Prodi Pendidikan Seni Kerajinan Berhasil Pertahankan Akreditasi A

FBS-KARANGMALANG – Prodi Pendidikan Seni Kerajinan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta (FBS UNY) berhasil mempertahankan peringkat akreditasi A. Demikian hasil yang terunggah di laman https://sapto.banpt.or.id. Keputusan tersebut tertuang dalam keputusan BAN-PT No. 2662/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017 yang ditandatangani Prof. T. Basaruddin, selaku Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Keputusan hasil akreditasi Program Studi Pendidikan Seni Kerajinan FBS UNY ini terbilang cepat. Hanya dalam waktu satu pekan, setelah divisitasi pada 27-28 Juli 2017 oleh dua asesor, yaitu Dr. Djuli Djatiprambudi, M.Sn. dan Dr. Kahfiati Kahdar, M.A., pada 7 Agustus 2017 hasil akreditasi telah diputuskan. Hal ini tidak lepas dari dikembangkannya Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online atau yang disingkat dengan “SAPTO” yang diharapkan dapat meningkatkan efesiensi dan kapasitas BAN-PT, sekaligus dapat meningkatkan akurasi, objektifitas, transparansi, dan akuntabilitas proses akreditasi program studi.

Saat ini, seperti diwartakan laman resmi dikti, BAN-PT telah melakukan akreditasi perguruan tinggi sebanyak 1.118 dan masih ada 3.400 perguruan tinggi lagi untuk diakreditasi. Sementara itu, untuk akreditasi program studi BAN-PT baru mengakreditasi 20 ribu dari 24 ribu prodi yang ada. BAN-PT memprediksi pada tahun 2017 ini pihaknya harus mengakreditasi sebanyak 35 ribu prodi.

Dengan keluarnya keputusan akreditasi Prodi Pendidikan Seni Kerajinan, berarti masih ada dua program studi lagi yang sedang menunggu hasil keputusan akreditasi. Kedua prodi tersebut adalah Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Pendidikan Seni Tari. [tim humas fbs]