FBS. Beliau memaparkan syarat-syarat penting menjadi MC, tugas pokok dan hal-hal yang perlu disiapkan/diperhatikan sebelum/selama bertugas sebagai MC.

Materi ke dua dipaparkan oleh Ibu Ella Wulandari, MA. yang membahas dua faktor utama keberhasilan seorang MC yaitu faktor kebahasaan seperti lafal, tekanan kata, jeda, intonasi, enunsiasi, dan penggunaan kalimat efektif; serta faktor non kebahasaan seperti sikap, tampil mengesankan, improvisasi, memiliki suara yang enak didengar, dan tidak emosional.

Pada materi ke tiga, Ibu Nury Supriyanti, MA., dosen Pendidikan Bahasa Inggris membahas materi MC dalam versi bahasa inggris. Peserta workshop diminta untuk mempraktekkan hasil pelatihan langsung. Workshop MC-ing diakhiri pada pukul 11.30 WIB dengan penilaian sederhana dari hasil praktek peserta workshop. (anjarrh)