Mau Dibawa Kemana FBS Kita?

FBS-Karangmalang. “Mau dibawa kemana FBS kita?” itulah tema Ngangkring Bareng Dekanat season II yang bertempat di Pendopo Tedja Kusuma, Rabu (14/9). Tema yang diusung tersebut sengaja dicetuskan BEM FBS UNY dalam rangka sosialisasi dan pengenalan bakal calon Dekan FBS periode 2011-2015.

Dalam kesempatan tersebut hadir Dekan, para wakil Dekan, Ketua Panitia Pemilihan Dekan, beberapa jajaran dekanat lain, dan para Bakal Calon Dekan FBS, namun salah satu bakal calon dekan, Prof. Dr. Tri Hartiti Retnowati tidak bisa hadir dikarenakan ada tugas luar kota.

Ketua Panitia dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini bukan merupakan acara debat melainkan sharing antara mahasiswa dan calon dekan, hal senada juga disampaikan Prof. Dr. Zamzani, M.Pd. selaku dekan FBS “Acara ini selain sosialisasi juga merupakan wadah sharing tentang apa visi dan misi para calon dekan, sekaligus para calon dekan dapat mengetahui apa yang diinginkan mahasiswa dan para calon dekan bisa saling bertegur sapa untuk mengembangkan lembaga ini.”

Bertindak sebagai moderator yaitu Muh.Ibrahim, mahasiswa PBSI angkatan 2008, pembicara yang terdiri oleh Ketua Panitia Pemilihan Dekan FBS Rohali, M.Hum. dan dua bakal calon dekan FBS yaitu Prof. Endang Nurhayati dari Pendidikan Bahasa Jawa dan Prof. Dr. Zamzani dari Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI). “Pemilihan kali ini merupakan pemilihan yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan salah satu syarat yang diajukan adalah berpengalaman secara manajerial, misalnya pernah menjadi ketua jurusan atau sekretaris jurusan.

Setelah Ketua Panitia Pemilihan menjelaskan beberapa hal terkait tata cara pemilihan yang terdiri dari 35% pihak rektorat dan 65% dari senat, tibalah giliran Bakal Calon Dekan memaparkan visi-misinya. Secara garis besar visi-misi mereka tidak jauh dari visi misi lembaga. Untuk mengetahui secara detail, mahasiswa diminta untuk menyaksikan orasi mereka pada Selasa (20/9) di Gedung PLA lantai 3 pukul 08.00-10.00. “Di sana akan hadir para tamu undangan yang terdiri dari anggota senat dan 26 wakil mahasiswa. “ Bagi yang bukan undangan sudah disediakan layar besar untuk ikut menyaksikan.”

Setelah itu, acara dilanjutkan sesi tanya jawab. Salah satu pertanyaan yang menarik berasal dari Hamdan Nugroho, mahasiswa angkatan 2007 tentang bagaimana pembinaan keagamaan di FBS secara proposional? Mengingat FBS terdiri dari karakter beragam. Mendapat pertanyaan tersebut, kedua Calon Dekan FBS, baik Prof. Dr. Zamzani dan Prof. Dr. Endang Nurhayati sepakat bahwa jika salah satu mereka terpilih, mereka tidak hanya memimpin satu golongan saja dan menjadikan sikap saling menghormati dan toleransi sebagai kunci utama membangun keberagaman fakultas Ungu.

Acara selesai pukul 22.00 yang ditutup dengan hiburan dari mahasiswa yang membawakan lagu “Mau dibawa kemana Hubungan Kita?” yang diubah liriknya dan membuat para hadirin tertawa. (Fitri)