Skip to main content

   Indonesia   |    English

CAPTCHA
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
  • Reset your password

Main Menu - En

  • Profile
    • History
    • Vision and Mission
    • Faculty Leaders
    • Lecturers
    • Facilities
    • Faculty Profile Video
  • Department
    • Indonesian Language and Literature Education
      • Indonesian Language and Literature Education
      • Indonesian Language and Literature
      • Master of Indonesian Language and Literature Education
    • Fine Art Education
      • Craft Education study program
      • Fine Art Education study program
    • English Language Education
      • English Language Education study program
      • English Literature study program
      • Master of English Language Education study program
    • French Language Education
    • German Language Education
    • Dance Education
    • Music Education
    • Javanese Language Education
    • Master of Applied Linguistics
    • Master of Art Education
    • Language Education Science
  • Academic
    • Admission
    • Accreditation
    • Calendar
    • Regulations
    • Lesson Plan
  • Student and Alumni
    • Students
      • Academic information system
      • Activities and Achievements
      • E-Learning
      • E-Library
        • Direct Access Journal
        • E-Journal Student
        • E-Journal
        • Online Catalog
        • E-Services
        • Registration
        • Single Tuition Fee
      • Alumni
        • Alumni information system
        • Career
        • Tracer Study
  • Partner
    • Cooperation Document
    • Domestic
    • International
  • Publication
  • Quality Assurance
    • Quality Assurance Unit (QAU)
      • Vision & Mission
      • Organizational Structure
      • Homepage
      • Document
        • Report
        • Standar Operational Procedure
        • Download
        • Additional Document For FIBAA
      • Online Survey
        • Monitoring and Evaluation of the Teaching and Learning Process
        • Lecturer Satisfaction Survey
        • Student Satisfaction Survey
        • Alumni Satisfaction Survey
        • Graduate User Satisfaction Survey
        • Building User Satisfaction Survey
  • Facilities
    • Building and Classroom
    • Library
      • Central Library Building
      • Digital Library Building
      • Faculty Library Building
      • E-Library (Digital Collection)
    • Laboratory
    • Guesthouse/Dormitory
    • Public Facilities
    • List of Faculty Rooms
    • Guesthouse/Dormitory
    • Office 365, Windows 10, Zoom Licenses
    • Wifi Network (Eduroam)

Breadcrumb

  • Home
  • Foto Jurnalistik Itu Mencerahkan

Foto Jurnalistik Itu Mencerahkan

By admin | 3:54 PM WIB, Thu February 10, 2011

FBS-Karangmalang. Minggu, (6/2) ruang seminar di lantai 3 PLA FBS, menjadi gelap dan satu-satunya cahaya hanya bersumber dari dua layar yang memperlihatkan foto-foto hasil Jepretan Rizal Fathoni, pewarta foto  Kompas. Ketika mata sedang melototi gambar-gambar itu, Riza berkisah tentang sejarah dibalik pembuatan foto hasil karyanya. Foto pertama adalah foto petugas yang sedang membersihkan turbin,  Foto ini diambil Riza setelah bertanya kepada petugas tentang jadwal perawatan turbin. Inipun dengan bersusah payah mendapat ijin dari pihak industri. foto kedua adalah seorang pesilat yang sedang bermanuver dengan tongkatnya dari sudut pandang bawah dan menggunakan permainan lensa. Foto kedua ini diambil riza ketika ditugaskan di China. Hingga lanjut ke foto ketiga dan selanjutnya, banyak peserta yang bertanya tentang teknik pengambilan gambar dan tips trik dari Riza.  
Bagi Riza, di balik keterampilannya bermain dengan alat potret ini ia memiliki alasan untuk memilih menjadi fotografer jurnalistik  dibandingkan fotografer di bidang lainnya, “ Fotografi jurnalistik itu membuka wacana, mencerahkan orang lain da melakukan perubahan,” tegasnya.
Selain dibuat terpukau dengan hasil jepretan fotografer jurnalistik ini, peserta Workshop Fotografi Jurnalistik dalam Kompas Muda juga diajak berdialog interaktif seputar terutama etika fotografi dalam jurnalistik. “Foto  dalam jurnalistik memang menjadi atensi pembaca dalam membaca berita namun masalahnya mengambil gambar untuk berita tidak bisa sesuka hati.” Etika fotografi dalam jurnalistik inilah yang perlu disadari oleh fotografer, “Biasanya ada orang yang tidak mau wajahnya di-ekspose untuk berita, jadi lebih baik dekati secara emosional bila kemungkinan tetap bisa diambil fotonya, “ saran Riza.
Riza juga berbagi cerita tentang kesulitan menentukan pencahayaan yang baik untuk pengambilan gambar, “lokasi sumber berita terkadang tidak mendukung bagi kita untuk mengambil gambar yang bagus. Jadi, Kreativitas kita berperan penting di sini dalam bermain dengan sudut pandang dan pencahayaan.” Ketika ada peserta yang bertanya tentang etika fotografi untuk image editing , “Mengedit lightning  itu diperbolehkan asal tidak mengedit sesuatu yang tidak sesuai dengan fakta berita.” Jawabnya.(febi)

Fakultas di UNY

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Vokasi
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Hukum
  • Sekolah Pascasarjana

Organisasi Mahasiswa

  • Badan Eksekutif Mahasiswa FBSB UNY
  • Student Organization of FBSB

Bagian dan Sub Bagian

  • Layanan Administrasi
  • Layanan Pendidikan
  • Unit Penjaminan Mutu FBS
  • Unit Layanan Keuangan dan Akuntansi
  • Layanan Umum Kepegawaian dan Perlengkapan
  • Layanan Kemahasiswaan dan Alumni
  • Unit Kerjasama dan Humas
  • Unit Kinarya Kuningan

Contact Us

Address: Colombo Street No 1, Yogyakarta 55281,
Phone (0274) 550843, (0274) 546719, Fax (0274) 548207
Website: http://fbsb.uny.ac.id
Email: fbsb@uny.ac.id;
humas_fbsb@uny.ac.id;

Googlemap

 

Copyright © 2025

Developed & Designed by Tim Website UNY