Ngangkring Bareng Dekanat: Membawa FBS Berpikir Global dan Bertindak Lokal

FBS-Karangmalang. Sejumlah aktivis BEM Fakultas, UKM Fakultas, himpunan mahasiswa jurusan, dan mahasiswa FBS tampak meramaikan acara Ngangkring bareng dekanat di Pendopo Tedjokusumo, Selasa (6/12). Program kerja rutin BEM FBS UNY ini menghadirkan dekan FBS, Prof. Dr. Zamzani, M.Pd., yang didampingi tiga wakil dekan baru FBS, meliputi: Dr. Widyastuti Purbani, M.A. (Wakil Dekan I). Sudarmadji, M.Pd. (Wakil Dekan II), dan Dr. Kun Setyaning A (Wakil Dekan III).

Dalam acara tersebut, Prof. Dr. Zamzani mengatakan bahwa seharusnya tema ngangkring pada kesempatan ini bukan dengan tajuk “Mau dibawa kemana FBS” akan tetapi lebih cocok kalau bertajuk “Bagaimana cara membawa FBS”. Untuk itu, menurut Widyastuti Purbani, membutuhkan peningkatan kualitas SDM FBS dengan cara memperpendek masa studi mahasiswa (4,5 tahun), meningkatkan kualitas pembimbingan, meningkatkan profesionalitas, dan menambah jumlah buku di perpustakaan.

Sementara itu, baik Sudarmaji dan Kun Setyaning A. sepakat untuk meningkatkan sarana dan prasarana pendukung akademik dan kegiatan kemahasiswaan. Selain itu, menurut mereka, dibutuhkan kerjasama untuk membawa FBS menuju tingkat yang lebih bermutu dengan pemikiran think globally act locally—berpikir global dan bertindak lokal. “Ya, bagaimana membawa FBS UNY untuk go internasional tetapi tetap menjaga kearifan lokal, menjadikan FBS sebagai kantong budaya serta mewujudkan seni yang mencerminkan budaya nusantara.” (Tica)