Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Main Menu - En

  • Profile
    • History
    • Vision and Mission
    • Faculty Leaders
    • Lecturers
    • Facilities
    • Faculty Profile Video
  • Department
    • Indonesian Language and Literature Education
      • Indonesian Language and Literature Education
      • Indonesian Language and Literature
      • Master of Indonesian Language and Literature Education
    • Fine Art Education
      • Craft Education study program
      • Fine Art Education study program
    • English Language Education
      • English Language Education study program
      • English Literature study program
      • Master of English Language Education study program
    • French Language Education
    • German Language Education
    • Dance Education
    • Music Education
    • Javanese Language Education
    • Master of Applied Linguistics
    • Master of Art Education
    • Language Education Science
  • Academic
    • Admission
    • Accreditation
    • Calendar
    • Regulations
    • Lesson Plan
  • Student and Alumni
    • Students
      • Academic information system
      • Activities and Achievements
      • E-Learning
      • E-Library
        • Direct Access Journal
        • E-Journal Student
        • E-Journal
        • Online Catalog
        • E-Services
        • Registration
        • Single Tuition Fee
      • Alumni
        • Alumni information system
        • Career
        • Tracer Study
  • Partner
    • Cooperation Document
    • Domestic
    • International
  • Publication
  • Quality Assurance
    • Quality Assurance Unit (QAU)
      • Vision & Mission
      • Organizational Structure
      • Homepage
      • Document
        • Report
        • Standar Operational Procedure
        • Download
        • Additional Document For FIBAA
      • Online Survey
        • Monitoring and Evaluation of the Teaching and Learning Process
        • Lecturer Satisfaction Survey
        • Student Satisfaction Survey
        • Alumni Satisfaction Survey
        • Graduate User Satisfaction Survey
        • Building User Satisfaction Survey
  • Facilities
    • Building and Classroom
    • Library
      • Central Library Building
      • Digital Library Building
      • Faculty Library Building
      • E-Library (Digital Collection)
    • Laboratory
    • Guesthouse/Dormitory
    • Public Facilities
    • List of Faculty Rooms
    • Guesthouse/Dormitory
    • Office 365, Windows 10, Zoom Licenses
    • Wifi Network (Eduroam)

Breadcrumb

  • Home
  • Seni dan Sastra Anak Diambang Lenyap: Quo Vadis?

Seni dan Sastra Anak Diambang Lenyap: Quo Vadis?

