Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Kuswarsantyo, M.Hum., Guru Besar bidang Pengkajian Seni Tari

Keterangan Sumber Foto: 
Humas FBSB UNY

FBSB UNY kembali menambah jumlah barisan Guru Besar dengan dikukuhkannya Prof. Dr. Drs. Kuswarsantyo, M.Hum., selaku Guru Besar bidang Pengkajian Seni Tari, Sabtu, 26 Agustus 2023 di Auditorium UNY bersama  13 Guru Besar  lainnya dari 6 Fakultas di UNY. 
Pidato Pengukuhan Prof. Kuswarsantyo berjudul”Intermedialitas dan Makna Beksan Ajisaka karya Sri Sultan Hemangku Bawono Ka-10”, yang dihadiri pula oleh pencipta tarinya yaitu Sri Sultan Hamengku Bawono IX, dan putri beliau Gusti Hayu. Tari “Beksan Ajisaka” juga ditampilkan,  yang merupakan “beksan kakung” atau tari putra yang pertama diciptakan Sultan HB X sejak bertakhta. Tarian ini diilhami oleh Sultan HB X sebagai esensi pemaknaan dibalik aksara  Jawa yang sangat sarat dengan makna ajaran luhur. Secara lengkap tarian ini dapat diartikan sebagai representasi sosok pemimpin yang melaksanakan Hablum minallah dan Hablum minannas selain itu juga meyakini bahwa dunia dan seisinya diciptakan tidak sembarangan karena memiliki tujuan. Tarian ini juga mengingatkan bahwa manusia punya keterbatasan yaitu bisa sakit dan mati, sebagai manusia kita bisa bisa membaca dan melihat tanda alam  dengan meyakini dan mencari serta menghadapi kenyataan yang diberikan oleh Allah.
Selamat dan Sukses Prof. Kuswarsantyo, M.Hum., semoga pencapaian ini dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. (dwiretnosa)