UNG Gandeng Kerjasama dengan PBSI UNY

FBS-Karangmalang. 30 mahasiswa dan  4 orang dosen dari Universitas Negeri Gorontalo (UNG) disambut hangat oleh Koodinator Program Studi (Koprodi) PBSI UNY, Dr. Kastam Syamsi, M.Ed., di ruang seminar GK 1 Lantai II, FBS, pada Senin pagi (26/01/2015). Lawatan akademik UNG itu dimaksudkan sebagai penguatan jalinan relasi antarpunggawa Prodi PBSI. Datangnya UNG ke FBS tersebut bukanlah perdana; sebab pada tahun 2013 universitas yang terletak di pulau Sulawesi itu pernah melakukan kegiatan serupa. Dalam sambutannya, Koprodi PBSI menyampaikan rasa bangganya atas kunjungan dari UNG. “Silaturahmi ini kami sambut baik. Sebab, saya dengan Prof. Dr. Supriyadi ini satu sejawat perjuangan saat menyelesaikan studi di UM. Selain itu, Prodi kami membuka pinta seluas-luasnya bagi jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia lain di seluruh negeri untuk berbincang ihwal akademik maupun tukar pengalaman dengan kami,” sambut dosen yang menyabet gelar master pendidikan di University of Houston USA itu.

Tatkala penyampaian sambutan oleh pihak UNG, Prof. Dr. Supriyadi (Kepala Jurusan), ia secara gamblang menuturkan keinginannya untuk menjalin kerjasama dalam pelbagai bidang. Pertama, UNG ingin mengajak pertukaran mahasiswa maupun dosen selama dua semester. Kedua, UNG hendak belajar sistem BIPA di UNG; sebab di UNG program BIPA masih terbilang rintisan awal. Kedua, peningkatan kualitas Prodi dengan jalinan relasi tentang penelitian maupun pengabdian. “Prodi kami masihlah berakreditasi B. Oleh karena PBSI UNY sudah A, maka kami berkomitmen untuk menjalin kerjasama dengan PBSI UNY,” ungkapnya. Peningkatan kualitas Prodi ini, tambahnya, tak lain karena ditentukan oleh banyaknya jalinan kerjasama yang saling membangun. “Itu kenapa saya menyampaikan ini secara langsung kepada pejabat di PBSI UNY, supaya maksud kami tersampaikan dengan baik,” tutur dosen linguistik itu.

Tak hanya sesi kerjasama antardosen semata. Aktivis mahasiswa UNG pun juga berdialog secara egaliter dengan HIMA PBSI UNY. Keegaliteran itu dibuktikan dengan lesehan bersama. Sesi diskusi dipandu oleh Yopie Novanda (Ketua HIMA PBSI 2015) dan Roghib Ridho M. (Ketua HIMA PBSI 2014). Pihak UNG pun mewakilkan koordinator rombongan yang bernama Yadi. Kedua belah pihak (UNY dan UNG) membicarakan persoalan dinamika teater kampus. Usai diskusi interaktif, kedua himpunan mahasiswa tersebut bersepakat untuk menjalin kerjasama dalam bidang pengembangan kreativitas mahasiswa. Sukses! (Rony/Humas FBS).