Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password
Home

Main navigation

  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah Singkat
    • Visi Misi
    • Pimpinan FBSB
    • Fasilitas
    • Dosen
      • Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
      • Dosen Pendidikan Bahasa Jerman
      • Dosen Pendidikan Bahasa Perancis
      • Dosen Pendidikan Bahasa Daerah
      • Dosen Pendidikan Seni Rupa
      • Dosen Pendidikan Musik
      • Dosen Pendidikan Seni Tari
    • Video Profil
  • Departemen
    • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Program Studi Sastra Indonesia
      • S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
    • Pendidikan Seni Rupa
      • Prodi Pendidikan Kriya
      • Prodi Pendidikan Seni Rupa
      • Desain Komunikasi Visual
    • Pendidikan Bahasa Inggris
      • Sastra Inggris
      • S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
      • S-3 Pendidikan Bahasa Inggris
      • S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
    • Pendidikan Bahasa Jerman
    • Pendidikan Bahasa Perancis
    • Pendidikan Bahasa Daerah
      • S-1 Pendidikan Bahasa Jawa
      • S-2 Pendidikan Bahasa Jawa
      • S-3 Bahasa, Sastra, dan Budaya Daerah
    • Pendidikan Seni Musik
    • Pendidikan Seni Tari
    • S-2 Linguistik Terapan
    • S-2 Pendidikan Seni
    • S-3 Ilmu Pendidikan Bahasa
    • S-3 Pendidikan Seni
  • Akademik
    • Admisi (Penerimaan Mahasiswa Baru)
    • Akreditasi
    • Integritas Akademik
    • Kalender Akademik
    • Peraturan Akademik
    • Rencana Pembelajaran Semester
  • Mahasiswa dan Alumni
    • Mahasiswa
      • E-Learning BeSmart
      • Informasi UKT/SPP
      • Pelaporan Prestasi dan Kegiatan
      • Portal Layanan (EService)
      • Registrasi
      • Siakad
      • E-Library
      • Daftar Layanan
    • Alumni
      • Karir
      • Portal Alumni
      • Tracer Study
  • Kerja Sama
    • Dalam Negeri
    • Luar Negeri
    • Biaya Kelembagaan
  • Publikasi
    • Jurnal
      • LITERA: Jurnal Penelitian, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
      • LingTera : Jurnal Linguistik Terapan
      • DIKSI
      • IMAJI: Jurnal Seni dan Pendidikan Seni
      • Lingua Pedagogia
      • SUNGGING: Jurnal Seni Rupa, Kriya, Desain, dan Pembelajarannya
      • KEJAWEN: Jurnal Kebudayaan Jawa
      • Literature & Literacy
    • Prosiding Seminar
    • Penelitian Dosen
    • Riset Grup
    • Hak Kekayaan Intelektual (HaKI)
    • Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM)
    • Publikasi Dosen
    • Publikasi Mahasiswa
    • Dokumen Lain
      • Pedoman PKM Artikel Ilmiah
      • Pedoman PKM Gagasan Futuristik Tertulis
      • Pedoman PKM Karya Inovatif 2023
      • Pedoman PKM Penerapan IPTEK
      • Pedoman PKM Pengabdian Kepada Masyarakat 2023
      • Pedoman PKM Riset Eksakta
      • Pedoman PKM Riset Sosial Humaniora
      • Pedoman PKM Video Gagasan Kreatif
      • Pedoman PKM-K 2023
      • Pedoman PKM-KC 2023
      • Pedoman Umum PKM 2023
    • Prestasi Mahasiswa
  • Penjaminan Mutu
    • Kompensasi Pelayanan
    • Maklumat Pelayanan
    • Dokumen
      • Panduan Operasional Baku (POB)
    • Survey Online
      • Monitoring dan Evaluasi Proses Belajar Mengajar
      • Survey Kepuasaan Mahasiswa
      • Survey Kepuasan Dosen
      • Survey Kepuasaan Alumni
      • Survey Kepuasan Pengguna Lulusan
      • Survey Pengguna Gedung di FBSB
      • Formulir Saran/Kritik/Keluhan
    • Zona Integritas
      • P2-Penataan Tatalaksana
      • P3-Penataan Sistem Manajemen SDM
      • P4-Penguatan Akuntabilitas
      • P5-Penguatan Pengaasan
      • P6-Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik
      • P1 - Manajemen Perubahan
  • Unit Usaha
    • Profil
      • Latar Belakang
      • Visi dan Misi
      • Cakupan Bidang
    • Layanan
      • Gedung
      • Produk
      • Sekolah Laboratorium
  • Fasilitas
    • Video Fasilitas
      • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
      • Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis
      • Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa
    • Lisensi Office 365, Windows 10, Zoom
    • Jaringan Wifi (Eduroam)
  • Student Achievement

