PBI FBS UNY KEDATANGAN TAMU KKL MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI BANYUWANGI

FBS-Karangmalang. Selasa (23/ 2/ 2016), Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNY menerima KKL mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Banyuwangi. Acara penyambutan dilaksanakan di gedung PLA lantai 3 FBS UNY. Penyambutan dihadiri oleh kepala jurusan, Sukarno, M.hum dan beberapa dosen yaitu Drs. Suharso, M.pd, Siti Sudartini, M.A., Ella Wulandari, M.A. Sajian awal pada acara tersebut yaitu pemutaran video tentang profil FBS. Selanjutnya, acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Jurusan PBI UNY,  Sukarno, M.Hum. Dalam sambutannya, Beliau mengucapkan selamat datang dan menjelaskan profil prodi PBI UNY secara singkat, seperti fasilitas, tenaga pendidik, dan program kerja jurusan.  Beliau juga mempersilahkan mahasiswa KKL untuk mengunjungi beberap fasilitas untuk pembelajaran bahasa seperti Self Access Learning Center (SALC) dan Laboratorium Bahasa. Bahkan, Beliau juga memberi pengarahan mengenai program KKN-PPL bagi mahasiswa prodi pendidikan semester 6 tersebut agar mempersiapkan diri dan belajar lebih giat sebelum mengikuti program KKN-PPL. Dalam mengakhiri sambutannya, Beliau menyerukan jargon FBS yaitu akademis, humanis, dan profesional.

Bagi mahasiswa KKL, acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh dosen PBI UNY, Drs. Suharso, M.Pd. Topik bahasan pada presentasi beliau yaitu “Pembelajaran Bahasa Menggunakan Metode Saintifik”. Sebagai permulaan presentasi, Beliau bertanya pada mahasiswa seberapa paham mereka mengenai Silabus, Kurikulum (KTSP dan K13), serta Peraturan Pemerintah yang menjadi acuan dalam pengajaran. Mahasiswa dituntut untuk paham akan keduanya karena kenyataannya keduanya masih digunakan di sekolah- sekolah. Selain kurikulum, para mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris ini juga harus paham mengenai beberapa metode pembelajaran bahasa sebagai bekal mereka dalam praktek mengajar dan kelak saat mereka menjadi guru Bahasa Inggris. Mereka sangat antusias dalam memperhatikan materi yang diajarkan dan bahkan beberapa dari mereka berusaha aktif menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pemateri dan sebagian dari mereka menyimak sambil mencatat poin penting dari pemateri. (Puteri Sekar W.)