Dosen dan Mahasiswa Musik Latih Darmasiswa dan KNB Bermain Angklung

      UNY-Karangmalang. Jumat tempo lalu  (20/9) terdengar suara-suara merdu dari ruang kelas A1 KUIK UNY. Sekitar 35 mahasiswa asing program darmasiswa dan KNB (Kemitraan Negara Berkembang) tengah memainkan lagu Suwe Ora Jamu dengan angklung. Dosen jurusan Pendidikan Seni Musik UNY, Dra. Ayu Niza Machfauzia, M.Pd. dan dua orang mahasiswanya yaitu Aldo Achmad dan Akbar Andriansyah diundang untuk melatih mereka memainkan alat musik tradisional Sunda tersebut.
     Workshop angklung ini merupakan rangkaian kegiatan yang tiap tahun diselenggarakan khusus untuk mahasiswa asing  UNY. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan kesenian asli Indonesia. Selain angklung, mahasiswa-mahasiswa asing tersebut juga diajak untuk belajar gamelan di FBS pada Jumat (27/9).
     Workshop tersebut dimulai pada pukul 9.00 dengan diskusi singkat mengenai musik dan angklung. Mahasiswa-mahasiswa asing tampak sangat antusias dan bersemangat. Mereka tidak sabar untuk langsung mencoba memainkan angklung.
      Kelas selanjutnya dibagi menjadi dua bagian. Sebagian besar mahasiswa memainkan angklung dan sebagian lainnya mendapat tugas untuk menyanyikan lagu Suwe Ora Jamu. Butuh waktu yang cukup lama untuk mengajari mereka memainkan angklung, karena angklung merupakan instrument yang cukup asing bagi mereka. Akan tetapi, hal tersebut menjadi mudah karena Ibu Ayu memandu mereka dengan baik dan Akbar pun mengiringi permainan angklung mereka dengan gitar.
         Workshop ini dilanjutkan dengan latihan pada  Kamis dan Jumat (25-26/9) di ruang ansamble gedung Seni Musik FBS untuk selanjutnya dipentaskan di Opening Ceremony penerimaan mahasiswa asing oleh Rektor. Selain lagu Suwe Ora Jamu, mereka juga akan membawakan lagu Yamko Rambe Yamko dari Papua. (Zakia/Humas FBS)