Universitas Naresuan: Kilas Balik Memori

FBS-Karangmalang. Sebulan penuh jalinan kenangan sepuluh mahasiswa Universitas Naresuan, Thailand, itu terukir betul di Kampus Ungu, FBS, UNY. 18 Mei 2014 menjadi angka kedatangan mereka yang tak mernah terlupa. Nat, salah satu delegasi dari kelas International College, Universias Naresuan, Thailand, mengungkapkan, “Keunikan kota ini (Yogyakarta) sudah terasa disaat kami turun dari Bandara Adisujipto. Tak sabar, ingin segera mendapatkan pengalaman di sini; termasuk ke kampus Universitas Negeri Yogyakarta sebagai tujuan utama kami.” Kesepuluh delegasi—calon terpilih untuk pertukaran mahasiswa ke Universitas Negeri Yogyakarta— itu ialah hasil dari proses seleksi ketat oleh Universitas Naresuan. Herman, M.Pd., selaku Ketua Kerjasama FBS, sekaligus koordinator kegiatan penerimaan pertukaran mahasiswa dari Universitas Naresuan mengamininya. “Mahasiswa Naresuan yang hendak belajar budaya di kampus ini (FBS) merupakan mahasiswa terbaik Universitas Naresuan. Jadi, kualitas mahasiswanya pun tak perlu diragukan. Hal ini menjadi mitra belajar pula oleh para mahasiswa FBS untuk share pengalaman atau kebudayaan masing-masing.”

Program pertukaran mahasiswa ini merupakan titik balik dari kerja sama tahunan antara Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Naresuan. Sebelumnya, dua periode pertukaran mahasiswa telah dilalui FBS, UNY. Pada tahun sebelumnya, FBS memberangkatkan mahasiswa terbaiknya ke Phitsanulok, Thailand—kota yang menjadi titik keberadaan Universitas Naresuan. Tahun pertama, terlaksana pada tahun 2012. Selanjutnya, pada tahun 2013. Begitu sebaliknya, Universitas Naresuan pun juga telah mengirimkan mahasiswa terbaiknya pada periode perdana tahun 2012. Pada tahun 2014 inilah Universitas Naresuan mengirimkan mahasiswa hasil seleksinya pada periode kedua.

Ada pun daftar nama yang menjadi punggawa Universitas Naresuan untuk diikutkan pertukaran mahasiswa ke FBS: (1) Kunyarat Chueamuangphan (Faculty of Public Health, Departement of Environmental Health), (2) Janjira Phadkaew (Faculty of Public Health, Departement of Community Health), (3) Kantamanee Mutujad (International College, Departement of Tourism Business Management), (4) Ninut Sakchinoros (International College, Departement of Human Resource Management), (5) Setthawut Pengpom (Faculty of Law), (6) Intraporn Penjit (Faculty of Education, Departement of Chemistry), (7) Tanyarat Naiyanat (Faculty of Social Sciences, Departement of History), (8) Supathra Sarika (Faculty of Social Sciences, Departement of Social Development), (9) Tarin Pintong (Faculty of Humanities, Departement of English), dan (10) Natthida Thanassansurapong (Faculty of Medical, Departement of Dentistry) mata kuliah seperti Bahasa Indonesia, Cross Cultural Understanding, Academic Writing English, Public Speaking, Drama, English for Buisness, Critical Reding, Making Batik Workshop, Gamelan, Art Workshop, dan kunjungan lapangan ke Kraton Yogyakarta, Parambanan, Borobudur, Kota Gede, Gembira Loka, Candi Sewu, dan Pemandian Putri pun disajikan oleh FBS guna memperkaya pengetahuan mengenai keindonesiaan (seni dan budaya).

Pada ujung perpisahan, Jumat (13/06) para mahasiswa Universitas Naresuan mengekspresikan kesenian Thailand dalam bentuk tarian. Selain itu, ungkapan terima kasih atas penerimaan baik dari FBS ke para mahasiswa Naresuan pun menjadi ruh sentral kala itu. “Kami mengucapkan terima kasih kepada dosen, staf, dan pada buddies yang senantiasa bersabar dan membantu kami dalam studi sebulan di sini. Kenangan itu tak pernah terlupa. Kami tunggu kehadirannya di bumi Thailand,” ungkap Natthida yang ditunjuk sebagai perwakilan sambutan dari Universitas Naresuan. Senada dengan itu, Prof. Dr. Zamzani, M.Pd., selaku Dekan FBS, menyampaikan rasa bangganya atas proses penerimaan baik dari FBS untuk mahasiswa Universitas Naresuan. “Semoga jalinan persaudaraan antara UNY dengan Naresuan tetap berlanjut. Dan, membuahkan kerja sama positif antarkeduanya. Apalagi, di tengah menyongsong Komunitas Eknomi ASEAN 2015 mendatang.” (Rony K. Pratama/HumasFBS)