JURNAL LITERA FBS BEKERJA SAMA DENGAN FE UNY MENGADAKAN PELATIHAN PENGEMBANGAN JURNAL ELEKTRONIK

FBS-Karangmalang. Untuk menunjang kualitas dan akreditasi jurnal perlu adanya pengelolaan yang akuntabel. Pengelolaan tersebut, tentunya tidak akan lepas dari peran penting elektronik (IT). Oleh karena itu, redaktur  jurnal LITERA menggelar acara Pelatihan Pengembangan Jurnal Elektronik pada Kamis, 28 Januari 2016 untuk semua pengelola dan reviewer jurnal di FBS dan FE UNY. Acara tersebut dibuka oleh Dekan FBS, Dr. Widyastuti Purbani, M.A. dan dihadiri oleh ketua jurnal LITERA, Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro dan Dekan Fakultas Ekonomi. Sebagai pemateri tunggal disampaikan oleh Daniel Oranova Siahaan, S.Kom., M.Sc., P.D. Eng. dari Institut Teknologi Surabaya (ITS). Palatihan ini dilaksanakan di Ruang Seminar Lantai 3 Gedung PLA FBS UNY.

Materi pelatihan sesi pertama Manajemen Pengelolaan Jurnal Elektronik yang diperuntukkan untuk pengelola jurnal di FBS dan FE. Materi kedua Reviewer Jurnal Elektronik yang diperuntukkaan untuk para Mitra Bebestari/reviewer jurnal di FBS dan FE. Peserta yang hadir sekitar 70 peserta terdiri atas 35 pengelola jurnal dan 35 reviewer.  Pelatihan dimulai pukul 08.00 s.d 10.00 dengan materi pengelolaan jurnal elektronik. Kemudian dilanjutkan pukul 10.00 s.d. 12.30 dengan materi reviewer jurnal elektronik.

Para peserta langsung mempratikkan materi yang dilatihkan oleh pembicara. Pertama peserta berlatih membuat akun penulis (author) dalam jurnal elektronik.  Kedua, peserta praktik membuat akun reviewer.  Ketiga, peserta membuat akun editor dan jurnal manager. Semua peserta mengikuti dengan antusias, meskipun terkadang ada proses yang tidak bisa dilalui karean akses internet yang terkadang berhenti. Akan tetapi, berbagi persoalan yang dialami peserta dapat didiskusikan dengan pemateri (Wawan)