Menghabiskan Akhir Pekan Sambil Belajar

FBS-Karangmalang. Selepas 16 pertemuan pelatihan pemanduan wisata yang telah dilaksanakan di dalam kelas, para perserta mengikuti pelatihan di Candi Prambanan dan Candi Borobudur pada hari sabtu (27/2).

Acara ini diselenggarakan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis, FBS, UNY yang bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNY. Selama pelatihan di ruang kelas, para peserta — mahasiswa angkatan 2013 Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis — dilatih oleh dosen pengajar yang berkompeten di bidang pemanduan wisata. Selain dibekali dengan pengetahuan tentang percandian yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur, mereka juga diberi pengetahuan tentang profesionalisme pemandu wisata.

Pelatihan yang dilakukan di dalam kelas belumlah cukup memadai, untuk itu diperlukan kunjungan lapangan. Para peserta diberikan penjelasan mengenai cara memandu wisatawan di lokasi wisata, dalam hal ini Candi Pramdanan dan Candi Borobudur. Mereka belajar tentang kiat-kiat yang harus dilakukan oleh pemandu selama kunjungan seperti bagaiman membaca sebuah relief kemudian mengembangkan informasi yang berkaitan dengan arsitekturial candi.

Pelatihan ini pada dasarnya dilakukan agar mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis memiliki pengetahuan maupun ketrampilan pemandu wisata berbahasa Prancis selain menjadi guru. (Riri)