13 Dosen Dept. Pendidikan Seni Rupa FBSB UNY Pameran di Malaysia

Keterangan Sumber Foto: 
Dwi Retno SA

Pada tanggal 5 Juli 2023, Galeri Shah Alam Yayasan Seni Selangor Malaysia menjadi tuan rumah pameran seni yang berjudul "Rupa Arupa" karya 13 dosen Departemen Pendidikan Seni Rupa FBSB UNY. Pameran ini memamerkan total 81 karya seni yang terdiri dari batik,  drawing, lukisan, dan seni grafis. Pameran ini merupakan implementasi kerjasama antara Departemen Pendidikan Seni Rupa FBSB UNY dengan Galeri Shah Alam Malaysia.
Pengarah Galeri Shah Alam, Encik Badrul Yusof, sangat mengapresiasi kolaborasi yang telah terjalin antara FBSB UNY dan Galeri Shah Alamyang telah dimulai sejak tahun 2014 melalui penandatanganan dokumen kerjasama, yang telah diperpanjang untuk 5 tahun ke depan sebelum pembukaan pameran ini berlangsung.  Diharapkan ke depannya akan lebih banyak lagi kegiatan yang dapat dilaksanakan bersama, seperti workshop, PPM, dan penelitian.
Acara pembukaan pameran dihadiri oleh beberapa tokoh penting, termasuk Pengarah Galeri Encik Badrul Yusof, Timbalan Rektor Bidang Students Affairs Assoc. Prof. Badrul Isa, Pensyarah Kanan UiTM Encik Sumardianshs bin Billah, pengurus Galeri Encik Iszuan Ismail, Puan Nurani Adenan, Puan Syafiqah, Puan Komariah, Dato Zahabuddin bin Raja Yaacob, beberapa seniman Malaysia, dan masyarakat Shah Alam.
Dalam acara tersebut, Dr. Hajar Pamadhi, M.A (Hons), bertindak sebagai kurator dan memberikan penjelasan mengenai makna dari tajuk "Rupa Arupa". Beliau menyampaikan bahwa karya seni tidak hanya dinilai dari segi fisiknya, tetapi juga dari makna yang terkandung di dalamnya. Dengan begitu, pameran ini tidak hanya menyajikan keindahan visual, tetapi juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk merenungkan dan memahami makna yang terkait dengan setiap karya seni yang dipamerkan.(dwiretnosa)