Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password
Home

Main navigation

  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah Singkat
    • Visi Misi
    • Pimpinan FBSB
    • Fasilitas
    • Dosen
      • Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
      • Dosen Pendidikan Bahasa Jerman
      • Dosen Pendidikan Bahasa Perancis
      • Dosen Pendidikan Bahasa Daerah
      • Dosen Pendidikan Seni Rupa
      • Dosen Pendidikan Musik
      • Dosen Pendidikan Seni Tari
    • Video Profil
  • Departemen
    • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Program Studi Sastra Indonesia
      • S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
    • Pendidikan Seni Rupa
      • Prodi Pendidikan Kriya
      • Prodi Pendidikan Seni Rupa
      • Desain Komunikasi Visual
    • Pendidikan Bahasa Inggris
      • Sastra Inggris
      • S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
      • S-3 Pendidikan Bahasa Inggris
      • S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
    • Pendidikan Bahasa Jerman
    • Pendidikan Bahasa Perancis
    • Pendidikan Bahasa Daerah
      • S-1 Pendidikan Bahasa Jawa
      • S-2 Pendidikan Bahasa Jawa
      • S-3 Bahasa, Sastra, dan Budaya Daerah
    • Pendidikan Seni Musik
    • Pendidikan Seni Tari
    • S-2 Linguistik Terapan
    • S-2 Pendidikan Seni
    • S-3 Ilmu Pendidikan Bahasa
    • S-3 Pendidikan Seni
  • Akademik
    • Admisi (Penerimaan Mahasiswa Baru)
    • Akreditasi
    • Integritas Akademik
    • Kalender Akademik
    • Peraturan Akademik
    • Rencana Pembelajaran Semester
  • Mahasiswa dan Alumni
    • Mahasiswa
      • E-Learning BeSmart
      • Informasi UKT/SPP
      • Pelaporan Prestasi dan Kegiatan
      • Portal Layanan (EService)
      • Registrasi
      • Siakad
      • E-Library
      • Daftar Layanan
    • Alumni
      • Karir
      • Portal Alumni
      • Tracer Study
  • Kerja Sama
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • Biaya Kelembagaan
  • Publikasi
    • Jurnal
      • LITERA: Jurnal Penelitian, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
      • LingTera : Jurnal Linguistik Terapan
      • DIKSI
      • IMAJI: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni
      • Lingua Pedagogia
      • SUNGGING: Jurnal Seni Rupa, Kriya, Desain, dan Pembelajarannya
      • KEJAWEN: Jurnal Kebudayaan Jawa
      • Literature & Literacy
    • Prosiding Seminar
    • Penelitian Dosen
    • Riset Grup
    • Hak Kekayaan Intelektual (HaKI)
    • Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM)
    • Publikasi Dosen
    • Publikasi Mahasiswa
    • Dokumen Lain
      • Pedoman PKM Artikel Ilmiah
      • Pedoman PKM Gagasan Futuristik Tertulis
      • Pedoman PKM Karya Inovatif 2023
      • Pedoman PKM Penerapan IPTEK
      • Pedoman PKM Pengabdian Kepada Masyarakat 2023
      • Pedoman PKM Riset Eksakta
      • Pedoman PKM Riset Sosial Humaniora
      • Pedoman PKM Video Gagasan Kreatif
      • Pedoman PKM-K 2023
      • Pedoman PKM-KC 2023
      • Pedoman Umum PKM 2023
    • Prestasi Mahasiswa
  • Penjaminan Mutu
    • Kompensasi Pelayanan
    • Maklumat Pelayanan
    • Dokumen
      • Panduan Operasional Baku (POB)
    • Survey Online
      • Monitoring dan Evaluasi Proses Belajar Mengajar
      • Survey Kepuasaan Mahasiswa
      • Survey Kepuasan Dosen
      • Survey Kepuasaan Alumni
      • Survey Kepuasan Pengguna Lulusan
      • Survey Pengguna Gedung di FBSB
      • Formulir Saran/Kritik/Keluhan
    • Zona Integritas
      • P2-Penataan Tatalaksana
      • P3-Penataan Sistem Manajemen SDM
      • P4-Penguatan Akuntabilitas
      • P5-Penguatan Pengaasan
      • P6-Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
      • P1 - Manajemen Perubahan
  • Unit Usaha
    • Profil
      • Latar Belakang
      • Visi dan Misi
      • Cakupan Bidang
    • Layanan
      • Gedung
      • Produk
      • Sekolah Laboratorium
  • Fasilitas
    • Video Fasilitas
      • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
      • Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa
    • Lisensi Office 365, Windows 10, Zoom
    • Jaringan Wifi (Eduroam)
  • Student Achievement

Breadcrumb

  • Home
  • Theo Wobber: Hubungan antara Guru dan Murid, Kunci dari Prestasi Pendidikan

Theo Wobber: Hubungan antara Guru dan Murid, Kunci dari Prestasi Pendidikan

By admin | 10:56 AM WIB, Mon March 12, 2012

FBS-Karangmalang. Hubungan guru dengan murid memiliki hubungan dengan prestasi siswa. Bukan maksud Wobber untuk menyimpulkan keeratan hubungan antara guru dan siswa itu memiliki berakibat pada meningkatnya prestasi siswa. Namun, ia menekankan bahwa semakin erat keterikatan dan semakin kuat bentuk kontrol yang terjalin antara guru dan siswa, semakin baik prestasi siswa. Keterikatan hubungan antara guru dan siswa itu melibatkan adanya kejujuran, keterbukaan, dan saling penghormatan antara guru dan siswa. Hubungan ini membuat atmosfer kelas berubah menjadi ruang kesempatan seluas-luasnya bagi siswa untuk belajar dengan menyenangkan dengan apapun. Di aspek lain, hubungan antara guru dan siswa yang bersifat kontrol itu juga penting karena ini dapat mempermudah guru untuk mengatur kelas, mempermudah guru memberi instruksi kepada siswa, dan mendapat perhatian siswa ketika ia berpresentasi.

