Lokakarya Audio Engineering, Bekal Penting bagi Musisi maupun Akademisi Musik

FBS-Karangmalang. Bunyi merupakan mekanisme yang unik karena suatu bunyi dapat diolah sedemikian rupa agar menghasilkan berbagai macam bentuk juga. Bunyi juga dapat berubah kualitasnya jika melalui proses tertentu, misalnya bunyi yang diproses melalui media elektronik baik itu merupakan mekanisme analog maupun digital. Dalam kesempatan kali ini Gatot Danar Sulistiyanto, seorang komponis muda dan music engineer dari Yogyakarta mencoba membagi ilmunya dalam kegiatan workshop atau lokakarya audio enginering yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 10-11 Oktober 2016 bertempat di Laboratorium Karawitan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Acara yang dolaksanakan pukul 13.00 WIB tersebut merupakan rangkaian acara menuju Festival Musik Kontemporer “October Meeting” yang akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 Oktober 2016.

Lokakarya ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta.  Kegiatan ini berfokus kepada penataan panggung sampai penataan audio yang biasa terjadi pada sebuah pementasan musik baik secara outdoor maupun indoor. Gatot Danar mencoba menjelaskan konsep audio engineering dengan menganalogikan mekanisme proses audio engineering dengan mekanisme yang ada pada tubuh manusia. Dengan kata lain, ide yang ada pada konsep dasar audio engineering dapat dipahami melalui mekanisme proses pada tubuh manusia. Pada prakteknya memang audio engineering tidak terlalu kaku seperti yang ada pada teori, Gatot Danar berusaha menjelaskan konsep tersebut dengan cara mengupas musik secara ilmiah dengan menghubungkan ilmu musik dan fisika.

Pada akhir lokakarya tersebut Gatot Danar selaku pemberi materi memberikan kesempatan kepada para peserta untuk menuliskan minatnya terhadap audio enggineering, apakah itu tentang penataan mic saat recording, rooting iinstrumen, amplifikasi dan hal lain yang berhubungan dengan kegiatan audio engineering. Kemudian dari beberapa nama yang telah menuliskan minatnya akan dipilih secara acak dan yang beruntung akan diberi kesempatan untuk ikut dalam penataan panggung serta melakukan kegiatan audio engineering dalam acara pementasan festival musik kontemporer bertajuk October Meeting dari Art Music Today yang akan berlangsung Jumat-Minggu ini. (YP Fahmy)