Dosen dan Mahasiswa Jepang Belajar Budaya Indonesia

FBS KARANGMALANG – Dosen dan mahasiswa Aichi University of Education (AUE) Jepang mengadakan kunjungan studi dalam rangka program sit-in di Universitas Negeri Yogyakarta pada 13-16 Maret 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk tukar-menukar informasi tentang kebudayaan di Indonesia dan Jepang. Selain itu, program ini sekaligus dimaksudkan untuk studi banding perihal sistem pendidikan di Indonesia. Kerjasama antara UNY dan AUE telah berjalan sejak 2009 melalui penandatanganan MoU. Kesepakatan kerjasama tersebut dilanjutkan dengan pelaksanaan pertukaran mahasiswa sejak 2012.

Pada Selasa (14/3/2017) tujuh orang mahasiswa dan tiga orang dosen Aichi University of Education (AUE) Jepang mengikuti Campus Tour, dengan mengunjungi Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Mereka berkesempatan mengikuti “Workshop Batik” di Gedung Kuliah IV Fakultas Bahasa dan Seni UNY. Dengan dipandu dosen Prodi Seni Kriya FBS UNY, Ismadi, M.A. dan Dedy S, S.Pd., selama dua jam para dosen dan mahasiswa dari Jepang tersebut antusias belajar membatik. Jika selama ini mereka mengenal batik, yang oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009, telah jadi, saat mengikuti workshop para peserta merasakan sendiri kerumitan membatik.

Kunjungan dilanjutkan ke kelas Karawitan untuk belajar menabuh gamelan Jawa di Laboratorium karawitan. Pelajaran menabuh gamelan dibimbing oleh dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jawa, Supriyadi Hasto Nugroho, M.Sn. Pada sesi ini utusan dari Jepang tersebut terlihat sangat antusias. Mereka berlatih dan berusaha meresapi keselarasan hidup sebagaimana menjadi bagian prinsip hidup masyarakat Jawa.

Setelah mengikuti Campus Tour, program pada hari berikutnya (Rabu, 15/3/2017) adalah berdarmawisata mengunjungi Candi Borobudur. Candi yang terletak di 40 Km Barat Laut Yogyakarta itu menjadi salah satu tujuan yang dinanti peserta. Setelah mengunjungi Borobudur, peserta mengikuti kunjungan ke Jalan Malioboro, Yogyakarta, sebelum esok harinya (Kamis, 16/3/2017) seluruh peserta mengikuti program School Visit ke SD Percobaan 2 Yogyakarta dan ke Keraton Yogyakarta. Diharapkan program kerjasama ini menjalin hubungan kebudayaan Indonesia-Jepang yang lebih kokoh. "Tentu saja kegiatan singkat ini hanya merupakan awal  dari kegiatan yang lebih intensif, misalnya students exchange dan atau transfer credits," harap Prof. Kazuhiro Doki, Ph.D., selaku yang memimpin rombongan dari Aichi University of Education (AUE) Jepang. [HumasFBS]