NOCTURNAL QUARTET GUITAR MENDUNIA DENGAN SABET GELAR BERGENGSI

FBS-Karangmalang. “Rasanya tu sampai bingung Buuu mau ngomong apa, saking senenggggnyaaaa Buuuu!!”. Begitulah ungkapan kegembiraan yang diluapkan Gita, anggota Nocturnal Quartet Guitar setelah berhasil memenangi kompetisi gitar internasional yang diselenggarakan di Italia. Memang para punggawa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS UNY) ini pada 30 April lalu bertolak ke Italia untuk berlaga di ajang Filadelfia Festival 2016 The Musical City of Europe VIII Concorso Musicale Citta’ Di Filadelfia. Kompetisi ini termasuk salah satu kompetisi bergengsi di dunia karena mendapt dukungan dari Uni Eropa dan Komisi Eropa. Kualitas penyelenggaraannya juga semakin meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan kompetisi ini menjadi salah satu tolak ukur perkembangan dan kemajuan musisi-musisi klasik muda di Eropa dan dunia.

Pada penyelenggaraan kali ini tercatat tidak kurang dari 27 negara yang mengikuti kompetisi termasuk Indonesia. Negara-negara lain yang ikut ambil bagian yaitu Italia, Messico, Finlandia, Polonia, Russia, USA, Serbia, Bosnia, Lituania, Latvia, Spagna, Olanda, Francia, Germania, Svizzera, Belgio, Giappone, Korea del Sud, Cina, Ucraina, Bielorussia, Grecia, Norvegia, Estonia, Croazia, dan Slovacchia. Melihat banyaknya negara-negara yang mengikuti kompetisi, sungguh prestasi yang ditorehkan anak-anak muda mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Musik ini sangat membanggakan almamaternya dan bahkan mampu mengangkat nama Indonesia di kancah dunia. Empat anak muda ini bernama Gita Puspita Asri, Adi Suprayogi, Vaisal Andrians, dan Roby Handoyo. Awalnya mereka berempat tergabung dalam kelas kuartet gitar yang sama. Kemudian setelah kelas usai, mereka sering berlatih bersama dan mulai diminta pentas dari panggung ke panggung. Karena jadwal kuliah yang padat, mereka pun lebih sering berlatih di malam hari. Oleh karena itu, grup yang terbentuk sejak Februari 2015 ini diberi nama Nocturnal Quartet Guitar.

Pencapaian Nocturnal Quartet Guitar disempurnakan dengan torehan prestasi sebagai Juara I Kompetisi Filadelfia Festival 2016 The Musical City of Europe VIII Concorso Musicale Citta’ Di Filadelfia dengan poin 96/100 pada kategori Musica da camera. Sedangkan salah satu anggota Nocturnal Quartet Guitar, yaitu Roby Handoyo mendapatkan Juara II pada kategori E Chittara (Solo Gitar Klasik) dengan poin 94/100. Perjuangan dan latihan yang dilakukan oleh Nocturnal terbayar lunas saat mendengar pengumuman kemenangan. Apalagi saat di Italia, mereka harus menghadapi suhu ekstrim yang sangat dingin sehingga butuh waktu lama untuk beradaptasi. Bahkan Gita menyebutkan bahwa pada saat kompetisi berlangsung, mereka harus bermain gitar di tengah suhu 13 derajat, dan akhirnya terpaksa membawa heater (pemanas udara) ke tempat kompetisi.

Semoga kemenangan ini dapat ditularkan pada mahasiswa lain, sehingga tradisi kemenangan FBS di kompetisi ini dapat bertahan. Mengingat tahun-tahun sebelumnya, tercatat juga nama Birul Walidaini, Mardian Bagus Prakosa, dan Muh. Septian Hadi yang juga memenangi kompetisi ini. Bahkan mereka mendapatkan beasiswa S-2 di Universitas Calabria Italia dengan mengajukan sertifikat kemenangan dalam kompetisi tersebut. Sungguh pencapaian Nocturnal Quartet Guitar merupakan kado terindah bagi Dies Natalis ke-53 FBS dan Dies Natalis ke-52 UNY. (VIE)