ENAM JUDUL PENELITIAN MAHASISWA FBS UNY MENYABET DANA PKM LIMA BIDANG

FBS-Karangmalang. Sebanyak enam judul penelitian mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) berhasil menyabet dana DIKTI tahun anggaran 2016. Enam judul penelitian tersebut masing-masing diketuai oleh Nur Aktafiyani Gusriyana, Dyah Ayu Putri Utami, Ridha Nur Aisyi, Desty Setyaningsih, Hanifah Nurunnikmah, dan Uswatun Hasanah. Skema bidang yang diusung masing-masing adalah 1 bidang PKMK, 3 bidang PKMM, dan 2 bidang PKMPSH. Judul-judul PKM 5 Bidang yang didanai DIKTI sebagai berikut:

  1. MBAKYU PONGREK (Limbah Kayu untuk Produk Pot Bunga Anggrek) sebagai Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat dengan ketua Nur Aktifiyani dan pembimbing Dr. Drs. I Ketut Sunarya, M.Sn.
  2. Pemberdayaan Sanggar ANGSA (Anak Tanggap Bahasa Indonesia dan Sastra) Desa Bedoyo, Ponjong, Gunung Kidul sebagai Sarana Kreativitas Sastra Anak dalam Rangka Pembudayaan Bahasa. Ketua Dyah Ayu P dan pembimbing Nurhidayah, S.Pd., M.Hum.
  3. MEONG SEPEKAN (Hama Keong sebagai Pakan Ikan) dalam Upaya Pemberdayaan Peternak Ikan di Desa Ngrajek Magelang. Ketua Ridha Nur Aisyi dengan pembimbing Ari Kusmiatun, S.Pd., M.Hum.
  4. Penerapan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Tunanetra Tingkat Sekolah Dasar dengan Metode Audio-Lingual Berbasis Pendekatan Psikologi. Ketua peneliti Desty Setyaningsih dan pembimbing Siti Sudartini, S.Pd., M.A.
  5. Penelusuran Dinasti Syailendra di Daerah DEWATA CENGKAR (Desa Wisata Tlahab, Canggal, Kruwisan, Petarangan, Paponan). Ketua peneliti Hanifah N dan pembimbing Dr. Dra. Kun Setyaning Astuti, M.Pd.
  6. Kajian Nilai Historis dan Kehidupan Sosial Berdasarkan Studi Teks Serat Kraton Powan Karya Yasawidagda dengan ketua peneliti Uswatun Hasanah dan pembimbing Venny Indria Ekowati, S.Pd., M.Litt.

Untuk tindak lanjut hasil pengumuman DIKTI ini, bidang tiga FBS UNY yang diprakarsai oleh Wakil Dekan III kemudian akan mengadakan workshop dan pengarahan oleh juri dari DIKTI. Acara akan dilangsungkan pada Senin (29/02). Semoga enam judul PKM 5 Bidang ini dapat diselesaikan dengan baik dan dapat maju ke FINAL PIMNAS 2016. (VIE)

Tags: