Workshop Instalasi dan Penggunaan Aplikasi Tencent dan Wechat untuk Pembelajaran Daring Kursus Bahasa Jawa Kerjasama dengan KBRI Tiongkok

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBS UNY

Untuk mempersiapkan pembelajaran jarak jauh Kursus Bahasa Jawa Kerjasama KBRI Tiongkok-FBS UNY, pada hari Rabu (04/11/2020) diselenggarakan Workshop Instalasi dan Penggunaan Aplikasi Tencent dan Wechat untuk Pembelajaran Jarak Jauh  Kursus Bahasa Jawa kerjasama dengan KBBRI Tiongkok, yang dipimpin KaprodiBahasa Jawa Dr. Afendy Widyat, M.Hum.

Tiongkok tidak menggunakan Google Meet dan Zoom sepertit yang telah biasa digunakan di UNY tapi menggunakan Aplikasi Tencent dan Wechat, sehingga perlu perlu diadakan kegiatan lokakarya untuk instalasi dan penggunaannya, bagi para mahasiswa dan dosen yang nantinya akan menjadi tutor.

Ibu Dekan FBS UNY Dr. Sri Harti Widyastuti, M.Hum dalam sambutannya mengatakan bahwa amanah kegiatan Javaneese Short Course (Jasco) ini luar biasa. KBRI telah melakukan open recruitment utk 8 universitas  di Tiongkok  dan menyeleksi peserta hingga tinggal  61 orang yang terdiri dari mahasiswa BIPA.  Ini  merupakan pilot project yg sangat didukung oleh KBRI.

Ibu Dekaan juga menghimbau seluruh dosen prodi dan mahasiswa yang membantu untuk bisa mengemban amanah dan bertanggungjawab besar kkarena ini merupakan pilot project yag akan mengangkat marwah jurusan . Diharapkan seluruh dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jawa bisa trelibat dan dapat mengawal program dengan baik. 

" Ini bukan lagi masalah profit atau non pofit, Tapi kegiatan ini akan mengangkat marwah fakultas dan prodi  di dunia inernasional.", ungkap Ibu Dekan di akhir sambutannya.

Ketua BIPA FBS UNY Dr. Ari Kusmiatun, M.Hum.  pada kesempatan ini menyampaikan kembali program-program Jasco yang kegiatannya akan berlangsung selama 2 bulan. (Nopember-Desember) dengan materi pengenalan bahasa dan budaya Jawa.  Kegiatan JASCO akan dimulai 9 Nopember 2020, ditutup 22 Desember 2020, terbagi menjadi  14 kali pertemuan,  per minggu 2 kali pertemuan. (drsa)