Mei Akan Dilaksanakan Konferensi Internasional Kebudayaan Daerah dan Penyerahan "Rancage" 2010

FBS-KARANGMALANG. Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah FBS UNY bekerjasama dengan Ikatan Dosen Budaya Daerah Indonesia (IKADBUDI) dan Yayasan Rancage akan menyelenggarakan Konferensi Internasional Kebudayaan Daerah pada hari Sabtu, 29 Mei 2010 bertempat di Auditorium UNY Yogyakarta.

Tujuan dari kegiatan ini adalah membangkitkan kembali kesadaran kearifan lokal untuk mengimbangi perkembangan perkembangan dunia yang semakin kompleks. Dengan keseimbangan antara jagad global dan jagad lokal diharapkan dapat menciptakan ketenteraman, kedamaian, dan kesejahteraan dengan rasa aman dan nyaman manusia dalam menjalai kehidupan secara personal, sosial, dan profesional, demikian diungkapkan oleh ketua panitia penyelenggara Dr. Suwarna, M.Pd. (Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah FBS UNY).

Diungkapkan pula bahwa kegiatan yang menurut rencana dikolaborasi dengan Penyerahan Hadiah Sastra "Rancage" dan Musyawarah Nasional IKADBUDI ini mengambil tema "Membaca Kembali, Menafsirkan, dan Mengkreasikan Makna serta Memanfaatkan Kearifan Lokal dalam rangka Pengembangan Karakter Bangsa" dengan menampilkan nara sumber dari dalam dan luar negeri antara lain: Prof. Dr. Din Cho Ming (Malaysia), Prof. Dr. Rahim Aman (Malaysia), Ibrahim (Afrika Selatan), Cyril Bernard Rahman (Solomon), Prof. Dr. Gunawan Sumodiningrat (Indonesia-UGM), dan Prof. Dr. Ajib Rosyidi (Yayasan RANCAGE), dan Keynote Speaker Sri Sultan Hamengku Buwono X.  (Arum/Dhian)