“Kecimpung” Pameran Karya Seni Mahasiswa FBS UNY

FBS-Karangmalang. Jurusan Pendidikan Seni Rupa Program Studi Pendidikan Seni Rupa dan Kriya Angkatan 2015 Fakultas Bahasa dan Seni UNY menggelar pameran karya seni dengan tema “Kecimpung” di Galeri Seni Jogja Nasional Museum (JNM) Yogyakarta 4 s.d. 6 Maret 2016. Pameran yang menggelar sekitar 200 karya seni rupa maupun kriya ini dibuka oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Ibu Dr. Widyastuti Purbani, M.A.

Disela-sela pameran, ketua panitia pameran Hakim Al Gaffaru mengatakan, pameran ini didasari atas keinginan para mahasiswa Pendidikan Rupa dan Kriya angkatan 2015 untuk mengadakan pameran karya seni dengan mengangkat tema ‘Kecimpung’ yang berarti berkecimpung, bertugas, berkenaan dan turut serta dalam segala aktivitas dan dari kecimpung ini dimaksudkan pula untuk mewujudkan suasana kebersamaan mahasiswa angkatan 2015. Karya-karya dari mahasiswa angkatan 2015 ini perlu kita pamerkan supaya menambah tali persaudaraan antar teman satu angkatan dan mendapatkan apresiasi tidak hanya lingkup mahasiswa namun juga lingkup masyarakat.

“Pada pameran karya seni ini, merupakan pameran pertama kali yang diselenggarakan di luar Kampus agar masyarakat juga dapat mengapresiasi serta dapat menambah nilai eksistensi jurusan seni rupa, FBS UNY di mata masyarakat. Banyak mahasiswa yang memamerkan karya-karya mulai dari lukisan, karya patung, karya grafis, karya desain, batik, logam, kayu, keramik dan kulita. Hal ini yang mungkin menarik untuk para pengunjung karena banyak karya – karya yang dapat di apresiasi dari pameran seni tersebut sehingga dapat menambah wawasan kita mengenai karya,” lanjutnya.

”Para Mahasiswa yang ikut memamerkan pameran juga sangat senang ada wadah untuk mengapresiasi karyanya, juga dalam pameran ini untuk memupuk tali persaudaraan antar mahasiswa ankatan 2015. Untuk pendanaan sendiri kita menggunakan sistem swadana dan mendapat sedikit bantuan dari para sponsor yang membantu dalam pameran ini,” jelasnya.

Salah satu karya seni dari pameran ‘Kecimpung’ yang di buat oleh Wakhidan mahasiswa Seni rupa 2015 berupa karya lukisan dengan judul "Keep Communication", media acrylic on canvas 80 x 100 cm, Karya ini melukisakan kehidupan sosial yang dimana dilukiskan terdapat perbandingan pulau kota dan pulau desa, di pulau desa tersebut terdapat jembatan untuk menghubungkan masyarakatnya dimana jembatan itulah merupakan kunci dari komunikasi, berbeda dengan pulau di kota yang digambarkan dengan bangunan yang menjulang tinggi dan padat yang tidak terjalin komunikasi di lingkungan sekitarnya, lukisan ini dibuat sekitar 3 minggu untuk menyelesaikanya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni mengatakan,”Kegiatan ini sangat bagus disuguhkan oleh mahasiswa dan masyarakat. Dan saya juga sangat bangga kepada mahasiswa seni rupa dan seni kriya angkatan 2015 yang mengadakan pameran di luar kampus untuk mengenalkan potensi karya mahasiswa di lingkungan umum, juga selalu berbangga hati dengan karya-karya yang dipamerkan oleh para mahasiswa dengan mengangkat tema “Kecimpung” bermakna awal untuk terjun di dunia seni sangat bagus sekali, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mengembangkan potensi mahasiswa, menjalin keakraban dan kebersamaan yang positif. Dan saya juga sangat mengapresiasi dengan karya-karya yang dipamerkan oleh para mahasiswa dengan semangat gotong royong  dari mahasiswa 2015 dapat menjadi contoh angkatan selanjutnya. Saya yakin para mahasiswa terinspirasi dan tidak akan pernah berhenti untuk berkarya secara kreatif yang bisa kita tontonkan dan kita bisa pamerkan masyarakat”.

Kemudian, Ketua Jurusan Pendidikan Seni Rupa Ibu Dwi Retno Sri Ambarwati,S.Sn.,M.Sn. Mengatakan, saya selaku ketua jurusan dan seluruh dosen di Jurusan Pendidikan Seni Rupa sangat bangga dengan kiprah mahasiswa 2015 dalam menuangkan ide, gagasan dan imajinasi dalam bentuk karya seni rupa. Jejak – jejak kreatif yang terekanm dalam kanvas dan media lainya berupa aliran garis berirama ,berpola bahkan bergolak meninggalkan jejak suasana batin yang melingkupi didalam proses kreatif yang syarat akan teks teks hidup yang layak dimaknai dan diapressiasi, sukses untuk seterusnya dan tetap semangat”.

Respon dari pengunjung pameran ini, Zohan Ely Kurniawan Mahasiswa Pendidikan Seni rupa 2013, “Sangat mengesankan, dari karya yang ditampilkan sangat bagus, keren bisa pameran diluar kampus semoga masyarakat juga dapat mengpresiasi baik khususnya untuk karya mahasiswa seni rupa di FBS UNY, sukses buat acara pameranya! “,ujarnya. (Kholif)