FGD PENYUSUNAN RENSTRA FBS UNY

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBS UNY

Kamis (17/11/2020) FBS UNY menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan topik: Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) FBS UNY bertempat di Grand Inna Malioboro Hotel Convention & Business dengan Narasumber Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. (Ketua LPMPP UNS) dan Prof. Dr. Suminto A. Sayuti (FBS UNY)

.Dalam sambutan saat membuka kegiatan, Dekan Dr. Sri Harti Widyastuti, M.Hum.menyampaikan bahwa Renstra adalah kekuatan yang harus dipatuhi, yang dibuat berdasarkan Renstra UNY, OTK, Statuta, RKPT UNY, dan Pedoman Akademik RKPT di Fakultas. Renstra yang hari ini akan dihasilkan meski masih berupa draft akan membantu memberikan gambaran yang jelas saat menyusun RKPT. Ke depan diharapkan Renstra juga diwarnai dengan perubahan-perubahan yang terjadi, seperti perubahan latar sosial, kebijakan pemerintah dengan adanya target kinerja utama, Kampus Merdeka, dan Revolusi Industri 4,0

.Wakil Dekan 1 Dr. Maman Suryaman, M. Pd., dalam pengantarnya menyampaikan bahwa FBS sudah berusaha mengadaptasi Renstra 2020-2024 tapi adaptasinya masih dalam kondisi darurat, belum mempertimbangkan isu-isu yang berkembang, mulai dari munculnya Permendikbud no 4 th 2020 (perubahan menjadi PTNBH) juga lahirnya Kepmendikbud 754/P/2020 tentang Indikator Kinerja Utama juga belum menjadi isu yang diadaptasi dalam Renstra yang disusun. Visi FBS UNY juga telah habis tahun 2019. Apakah 2020-2024 apakah akan sama, unggul di Asia Teggara, kalau hanya sama berarti tidak ada progress yang efektif, harus naik kelas ke tingkat ASIA. Visi diharapkan juga menjadi hal yang diidikusikan.

Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. menyampaikan materi tentang “Urgensi dan Strategi Penyusunan Renstra FBS UNY”. Pada prinsipnya semua organisasi (termasuk Perguruan Tinggi dan Fakultas) dituntut untuk mampu mengembangkan tata kelola yang baik (Good Governance) melalui organisasi yang sehat (healthy organization).Tata Kelola yang baik menjadi prasyarat untuk menyelenggarakan Tri Dharma PT secara efisien dan berdaya saing agar memiliki reputasi unggul.Meskipun PT dengan pola pengelolaan keuangan BLU memiliki keluwesan dalam mengelola sumber daya, PT dituntut bertanggungjawab dengan menngedepankan efisiensi dan produkstifitas. Budaya mutu yang sehat dan kuat;, tidak dituntutpun akan melakukan yang terbaik.

Prof. Dr. Suminto A. Sayuti dalam paparannya menyampaikan bahwa pembuatan Renstra Fakultas harus berbasis pada Renstra Universitas. Dalam mencapai tujuan harus berdasarkan fungsi-fungsi tertentu, semuanya berintegrasi dan bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. Ki Ageng Surya Mataram dapat dijadikan sebagai contoh dalam mengajarkan kepemimpinan yang fleksible (mulur mungkret, digelar digulung),, sesuai dengan slogan FBS sebagai kampus yang Akademis, Humanis dan Profesional.

Acara dilanjutkan dengan kerja kelompok untuk mencermati draft Renstra FBS UNY 2020-2024 dan memberi masukan apabila masih ada yang perlu diperbaiki dan ditambah, kemudian melaporkan hasilnya. (drsa)