Upgrading #2 Al-Huda: Merefresh Semangat Setelah Setengah Tahun Kepengurusan

FBS-Karangmalang. Upgrading kembali diadakan oleh Keluarga Muslim Al-Huda pada tanggal 29-30 Juli 2015 lalu di Wisma Kadisoka, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Panitia upgrading kali ini adalah para Jagoan Muslim Berbudaya Angkatan 2013 (Jambu Alas) alias angkatan 2013. Agenda ini bertujuan untuk menyatukan kesolidan dan ukhuwah para Satuan Mahasiswa Pencari Iman dan Tauhid (Sumpit) alias staf angkatan 2014, selain itu juga untuk mengembalikan semangat setelah setengah tahun kepengurusan, pun mengevaluasi mereka selama menjadi staf di Al-Huda. Kegiatan ini pun bertujuan untuk menyolidkan angkatan 2013 sebagai panitianya.

Hari pertama dimulai dengan upacara pembukaan yang dibuka oleh Rizky Ariadi (Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris 2012) selaku Ketua Al-Huda. Meskipun total peserta hanya 16, namun mereka tampak sangat antusias dengan acara tersebut. Panitia menyuguhkan beberapa materi untuk peserta upgrading. Materi pertama mengenai orientasi, militansi, dan mentoring yang disampaikan oleh Tommy Syafarsah (Ketua BEM FBS 2013 juga Ketua BEM KM UNY 2014). Materi kedua tentang kealhudaan yang disampaikan oleh tetua Al-Huda tahun kepengurusan 2013, yaitu Subhan Abrori (Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa 2011), Nur Muhammad (Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia 2011), Ahmad Taufik (Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris 2011), Muhammad Wildani (Mahasiswa Pendidikan Bahasi Inggris 2011), serta Ellyta (Mahasiswa Pendidikan Bahasi Inggris 2011).

Kemudian hari kedua diisi dengan satu materi penting, yaitu tentang amal jama’i (kerja bersama) serta qiyadah wal jundiyah (pemimpin dan prajurit atau anggota) yang disampaikan oleh Andreas Agil Munarwidya (Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2008). Materi ini kemudian disimulasikan dengan sebuah game.

Lepas materi, acara selanjutnya ialah outbond. Outbond milik Al-Huda ini lain dari yang lain. Ada makna yang tersirat di setiap posnya, seperti pada pos pertama terdapat pelajaran bahwa mempercayai kepala atau pemimpin itu sangat diperlukan untuk menjalankan sesuatu ke tujuan yang sama. Walaupun melelahkan, akan tetapi peserta terlihat senang dengan permainan-permainan yang diberikan oleh panitia.

Ditemui usai agenda tersebut Viki Adi Nugroho (Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa 2013) selaku ketua panitia upgrading 2 Al-Huda menyampaikan harapanya, “Saya harap rasa ukhuwah diantara mereka (red: Sumpit) meningkat, terjaga, dan ngajinya makin semangat serta komitmen berkarya di Al-Huda juga semakin tinggi. Sehingga dengan ikatan hati yang kuat, semoga dapat mempermudah kerja-keja amal (red: kontribusi) kedepannya.” (Nana/HumasFBS)