"La Fete du Muguet", Ultah Hiper ke-12

FBS-Karangmalang. Jumat (24/5) Stage Tari Tedjokusumo kembali ramai. Keramaian itu dipenuhi oleh para mahasiswa FBS, khususnya mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis serta beberapa dosen dan tamu undangan. Acara yang berlangsung pada malam Sabtu itu, diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Prancis (Hiper) dalam rangka miladnya yang ke-12. Sebagai simbolisasi dan dibukanya acara pentas, Madam Alice (Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis) memotong kue ultah serta memberikan sambutan atas terselenggaranya acara “Memperingati Ultah Hiper yang ke-12” dengan sukses.

“Kali ini kami mengambil tema La Fete du Muguet, yang artinya pesta bunga Muguet. Kami terinspirasi dari pesta pada tanggal 1 Mei di Prancis,” tutur Chandra Meana, ketua panitia. “Muguet menyiratkan makna kebahagiaan serta cinta kepada sesama, sehingga harapannya acara ini dapat menjadi milad yang penuh kebahagiaan dan terciptanya cinta kapada sesama,” tambahnya. Acara itu dimeriahkan oleh 10 penampil, yang terdiri dari mahasiswa Pendidikan Bahasa Prancis, Ormawa FBS, HMSP UGM, serta UKM Safel.

La Fete tersebut juga dimeriahkan oleh komunitas teater Hiper, yakni Maintenant. Uniknya, drama ini mengkolaborasikan kultur Prancis dan Indonesia, sehingga tak aneh apabila ditemukan penokohan dalam ceritera itu cenderung keeropaan dan keindonesiaan. Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis memang “kreatif”, sebab naskah drama yang dipentaskan itu disusun sendiri oleh sang sutradara, yakni Ikhsani angkatan 2012.

“Persiapan pementasan La Fete ini kurang lebih 2 bulan, sehingga kami dapat belajar banyak dari proses yang dilalui, “ujar Chandra Meana. “Ketidakkondusifan tempat latihan persiapan pentas juga kami rasakan. Tapi, kami juga seringkali pindah tempat latihan di rektorat yang lebih luas,“ tambahnya. Keluhan panitia terhadap tempat proses latihan pementasan juga sering diakui oleh beberapa mahasiswa FBS. Hal ini dikarenakan antara bulan April-Mei FBS dipadati oleh persiapan pentas per-ormawa atau komunitas yang ada. “Yang terpenting, proses La Fete  ini begitu membelajarkan panitia internal, sehingga terwujud kerjasama dan ikatan keluarga yang semakin kental,“ ujar Ruly Pratama selaku Ketua HIMA Prancis. (Rony/Humasfbs)