KONFERENSI INTERNASIONAL KESUSASTRAAN XXV KERJASAMA RUMPUN SASTRA FBS UNY, HISKI UNY, DAN HISKI PUSAT (CALL FOR PAPERS)

FBS-Karangmalang. Rumpun Sastra Fakultas Bahasa dan Seni  Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) bekerja sama dengan Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia (HIKSI) Komisariat UNY dan HISKI Pusat, akan menyelenggarakan Konferensi Internasional Kesusastraan (KIK) XXV. KIK merupakan salah satu forum ilmiah kesusastraan yang mampu bertahan sampai dengan penyelenggaraan yang ke-25 pada tahun ini. Kegiatan akan dilangsungkan tanggal 13-15 Oktober 2016 dengan tema “Dari Sastra Untuk Bumi”. Tema ini diambil sebagai bentuk respon kegelisahan masyarakat sastra terhadap maraknya kerusakan lingkungan. Sastra selalu terlibat dengan alam dan lingkungan dengan pendekatan kreatif dan estetiknya yang juga mampu menyuguhkan pandangan kritis tentang alam dan lingkungan.

Konferensi ini direncanakan akan mendatangkan pembicara utama yang masih dalam konfirmasi, yaitu: Susi Pudjiastuti (Menteri Perikanan dan Kelautan) dan KH. Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus). Sedangkan pembicara utama yang sudah menyatakan akan hadir yaitu: Prof. Antonia Soriente (Università degli studi di Napoli “L’Orientale”), Moon Chung Hee, (South Korean Poet, Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum.(Kepala Badan Bahasa), Dra. Naning Pranoto, M.A. (Sastrawan dan Penggiat Sastra Hijau Raya Kultura), dan Prof. Dr. Suminto A. Sayuti (Penulis, budayawan, sastrawan).

Selain pemakalah utama di atas, panitia juga mengundang para anggota HISKI, pemerhati sastra, pengajar sastra, dan masyarakat umum dari dalam dan luar negeri untuk berperan aktif sebagai pemakalah pendamping sesuai dengan tema dan sub-sub tema yang telah ditentukan. Sub-sub tema yang ditawarkan bagi para pemakalah pendamping yaitu:

  1. Pendidikan Lingkungan Melalui Sastra
  2. Representasi Kerusakan Lingkungan dalam Sastra
  3. Sastra, Kekuasaan, dan Lingkungan
  4. Kebijakan Bahasa dan Sastra dalam Mendukung Penyelamatan Lingkungan
  5. Membangun Masyarakat Literet melalui Sastra Hijau
  6. Sastra dan Ekofeminisme
  7. Pembelajaran Sastra Berbasis Lingkungan
  8. Sastra Hijau dalam Berbagai Media (Film, Kartun, Seni Pertunjukan, Musik, dan lain-lain)

Penentuan pemakalah pendamping diseleksi berdasarkan abstrak yang dikirim kepada panitia. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia DAN Bahasa Inggris. Abstrak paling banyak 250 kata dan dikirim melalui surel: hiskiyogyakarta2016@gmail.com paling lambat 1 Juni 2016. Berikut ini tanggal-tanggal penting seputar KIK XXV.

1 Juni 2016

Batas akhir pengiriman abstrak

10 Juni 2016

Pengumuman hasil seleksi abstrak

1 Agustus 2016

Batas pengiriman makalah lengkap dan pembayaran kontribusi pemakalah.

13 September 2016

Batas pendaftaran peserta

13-15 Oktober 2016

Pelaksanaan KIK XXV

16 Oktober 2016

Ekowisata ke tempat-tempat wisata alam di Yogyakarta (Gua Pindul, Air terjun Sri Gethuk, pantai)

Keterangan lengkap mengenai KIK XXV dapat dilihat dalam brosur kegiatan. (VIE)