Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Main Menu - En

  • Profile
    • History
    • Vision and Mission
    • Faculty Leaders
    • Lecturers
    • Facilities
    • Faculty Profile Video
  • Department
    • Indonesian Language and Literature Education
      • Indonesian Language and Literature Education
      • Indonesian Language and Literature
      • Master of Indonesian Language and Literature Education
    • Fine Art Education
      • Craft Education study program
      • Fine Art Education study program
    • English Language Education
      • English Language Education study program
      • English Literature study program
      • Master of English Language Education study program
    • French Language Education
    • German Language Education
    • Dance Education
    • Music Education
    • Javanese Language Education
    • Master of Applied Linguistics
    • Master of Art Education
    • Language Education Science
  • Academic
    • Admission
    • Accreditation
    • Calendar
    • Regulations
    • Lesson Plan
  • Student and Alumni
    • Students
      • Academic information system
      • Activities and Achievements
      • E-Learning
      • E-Library
        • Direct Access Journal
        • E-Journal Student
        • E-Journal
        • Online Catalog
        • E-Services
        • Registration
        • Single Tuition Fee
      • Alumni
        • Alumni information system
        • Career
        • Tracer Study
  • Partner
    • Cooperation Document
    • Domestic
    • International
  • Publication
  • Quality Assurance
    • Quality Assurance Unit (QAU)
      • Vision & Mission
      • Organizational Structure
      • Homepage
      • Document
        • Report
        • Standar Operational Procedure
        • Download
        • Additional Document For FIBAA
      • Online Survey
        • Monitoring and Evaluation of the Teaching and Learning Process
        • Lecturer Satisfaction Survey
        • Student Satisfaction Survey
        • Alumni Satisfaction Survey
        • Graduate User Satisfaction Survey
        • Building User Satisfaction Survey
  • Facilities
    • Building and Classroom
    • Library
      • Central Library Building
      • Digital Library Building
      • Faculty Library Building
      • E-Library (Digital Collection)
    • Laboratory
    • Guesthouse/Dormitory
    • Public Facilities
    • List of Faculty Rooms
    • Guesthouse/Dormitory
    • Office 365, Windows 10, Zoom Licenses
    • Wifi Network (Eduroam)

Breadcrumb

  • Home
  • Tim UNY Menangkan Duel Debat Mahasiswa Tingkat Nasional

Tim UNY Menangkan Duel Debat Mahasiswa Tingkat Nasional

By admin-berita | 8:49 AM WIB, Mon February 25, 2013

Duel Debat Mahasiswa Tingkat Nasional dengan tema “Selamatkan Kretek Selamatkan Indonesia” yang diadakan Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) pada Jum’at (22/02) berhasil dimenangkan oleh Tim Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Tim yang diwakili oleh Zyah Rochmad Jaelani (PBI 2009), Annisa Laura Maretha (PBI 2008), dan Astri Ollivia Kuncahya (PBI 2010) tersebut sukses menyingkirkan 82 tim dari universitas papan atas di Indonesia.

“Sebelumnya kami diminta membuat salah satu resume dari 10 tema debat yang ditawarkan panitia,” tutur Zyah. Akhirnya dengan persiapan mendadak, ketiga mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) itu sepakat membuat resume bertemakan Cukai Kretek Lunasi Hutang RI, Mengapa Tidak?. Resume itulah yang membuat tim UNY lolos ketahapan 20 besar untuk mengikuti babak penyisihan.

Tim UNY yang berperan sebagai pihak pro saat final melakukan perlawanan sengit terhadap UNES. Duel kala itu mengusung tema mengenai Solusi bagaimana Menyelesaikan Masalah Kretek di Indonesia. Zyah mengemukakan ada beberapa poin pokok yang mereka tawarkan, “Hal pertama adalah memperbaiki citra kretek dengan melakukan riset. Biaya riset sendiri akan diambil dari cukai.” Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa riset ini dapat memperkuat bukti jika kretek memiliki kandungan positif yang dapat mengobati sesak nafas dan mengurangi gejala parkinson.

 Selain itu diperlukan juga Law enforcement atau menegakkan peraturan yang sudah dibuat, “Seperti memberikan batasan umur 18 tahun keatas untuk merokok dan penertiban smoking area.” Poin selanjutnya adalah melakukan kampanye untuk mengklasifikasikan manfaat kretek dan mengembalikan bargaining position di dalam maupun luar negeri.  “Dengan begini publik akan percaya sehingga pasar kretek bisa bertambah begitu pula dengan cukainya. Jika begitu, hal ini bisa dimanfaatkan untuk melunasi utang negara kita,” tutup Zyah yang aktif sebagai wakil ketua Jogja Debating Forum.

Dengan argumen tersebut, tim UNY keluar sebagai Juara I, disusul UNES, dan UNAIR. Tampil sebagai Juara Harapan I-III, UNDIP, IKOPIN Bandung, Universitas Kristen Maranatha. Sebagai hadiahnya tim UNY berhak memboyong trofi dan uang sebesar Rp 5.000.000,00. (Fitriananda/HumasFBS)

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekutif Mahasiswa FBSB UNY
  • Student Organization of FBSB

Bagian dan Sub Bagian

  • Layanan Administrasi
  • Layanan Pendidikan
  • Unit Penjaminan Mutu FBS
  • Unit Layanan Keuangan dan Akuntansi
  • Layanan Umum Kepegawaian dan Perlengkapan
  • Layanan Kemahasiswaan dan Alumni
  • Unit Kerjasama dan Humas
  • Unit Kinarya Kuningan

Contact Us

Address: Colombo Street No 1, Yogyakarta 55281,
Phone (0274) 550843, (0274) 546719, Fax (0274) 548207
Website: http://fbsb.uny.ac.id
Email: fbsb@uny.ac.id;
humas_fbsb@uny.ac.id;

Googlemap

 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY