Sosialisasikan Beasiswa, IMPB FBS Selenggarakan Talk Show

FBS-Karangmalang. Sebanyak 1050 dari 6050 mahasiswa FBS UNY terdaftar sebagai penerima beasiswa, baik beasiswa Bidikmisi, Djarum, Supersemar, beasiswa dari dari Universitas berupa PPA dan BBM, maupun beasiswa dari instansi-instansi yang memiliki hubungan kerja sama dengan UNY. Jika dikalkulasikan, maka persentase mahasiswa FBS yang menerima beasiswa mencapai 17%. Angka tersebut tentu bukan merupakan angka yang kecil, mengingat ketatnya persaingan dalam memperoleh beasiswa. Meskipun begitu, fakultas tetap mengupayakan agar kesempatan menerima beasiswa dapat terbuka lebih lebar bagi mahasiswa FBS.

IMPB sebagai organisasi yang mewadahi para mahasiswa penerima beasiswa berinisiatif ikut serta dalam upaya fakultas tersebut dengan menyelenggarakan talk show yang mengusung tema “Beasiswa, Kegunaan dan Menuai Berkahnya“. Acara yang diselenggarakan pada 8 Februari 2013 ini merupakan salah satu bentuk diskusi publik yang diagendakan rutin setiap tahun oleh IMPB.

“Tahun ini kami menyelenggarakan talk show beasiswa karena kami ingin menyosialisasikan beasiswa tersebut kepada para mahasiswa FBS secara lebih luas. Seperti yang kita ketahui, dari seluruh mahasiswa FBS, baru sekitar 16-17% saja yang menerima beasiswa. Jadi melaluli acara ini, kami berharap agar jumlah penerima beasiswa di FBS dapat ditingkatkan,“ ujar Ngali Mustakim, ketua panitia talk show beasiswa ini.

Demi memberikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada peserta, Wakil Rektor III UNY, Dr. Sumaryanto, M.Kes. dan Wakil Dekan III FBS UNY Dr. Kun Setyaning Astuti, M.Pd. dihadirkan sebagai pembicara dalam talk show ini. Talk show dimoderatori oleh Dyah Kusumaayu, ketua IMPB. Ibu Kun menyampaikan materi pembuka dengan memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai manfaat-manfaat memperoleh beasiswa. Materi tersebut kemudian langsung dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab. Peserta talk show sangat antusias dalam mengikuti acara ini dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang sangat kritis. Sementara itu, Bapak Sumaryanto lebih banyak membagi pengalaman dan memberikan motivasi kepada para peserta talk show agar lebih rajin dalam mencari informasi mengenai beasiswa. Beliau menyampaikan materi dengan ringan dan penuh canda sehingga peserta pun tidak merasa tegang dan sangat menikmati jalannya talk show.

Acara yang bertempat di Ruang Seminar Gedung Kuliah I FBS ini dinilai cukup sukses memberikan sumbangsih dalam upaya meningkatkan jumlah penerima beasiswa di FBS. Ibu Kun secara langsung menyampaikan rasa terima kasihnya kepada panitia talk show yang telah berinisiatif membantu Fakultas dalam menyosialisasikan beasiswa sehingga informasi dapat tersebar lebih luas kepada mahasiswa FBS. Peserta pun menjadi sangat tertarik dan lebih mengerti cara-cara mencari dan memperoleh beasiswa. Beberapa peserta bahkan mengaku ingin segera bergabung dengan IMPB agar dapat memperoleh informasi lengkap dan cepat mengenai beasiswa-beasiswa yang ditawarkan di FBS. (Zakiyah/HumasFBS)