Kuala Lumpur, Malaysia — Dua mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Hasan Patty Iha dan Muhhamad Randy, berhasil meraih medali emas (Gold Medal) dalam ajang International Student Summit (ISS) 2025 yang berlangsung pada 18–19 Oktober 2025 di Kuala Lumpur, Malaysia.
Kompetisi ini merupakan ajang internasional yang mempertemukan mahasiswa dari berbagai universitas di Asia untuk menampilkan gagasan, inovasi, dan karya ilmiah terbaik mereka. Dalam kategori International Essay Competition, Hasan dan Randy mengangkat karya berjudul “Literasnake Quest: Empowering Critical Thinking through Creative Literacy”, sebuah inovasi media pembelajaran berbasis permainan edukatif (game-based learning) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi siswa melalui aktivitas belajar yang menyenangkan dan interaktif.
Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai negara, antara lain Malaysia, Indonesia, Myanmar, China, Suriah, dan Timor Leste. Dari Indonesia, tim UNY yang terdiri atas Hasan dan Randy berhasil mengharumkan nama almamater dengan menyabet medali emas di kompetisi tersebut. Kegiatan berlangsung selama dua hari, pada 18–19 Oktober 2025, dan menjadi bagian dari rangkaian kegiatan 3rd International Youth Conference, International Student Summit, Global Youth Summit, dan International Business Plan Competition.
Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mendorong kolaborasi global di bidang pendidikan, riset, dan inovasi di kalangan mahasiswa. Melalui partisipasi dalam kompetisi ini, mahasiswa diharapkan mampu mengasah kemampuan berpikir kritis, kreatif, serta berkontribusi terhadap tantangan pendidikan global.
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Sentosa Foundation bekerja sama dengan Student Association of Universiti Sains Islam Malaysia (USIMSA), Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), dan World Association of Young Scientists (WAYS). Dalam kompetisi tersebut, Hasan dan Randy mempresentasikan ide dan produk inovatif mereka melalui poster, esai, dan demonstrasi langsung, yang kemudian dinilai berdasarkan kreativitas, kebermanfaatan, dan potensi penerapan di dunia pendidikan.
Selain meraih Gold Medal, tim UNY juga memperoleh penghargaan Favorite Poster Award karena keberhasilan mereka dalam menampilkan konsep visual yang menarik, komunikatif, dan inspiratif. Capaian ini menjadi bukti bahwa mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris UNY tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga mampu berinovasi dan berkompetisi di kancah internasional. Hasan dan Randy berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk terus berkarya, mengembangkan ide-ide kreatif, dan berkontribusi dalam dunia pendidikan global. (RKH)