Kuliah Kerja Lapangan Jurusan Sastra Indonesia UM di FBS UNY

FBS – Karangmalang. Mahasiswa semester enam jurusan Sastra Indonesia dengan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah(PBSID) dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah (BSID) Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang(UM) mengadakan kuliah kerja lapangan di FBS UNY. Kuliah kerja lapangan ini seperti ujian akhir yang dilaksanakan setelah mereka menempuh mata kuliah paket drama dan mata kuliah paket bahasa Jawa yang sudah mereka tempuh sejak semester lima.

Kuliah kerja lapangan yang mirip dengan studi banding(stuba) ini diterima oleh Humas FBS. Kemudian oleh Humas FBS dihubungkan dengan Ketua Jurusan PBSI(Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) dan Jurusan PBD(Pendidikan Bahasa Daerah) yang kemudian ditindaklanjuti oleh HIMA masing-masing jurusan yaitu KMSI(Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia) dan HIMA PBD(Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Daerah/HIMA JAWA).

Acara KKL ini dilaksanakan pada hari Senin(02/05) yang bertempat di Stage Tari Tedjakusuma FBS. M Mahruf Rifa’i selaku ketua panitia dari acara tersebut mengatakan “KKL ini diikuti oleh 120 mahasiswa dari jurusan PBSID dan BSID dengan tiga dosen pendamping. Kuliah kerja lapangan ini juga merupakan pertunjukan hasil dari enam SKS(sistim kredit semester) mata kuliah paket drama dan paket bahasa Jawa. Dengan demikian kami melakukan kunjungan di BSI dan PBD untuk dapat bertukar informasi dan mementaskan hasil drama kita di FBS yang sebelumnya kami juga telah melakukan pementasan drama di UM selama dua hari. Paginya dari jam 09.00-13.00 WIB kami melakukan kunjungan ke PBD untuk berdiskusi masalah bahasa jawa dan persilangan pertunjukan penampilan kesenian. Dari kami sendiri menampilkan kesenian ludruk dan dari HIMA JAWA menampilkan monolog tembang dolanan. Kemudian malamnya pada pukul 20.00 WIB kami akan bekerja sama dengan BSI/KMSI untuk menampilkan drama Mega-mega goes to Yogja.” Semua mahasiswa sangat senang dan antusias dalam mengikuti KKL ini. (Ifahdm)