Dekan FBS: Capaian pada 2016 Harus Kita Tingkatkan

FBS-KARANGMALANG. Selama 2016 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta telah mencatat beberapa prestasi, baik berupa prestasi secara umum maupun terkait dengan kinerja akademik. Secara umum, FBS menjuarai kwartet gitar di Italia, juara Peksimida, juara Peksiminas, juara PIMNAS, dan dua prodi terakreditasi A. Capaian-capaian tersebut disampaikan Dr. Widyastuti Purbani, selaku dekan FBS pada Rapat Dewan Dosen FBS, Kamis (26/1/2017) di gedung PLA lantai 3. “Kita bersyukur telah banyak capaian pada 2016, baik di bidang akademik maupun kemahasiswaan. Capaian ini harus kita tingkatkan lagi pada 2017,” ujarnya.

Masa studi mahasiswa FBS, kata Widyastuti, mengalami pemendekan, dari lima tahun menjadi empat tahun sepuluh bulan. IPK mahasiswa juga meningkat, dari 3,33 pada periode sebelumnya menjadi 3,36. Capaian tersebut perlu dievaluasi dan terus ditingkatkan. Selama 2016 pula FBS telah melaksanakan program inovasi pedagogi bekerjasama dengan INDOPED bersama enam negara (Indonesia, Spanyol, Finlandia, Polandia, Denmark, dan Belanda. Selain itu, FBS juga telah melaksanakan pelatihan PPL bagi DPL dan guru pamong sebagai bagian dari kerjasama FBS dengan USAID “Dengan program-program tersebut diharapkan kita akan mengalami peningkatan produktivitas, inovasi-inovasi pembelajaran, dan juga peningkatan Angka Efisiensi Edukasi pada 2017,” tambah Bu Wid, panggilan akrab dekan FBS tersebut.

Dalam acara yang dihadiri seluruh dosen dari 11 program studi di lingkungan  FBS tersebut juga disampaikan bahwa jumlah peneliti, keterlibatan mahasiswa dalam penelitian, serta akses dana penelitian selama 2016 mengalami peningkatan. Selain itu, Jurnal Litera mampu kembali mempertahankan akreditasinya dan sejak 2017 ini mulai terindeks DOAJ. “Kami masih harus bekerja keras untuk mengangkat Jurnal Diksi dan juga Imaji agar dapat terakreditasi sebagaimana Litera,” tambah Bu Wid optimis. [dby]