By admin | 8:48 AM WIB, Tue January 13, 2015

FBS-Karangmalang. Dunia anak perlu diselamatkan dari prahara budaya pop yang tiap harinya mendoktrin secara implisit melalui media elektronik. Implikasinya, sikap anak terhadap lingkungan sosialnya berkembang ke arah pendewasaan dini dan tak mengenal moralitas yang “seharusnya” sesuai usia normalnya. Asupan media tiap detiknya menjadi penyebabnya. Bila hal itu tak di-filter sesuai porsinya, harapan bangsa terhadap anak-anak sebagai sendi peradaban masa depan akan lenyap. Berangkat dari persoalan itu BEM FBS UNY kabinet Serawung 2014/2015 menginisiasi kegiatan Seminar Internasional bertajuk Improving the Role of Arts and Literatures as a Medium of Character Education for Children pada 17 Desember 2014 di Laboratorium Karawitan, FBS, UNY.
    Strategi dan siasat terhadap gempuran identitas kebudayaan “anak-anak” di Indonesia tersebut ditelaah melalui perspektif seni dan sastra. Dua elemen itu dipercaya menjadi pembangun karakter (pendidikan moral/karakter) pada anak. Oleh karenanya, BEM FBS menyatu-padukan empat pembicara yang mengkaji seni dan sastra anak dalam satu forum. Pembicara sekaligus pemakalah dalam Seminar Internasional yang juga didukung oleh Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK) UNY, mendatangkan Dr. Katrin Bandel (Pakar sastra dan filsafat post-kolonialisme berkebangsaan Jerman), Dik Doang (Pegiat Seni Pengajaran Bagi Anak-anak di Kandang Jurang Doang Jakarta), Anandayu Suri Ardini (Pegiat sastra anak di Komunitas Kolong Tangga yang diasuh oleh Rudy Corens), dan M. Bayu Tejo Sampurno (Mahasiswa Pascasarjana Seni Pertunjukan UGM dan juga peneliti pengajaran melukis bagi anak-anak berkebutuhan khusus).
    Pergolakan tingkah laku dan dunia anak ternyata dinarasikan melalui novel remaja, ungkap Bandel dalam pemaparannya tentang novel remaja. Uniknya, lanjut Bandel, novel remaja di Indonesia ditulis sendiri oleh sang remaja. Berbeda dengan kondisi di Jerman: pelbagai ceritera keremajaan di dalam novel pastilah ditulis oleh orang dewasa secara mandiri—yang secara psikologis tidak bisa dikatakan lagi sebagai remaja. “Kondisi ini memang menarik. Mengingat, pengetahuan empiris yang dapat dipetik langsung oleh pembaca saat membaca novel remaja; ternyata ceritera (dalam novel itu) ditulis langsung berdasarkan pengalaman pribadi remaja,” ungkap dosen yang mengajar sastra di Universitas Sanata Dharma itu. Menurut Bandel, di Indonesia belumlah banyak penelitian hal ihwal pendidikan moral dalam sebuah novel remaja. “Padahal, melalui pengkajian ilmiah terhadap novel remaja, kita dapat mengetahui dunia anak secara langsung. Hal ini sangat berguna bila ingin mengeksplorasi lebih dalam tentang sastra anak,” jelasnya.
    Sebaliknya, ihwal pengajaran seni untuk anak-anak Dik Doang menyampaikan strategi khusus andalannya. “Pengajaran seni untuk anak haruslah dibarengi dengan permainan kreatif, sehingga sang anak menikmati proses pembelajarannya,” jelas pengasuh sekaligus pendiri Kandang Jurang Doang itu. Doang menitikberatkan pada kenyataan pembelajaran yang ada di komunitas yang diasuhnya. Di sana, pengajaran dilakukan dengan mengacu pada “pendidikan haruslah diarahkan pada kemerdekaan kreativitas siswa”. Oleh karena itu, tak heran apabila anak jalanan yang diasuh Doang di tempatnya itu malah melahirkan seniman hebat—terutama pelukis.
    Selain itu, Anandayu memaparkan makalahnya dengan berpijak pada penelitian tentang Dekonstruksi Konsep Kepahlawanan oleh JK Rowling dalam Dongeng Berjudul The Warlock’s Hairy Heart. Ia mengulas tuntas tentang teori dekonstruksi yang dicetuskan oleh Derrida. Melalui teori itu, ia secara garis besar menguak antara konsep ideal versus marginal yang didekonstruksikan dengan penggambaran hubungan antara Sang Ksatria dan Pelayananya. Senada dengan Anandayu, Tejo berangkat dari persoalan penelitian mandirinya tentang seni lukis. “Setiap anak memiliki keunikan yang sering diekspresikannya dengan spontan tanpa terhalang oleh batasan-batasan pemahaman layaknya orang dewasa,” paparnya di alinea akhir makalahnya. Ia berkeyakinan bahwa seni menjadi penghalus etika anak. Apalagi, jika seni lukis diajarkan sejak dini, katanya. “Melalui seni, maka sang anak akan ada. Lalu, kreativitas otak pun berkembang,” tutur Tejo yang alumnus Pendidikan Seni Rupa, FBS, UNY angkatan 2010 itu.
    Melalui gelaran internasional yang diadakan BEM FBS ini, Akhlis M. Makrifat selaku ketua panita mengatakan: “Semoga tercipta sebuah konsepsi pemahaman alternatif tentang seni dan sastra anak untuk pendidikan karakter.” Terlebih, acara ini sangat relevan dengan pendidikan karakter yang didengungkan oleh UNY—menjadi istilah “luhur”—sebagai kampus yang dikenal publik nasional sebagai punggawa “Leading in Character Building”. Dengan demikian, harapannya Seminar Internasional ini menjadi kontribusi kecil bagi kemaslahatan kolektif. (Rony/Humas FBS).
 

seminar

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekutif Mahasiswa FBSB UNY
  • Student Organization of FBSB

Bagian dan Sub Bagian

  • Layanan Administrasi
  • Layanan Pendidikan
  • Unit Penjaminan Mutu FBS
  • Unit Layanan Keuangan dan Akuntansi
  • Layanan Umum Kepegawaian dan Perlengkapan
  • Layanan Kemahasiswaan dan Alumni
  • Unit Kerjasama dan Humas
  • Unit Kinarya Kuningan

Contact Us

Address: Colombo Street No 1, Yogyakarta 55281,
Phone (0274) 550843, (0274) 546719, Fax (0274) 548207
Website: http://fbsb.uny.ac.id
Email: fbsb@uny.ac.id;
humas_fbsb@uny.ac.id;

Googlemap

 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY