FBS Siap Laksanakan Program Kuliah Kredit Transfer UNY-Fontys University of Applied Science

FBS-KARANGMALANG. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta siap melaksanakan program kuliah kredit transfer semester genap 2016/2017 kerjasama dengan Universitas Fontys, Eindhoven, Belanda. Demikian dikemukakan koordinator program BIPA, Tri Sugiarto, M.Hum. dalam rapat persiapan kuliah kerjasama antara Universitas Fontys dengan Universitas Negeri Yogyakarta. “Tahun ini kami akan menyenggarakan perkuliahan dengan tujuh orang mahasiswa dari Fontys University, Belanda,” kata Pak Dede, panggilan akrab Tri Sugiarto.

Jumlah mahasiswa dari Universitas Fontys tahun ini lebih banyak dari tahun lalu yang hanya berjumlah empat orang. Para mahasiswa dari Belanda tersebut direncanakan akan datang ke Indonesia pada Kamis (9/2/2017). Mereka akan mengikuti sejumlah program. Di samping mengikuti perkuliahan, para mahasiswa tersebut juga akan mengikuti program praktik pengajaran di sekolah serta program pengenalan kebudayaan dan kesenian Indonesia, seperti belajar memainkan angklung, membatik, dan menari.

Tim BIPA UNY juga telah menyiapkan sekolah yang akan digunakan sebagai praktik kuliah lapangan. SD Percobaan 2 Sleman dipilih sebagai lokasi praktikum. Selain sekolah utama sebagai praktikum, terdapat beberapa sekolah yang akan dijadikan sebagai lokasi observasi tambahan. Sekolah-sekolah tersebut, antara lain SDIT Nurul Islam, SD Montensory School, dan SD Budi Utama. “Kami akan terus memperbaiki pelaksanaan berdasarkan evaluasi dari pengelolaan tahun lalu,” demikian tambah Pak Dede.

Dalam sesi evaluasi, dekan FBS UNY, Dr. Widyastuti Purbani menegaskan agar evaluasi program perlu terus dilakukan agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik. “Kita perlu menekankan evidence based policy. Perbaikan-perbaikan yang didasarkan atas temuan dan fakta di lapangan,” kata Bu Widyastuti Purbani. Dengan perbaikan-perbaikan atas pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya, FBS UNY menyatakan lebih siap melaksanakan kuliah kerjasama antara Universitas Fontys dengan Universitas Negeri Yogyakarta di semester genap 2016/2017. [dby]