Cultural Exchange FBSB UNY dan AUE Jepang Membawa Kesan Istimewa

Keterangan Sumber Foto: 
Dokumentasi Humas

Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya melaksankan cultural Exchange Bersama Aichi University of Education – Jepang. Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 15-19 Maret 2024 di Jogyakarta. Sebanyak 16 mahasiswa dari AUE dan didampingi oleh dua orang Professor. Pada Jumat pagi, 15 Maret 2024,  mereka tiba di Bandara YIA dan langsung menuju kampus FBSB UNY.

Penyambutan secara resmi dilaksanakan di Ruang Seminar lt.3 Gd. M.Yamin (PLA) FBSB UNY, dan dilanjutkan dengan workshop batik. Para mahasiswa tampak sangat antusias saat menggoreskan malam (lilin batik) menggunakan canting mengikuti pola yang telah mereka buat sebelumnya. Sore harinya, tidak ketinggalan mereka turut merasakan euforia bulan Ramadhan dengan berburu takjil di Kawasan Lembah UGM.

Hari berikutnya, mahasiswa AUE mengikuti workshop tari dan musik. Pada saat pengenalan budaya Indonesia, mahasiswa diperkenalkan dengan budaya Jathilan, mencoba menari lengkap dengan properti kuda kepangnya. Selanjutnya ketika workshop musik, para mahasiswa belajar memainkan alat musik angklung.

    

Selain itu mahasiswa AUE juga melaksankan wisata budaya dengan melihat pertunjukan Ramayana di Candi Prambanan, mengunjungi situs bangunan budha terbesar di Dunia yaitu candi Borobudur, menikmati nuansa belanja oleh-oleh di Kawasan Malioboro.

Mahasiswa FBSB UNY juga mendapatkan materi tambahan dari dosen Tamu yang disampaikan oleh Prof. Yoshitaka Kozuka dan Prof. Kazuhiro Doki. Kemudian ditutup dengan kegiatan ramah Tamah dan berbuka Bersama di salah satu restoran berbau budaya di lingkup Keraton Yogyakarta. Dalam kesempatan tersebut, AUE juga memberikan cinderamata berupa Tenugui yang memiliki nilai Sejarah Panjang di Jepang. Selain iut, salah satu perwakilan mahasiswa AUE, Daichi Naruto menyampaikan bahwa kegiatan cultural exchange selama di Indonesia benar-benar menjadi pengalaman istimewa yang tak akan terlupakan. Sebelum Kembali ke Jepang, para mahasiswa AUE menyempatkan menikmati keindahan Pantai di daerah Kulon Progo. (SE)