Lebih lanjut, hasil penelitian Wobber yang berjudul “The Comparison of Teacher-Students Relationship between Netherland and Indonesia" menunjukan hubungan guru-siswa di Belanda lebih cenderung bersifat terikat (affiliative), sedangkan di Indonesia lebih cenderung bersifat kontrol. “Dominannya Guru-guru di Indonesia itu directive dan authoritative sedangkan guru-guru di Belanda lebih bersifat toleran.” Tentunya Wobber menyadari bahwa ada pengaruh budaya yang membuat dua negara ini memiliki karakter hubungan guru-siswa yang berbeda. “Di Belanda, power distance itu rendah sedangkan Indonesia termasuk bangsa berkarakter power distance yang tinggi”.

Kendati demikian, dia merekomendasikan Indonesia untuk menerapkan kedekatan hubungan guru dan siswa yang bersifat terikat. “Pasalnya, keterikatan dan kontrol itu faktor yang mendukung satu sama lain dalam kesuksesan kegiatan di kelas, jadi ada baiknya guru di Indonesia memikirkan bagaimana mengadaptasi bentuk hubungan keterikatan yang sesuai dengan budayanya”, terangnya. Sebagai contoh dari hal termudah, hubungan keterikatan di kelas bisa ditunjukan dengan bahasa non-verbal seperti menjelaskan pelajaran sambil berjalan mendekati siswa-siswa ketimbang duduk saja di meja, menjelaskan pelajaran dibantu dengan gerakan tubuh atau ekspresi muka, dan menggunakan candaan di kelas. “Yang terpenting, guru harus mampu membangun kedekatan antarpersonal sekaligus mampu mengontrol kelas tanpa membuat siswa menyadari bahwa dia di dalam kontrol.”, terangnya.

Namun, rekomendasi dari hasil penelitian ini bisa saja hanya berstatus lips service. Jadi, agar keterikatan hubungan guru dan siswa ini bisa tertanam sebagai karakter guru dan siswa, Wobber menekankan pentingnya internalisasi pengetahuan kewarganegaraan “Di Belanda, demokrasi diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga ada proses mendengar satu sama lain, bahkan antara guru dan siswa, sehingga terjadi kesalingpahaman dan akhirnya terjalin hubungan saling menghargai dan mendukung.”, jelas Dekan Faculty of Social and Behavior Science dari Utrecth University ini. (Febi)

Berita Lain

  • Gelar Karya Mahasiswa FBSB UNY: Pamerkan Ratusan Karya Seni Rupa, Kriya dan DKV
    11/28/2025 - 08:39
  • Mahasiswa PBSI Unjuk Kreasi, Pamerkan Puluhan Karya Hasil Dari Alih Wahana
    11/27/2025 - 07:36
  • FBSB Sambut Visiting Professor dari Australia, Perkuat Kolaborasi Pendidikan Bahasa dan Literasi Global
    11/13/2025 - 11:23
  • FBSB Sambut Kedatangan Visiting Professor dari Italia, Prof. Emanuele Cardi
    11/12/2025 - 09:04
  • Pembinaan dan Pendampingan Zona Integritas Bersama LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta
    11/04/2025 - 13:18
  • Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris UNY Raih Medali Emas di Ajang International Student Summit 2025 di Malaysia
    10/31/2025 - 10:36
  • Pelatihan Augmented Reality (AR) Bertema Stilasi Flora dan Fauna di SMP Negeri 12 Yogyakarta: Inovasi Seni Rupa Berbasis Teknologi
    10/27/2025 - 17:28
  • FBSB UNY dan Universitas Pamulang Jalin Kerja Sama Akademik dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah
    10/21/2025 - 11:22
  • Dari Nilai Tradisional ke Dunia Digital: “Sangkan Paraning Dumadi” Ajak Gen-Z Mengenali Diri melalui Virtual Reality
    10/21/2025 - 09:27
  • Perkuat Kolaborasi: Kunjungan Fakultas Bahasa dan Seni UNIMED ke FBSB UNY
    10/14/2025 - 10:27

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekutif Mahasiswa FBSB UNY
  • Student Organization of FBSB

Bagian dan Sub Bagian

  • Layanan Administrasi
  • Layanan Pendidikan
  • Unit Penjaminan Mutu FBS
  • Unit Layanan Keuangan dan Akuntansi
  • Layanan Umum Kepegawaian dan Perlengkapan
  • Layanan Kemahasiswaan dan Alumni
  • Unit Kerjasama dan Humas
  • Unit Kinarya Kuningan

Kontak Kami

Alamat: Jalan Colombo No 1, Yogyakarta 55281,
Telepon (0274) 550843, (0274) 546719, Fax (0274) 548207
Website: http://fbsb.uny.ac.id
Email: fbsb@uny.ac.id;
humas_fbsb@uny.ac.id;

Googlemap


 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY