Pementasan Drama Faust: Perjanjian dengan Iblis

FBS-Karangmalang. Literatur merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman. Mata kuliah Literatur I diberikan kepada mahsiswa semester lima dan untuk Literatur II dilanjutkan pada semester enam. Sudah sejak lama pada akhir perkuliahan mata kuliah Literatur II mahasiswa mengkaji sebuah drama sebagai ujian akhir. Pada kesempatan tahun ini, mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman 2013 Kelas B telah berhasil mengkaji sebuah mahakarya dari seorang sastrawan terkenal dari Jerman Johann Wolfgang von Goethe yang berjudul Faust: Perjanjian dengan Iblis pada hari Kamis, 12 Mei 2016  di Taman Budaya Gedung Societet pukul 20.00 WIB lalu.

Cerita ini sungguh menarik. Cerita yang mengisahkan seorang pria tua bernama Faust yang berpendidikan tinggi dan terhormat di lingkungannya bosan dengan kehidupannya yang hanya itu-itu saja. Akhirnya pada suatu hari, memanggillah ia roh dan datanglah roh itu kepadanya. Mephistopheles adalah panggilan roh tersebut. Faust pun membuat perjanjian dengan Mephistopheles untuk menjadi muda lagi dengan syarat Faust harus mengikuti jejak Mephistipheles. Dan kesepakatanpun terjalin oleh keduanya. Setelah menjadi muda lagi, Faust merasakan kebahagiaan yang sempurna. Ia jatuh cinta kepada gadis gereja yang taat, Gretchen. Merekapun saling jatuh cinta, hingga cinta mereka membutakan Gretchen. Gretchen pun melakukan hal yang sangat hina dalam agamanya, ia membunuh ibu dan anaknya hingga ia terbelenggu dalam dosa yang amat menjatuhkannya dan membuatnya menjadi sakit jiwa dan jatuh gila. Gretchenpun dipenjara dan Faust ingin menyelamatkannya, tapi sayang Mephistopheles menariknya pergi.

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman 2013 Kelas B berhasil mengemas cerita tersebut dalam kajian drama yang apik nan elok. Kursi yang tersedia di dalam ruangan pun penuh tak tersisa. Para deretan dosen jurusan Pendidikan Bahasa Jerman memenuhi deretan kursi paling depan. Ibu Dr. Kun Setyaning Astuti, M.Pd selaku Wakil Dekan FBS UNY pun turut hadir menyaksikan pementasan drama tersebut.

Pada akhir pementasan, para pemain dan panitia pun mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua belah pihak yang terlibat dalam proses drama tersebut. Ucapaan terimakasih tersebut diwakili oleh Mia Mausally selaku Pimpinan Produksi. Ibu Isti Haryati, M.A. dan Ibu Dra. Yati Sugiarti, M.Hum pun memberikan sepatah dua patah kata, bahwa mereka sangat bangga pada apa yang telah diberikan oleh mahasiswanya. Ibu Isti Haryati, M.A. pun sempat meneteskan air mata haru bahagianya atas apa yang telah para peserta didiknya tampilkan. Ia berkata bahwa ia sangat terharu dan bangga, karena Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jerman 2013 Kelas B telah berhasil mengemas cerita Faust ini dengan luar biasa, karena cerita ini tidak dapat dibilang mudah. Ia pun juga berharap bahwa pesan moral yang terdapat dalam cerita ini dapat tersalurkan kepada para penonton. Sesi temu keluarga para pemain dan pemberian bunga kepada para pemain pun menjadi akhir dari pementasan drama kali ini. (Ajeng Prananingtyas-Pendidikan Bahasa Jerman)