LAGI, MAHASISWA FBS UNY JUARA BACA PUISI NASIONAL

FBS, KARANGMALANG–Anisa Rahayu, Mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih juara 2 lomba baca puisi tingkat nasional, pada ajang Gebyar Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Siliwangi (UNSIL), Sabtu (26/10).

Perlombaan yang diikuti peserta dari berbagai wilayah di Indonesia ini, berhasil dimenangkan Anisa. “Alhamdulillah bisa mendapatkan peringkat dua cabang baca puisi,” ucap Anisa.

Dikatakan Anisa bahwa puisi yang dibacakan pada lomba ini berjudul Kepada Waktu karya Bode Riswandi. “Jadi pada perlombaan ini puisinya dibebaskan untuk memilih sendiri. Kalau saya memilih puisi ini karena bagus dan mengandung makna yang menantang untuk ditafsirkan,” ungkapnya.

“Puisi yang saya bacakan menceritakan keindahan bumi, sejarah kehidupan manusia, serta menggambarkan perubahan-perubahan di bumi menyambut globalisasi seiring berjalannya waktu,” imbuh Anisa yang antusias mengikuti lomba yang dihelat Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesi, FKIP Universitas Siliwangi.

Anisa menceritakan bagaimana ia berlatih dalam menghadapi lomba ini. “Saya berlatih puisi ini dalam waktu tujuh hari. Setiap malam saya berlatih di pelataran GK 4 yang banyak orang, tujuannya untuk mengontrol emosi sekaligus melatih keberanian dan kepercayaan diri,” ungkapnya.

“Tips dan trik untuk mengikuti lomba baca puisi adalah jangan hanya mengharapkan untuk menang. Tapi fokus terhadap bagaimana mengurangi kesalahan dan percaya pada kemampuan diri sendiri,” lanjut Anisa.

Raihan ini bukan kali pertama Anisa mendapatkan juara pada lomba baca puisi. Pada tahun 2019 ia juga mendapatkan juara 1 pada kategori lomba baca puisi di ajang perlombaan Islamic Ramadhan Festival se-DIY yang diadakan oleh HASKA UNY.

Capaian yang diperoleh Anisa Rahayu menambah daftar perolehan juara baca puisi yang diraih mahasiswa FBS UNY. Sepekan sebelumnya, Eci Safitri (mahasiswa PBSI FBS UNY) berhasil meraih juara I dalam lomba baca puisi umum tingkat nasional Semarak Indonesia yang berlangsung di Universitas Negeri Semarang, pada Sabtu (19/10). [dhea]