Breadcrumb

  • Home
  • Tim UNY Rajai National English Education Debate 2013

Tim UNY Rajai National English Education Debate 2013

By admin-berita | 5:39 PM WIB, Tue July 09, 2013

National English Education Debate 2013 (2-4/7) yang diadakan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil didominasi  tim debat bahasa Inggris Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Tak tanggung-tanggung, Juara 1-3 diraih berurutan oleh Tim UNY A, UNY B, dan UNY C, sedangkan Juara keempat diraih Tim B Universitas Muhammadiyah Makasar (UM Makasar). Ajang tingkat nasional ini merupakan ajang khusus bagi mahasiswa jurusan bahasa Inggris baik pendidikan maupun sastra Inggris se-Indonesia.

Menggunakan British Parliamentary System, setiap universitas diperbolehkan mengirim maksimal tiga tim. “Kami maksimalkan untuk meraih hasil maksimal pula untuk UNY,” kata Zyah Rochmad Jaelani.

Ketiga tim itu diwakili Retno Rahma Safitri dan Rasman yang keduanya dari Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) 2010 untuk Tim UNY A. Tim UNY B terdiri atas Tika Destiratri Setiawan (PBI 2010) dan Arif Burhanudin (Bahasa dan Sastra Inggris 2010), Sedangkan Tim UNY C diperkuat Zyah Rochmad Jaelani (PBI 2009) dan Annisa Laura Maretha (PBI 2008).

“Ada 24 tim dari 13 universitas se-indonesia,” tambah Zyah yang mengaku kurang persiapan menjelang lomba. Maklum saja, ia dan Retha belum genap seminggu menjadi Runner Up 2 dalam lomba Musabaqah Debat Kandungan Al Quran pada ajang MTQ Nasional 2013 kemarin.

Ini kesekian kalinya tim debat UNY memberikan prestasi di ajang debat tingkat nasional. “Saya bangga ketiga tim ini dapat mempersembahkan hasil terbaik untuk Jurusan, Fakultas, dan Universitas,” ungkap Zyah.

Perlu diketahui, selain merajai posisi tiga besar, tiga mahasiswa UNY berhasil dinobatkan sebagai Best Speaker. Posisi pertama diraih Retno Rahma Safitri yang sempat mengikuti Debat Internasional di Berlin 2012 lalu. Posisi kedua ditempati Rasman, Mapres (Mahasiswa Berprestasi) FBS 2013, dan Anisa Laura Maretha. “Nilai mereka sama,” kata Zyah yang berada di posisi ketiga.

Keberhasilan yang diraih tim UNY ini diraih berkat latihan keras yang mereka lakukan. Dari UKM SAFEL dan English Debate Society (EDS) lah kemampuan mereka diasah. “Kami percaya dibalik usaha yang keras pasti ada hasil yang memuaskan, dan inilah yang kami lakukan,” tutur Zyah.

Ditanya mengenai kesannya karena berhasil meraih juara dari dua lomba berturut-turut, Zyah dan Retha mengatakan bahwa mungkin ini lomba terakhir bagi mereka, karena harus fokus pada Tugas Akhir dan saatnya bagi para debatter lain untuk melanjutkan.

“Pertahankan tradisi ini dan terus berlatih keras, karena di tingkat Nasional maupun Internasional, UNY sudah banyak diperhitungkan,” tutup Retha. (Fitriananda/Humasfbs)

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekutif Mahasiswa FBSB UNY
  • Student Organization of FBSB

Bagian dan Sub Bagian

  • Layanan Administrasi
  • Layanan Pendidikan
  • Unit Penjaminan Mutu FBS
  • Unit Layanan Keuangan dan Akuntansi
  • Layanan Umum Kepegawaian dan Perlengkapan
  • Layanan Kemahasiswaan dan Alumni
  • Unit Kerjasama dan Humas
  • Unit Kinarya Kuningan

Kontak Kami

Alamat: Jalan Colombo No 1, Yogyakarta 55281,
Telepon (0274) 550843, (0274) 546719, Fax (0274) 548207
Website: http://fbsb.uny.ac.id
Email: fbsb@uny.ac.id;
humas_fbsb@uny.ac.id;

Googlemap


 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY